asuransi mobil syariah

Asuransi Mobil Syariah dan Konvensional, Ini Bedanya

Keberadaan asuransi mobil syariah ternyata semakin diminati oleh masyarakat. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena kesadaran akan memberikan perlindungan terhadap kendaraan bermotor ternyata semakin tinggi khususnya untuk mobil.

Terlebih lagi, Anda tidak akan pernah tahu kapan risiko atau kerugian akibat kecelakaan ataupun kehilangan akan terjadi. Keberadaan asuransi mobil syariah inilah bisa menjadi solusi paling recommended.

Karena bisa memberikan perlindungan terhadap berbagai macam risiko yang bisa muncul di masa depan. Dengan mendaftarkan kendaraan Anda dengan perusahaan tersebut, ternyata bisa sebagai salah satu cara berjaga-jaga sehingga akan membuat lebih tenang sekaligus aman.

Menemukan perusahaan penyedia jaminan kendaraan memang semakin mudah untuk ditemukan. Berbagai macam produk ditawarkan demi memberikan kepuasan kepada para membernya. Salah satu produk yang sedang menjadi perbicangan hangat adalah asuransi mobil syariah.

Istilah syariah sendiri memang sudah tidak asing di telinga sebagian besar orang bukan? Jika Anda tertarik buat mengetahuinya lebih jauh, maka wajib untuk mengetahui beberapa hal tersebut.

Perbedaan Asuransi Mobil Syariah dan Konvensional

Sebelum membahasa lebih lanjut apa saja perbedaannya, maka Anda harus memahami dahulu apa asuransi tersebut. Car Insurance sendiri merupakan produk perlindungan finansial dari perusahaan bersangkutan terhadap kendaraan roda empat ini.

Sehingga bisa meminimalisir kerugian akibat risiko baik mobil pribadi ataupun perusahaan. Adapun risiko-risiko yang dimaksud tersebut diantaranya adalah kecelakaan lalu lintas, kebakaran, bencana alam, kerusakan hingga kerusuhan.

Hingga saat ini, terdapat 2 pilihan jaminan mobil ini yakni syariah dan konvensional. Lantas apa saja perbedaan kedua produk tersebut? Untuk memahaminya lebih lanjut simak perbedaan antara asuransi mobil syariah dengan konvensional berikut ini.

1. Perjanjian

Perbedaan pertama terletak pada sistem perjanjian yang digunakan di dalamnya. dimana sistem syariat menggunakan akad hibat dengan memanfaatkan konsep saling tolong menolong. Jadi bisa dibilang jika semua peserta di dalamnya akan saling membantu.

BACA:  Perbedaan Asuransi Mobil Online TLO dan All Risk

Apabila terdapat peserta dengan mobil yang hilang atau kecelakaan. Sedangkan secara konvensional menggunakan transaksi jual-beli yakni sama-sama berharap bisa mengambil keuntungan sebesar mungkin dengan kerugian sekecil mungkin di dalamnya.

2. Bagi Hasil

Hasil keuntungan dengan secara Islami sendiri diperoleh dari pengelolaan dana insurance dimana akan dibagikan untuk semua peserta ataupun perusahaan bersangkutan secara merata.

Jumlah besarnya sendiri akan tergantung pada untung maupun rugi dari perusahaan setiap bulannya. Sedangkan hasil keuntungan yang diperoleh dari jaminan biasa adalah berasal dari kegiatan asuransi sepenuhnya jadi bisa dibilang milik perusahaan.

Perbedaan Lain Antara Asuransi Mobil Syariah dan Biasa

Selain perbedaan diatas, ternyata masih ada lagi perbedaan dari kedua jenis perlindungan tersebut yang harus dipahami dengan baik oleh calon nasabah diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Proses Pengawasan Dana

Perbedaan pertama bisa dilihat dari proses pengawasan dananya. Dimana di dalam sistem syariah sendiri ternyata terdapat dewan pengawas khusus pada setiap perusahaan dengan basis syariah.

Tugas mereka adalah mengawasi perusahaan supaya selalu menaati proses pengelolaan dana. Sedangkan konvensional hanya dilakukan oleh manajemen internal dan tidak ada pihak lainnya.

2. Hukum Islam

Terakhir adalah dalam asuransi dengan basis syariah inipun ternyata menggunakan syariat islam di dalam menjalankan usahanya baik di dalam operasionalnya ataupun investasi. Sedangkan di dalam asuransi biasanya ternyata menggunakan aturan secara umum.

Mendaftarkan mobil ke dalam asuransi memang menjadi hal yang sangat penting dilakukan untuk meminimalisir biaya tidak terduga akibat kecelakaan ataupun hilang. Jika Anda ingin terhindar dari risiko riba maka asuransi mobil syariah bisa menjadi pilihan terbaik dan terpercaya.