asuransi mobil bekas

Asuransi Mobil Bekas Ini Jenis-jenis yang Bisa Dipilih

Apabila Anda ingin menggunakan asuransi mobil bekas maka terdapat beberapa jenisnya. Setiap jenis ini memiliki kelebihan serta kekurangan sendiri dan peraturannya juga berbeda sehingga Anda harus mengetahuinya.

Dengan langkah seperti ini maka Anda bisa mendapatkan gambaran dasar asuransi mobil bekas dan menyesuaikan dengan kebutuhan. Jadi Anda tidak akan salah memilih asuransi dan bisa merasakan manfaatnya secara maksimal.

Apalagi mobil merupakan salah satu benda yang wajib diasuransikan karena risiko untuk mengalami kerusakan sangat tinggi. Terutama jika Anda menggunakan mobil bekas yang tidak menutup kemungkinan jika penggunaannya buruk.

Oleh sebab itu berikut beberapa jenis asuransi mobil bekas yang bisa Anda pilih. Pastinya premi pada setiap jenis asuransi berbeda sehingga harus Anda sesuaikan dengan kemampuan.

Jangan lupa juga ketika Anda menggunakan asuransi maka harus membaca polis sedetail mungkin. Dengan cara ini Anda tidak akan mengalami kesalahpahaman yang sering terjadi pada pengguna asuransi.

Karena sampai sekarang masih banyaknya pengguna asuransi mobil bekas yang tidak paham mengenai sistemnya. Kondisi inilah yang menyebabkan mereka memandang buruk asuransi walaupun manfaatnya sangat banyak dan besar.

Jenis Asuransi Mobil Bekas Comprehensive

Untuk jenis yang satu ini biasanya banyak digunakan untuk mobil bekas maupun baru. Sebab jenis comprehensive ini menanggung kerugian yang ditimbulkan dari kecelakaan. Pastinya banyak para pengguna kendaraan menggunakan asuransi ini mengingat kendaraan berpotensi besar untuk mengalami kecelakaan.

Hal Ini tidak bisa dihindari karena bisa jadi kesalahan diperbuat oleh diri sendiri maupun pengendara lain. Pastinya biaya yang ditimbulkan dari kecelakaan bervariasi di mana tergantung dengan tingkat kerusakan.

Biasanya tingkat kerusakan pada kendaraan yang mengalami kecelakaan termasuk besar. Karena tidak hanya mengalami lecet biasanya disertai dengan penyok. Pastinya biaya perbaikan untuk kerusakan tersebut tidaklah murah.

BACA:  Cara memilih asuransi mobil murah yang perlu kamu perhatikan

Karena itu Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan asuransi mobil bekas jenis ini. Karena kerusakan yang ditanggung mulai dari yang besar hingga kecil jadi jika lecet saja bisa ditransfer dengan asuransi.

Bayangkan saja seberapa banyak biaya yang harus Anda tanggung ketika mengalami kecelakaan parah seperti bagian depan mobil mengalami penyok parah. Apabila Anda tidak menggunakan asuransi maka biaya perbaikannya mencapai jutaan dan puluhan dimana hal tersebut tergantung dengan spare partnya.

Jenis Asuransi Lainnya, All Risk

Asuransi mobil bekas lainnya adalah tipe all risk, untuk jenis yang satu ini paket yang disediakan jauh lebih lengkap dibandingkan dengan comprehensive. Karena jika tipe tersebut hanya menawarkan perlindungan dari kecelakaan tetapi tidak dengan tipe all risk.

Karena cakupannya lebih luas sebab jenis ini bisa menanggung kerugian yang ditimbulkan akibat bencana alam maupun bencana yang ditimbulkan oleh orang lain seperti terorisme. Jadi untuk jenis ini cocok digunakan jika Anda tinggal di kawasan yang rawan bencana.

Bencana alam juga memberikan pengaruh terhadap kerusakan kendaraan. Salah satu contohnya ketika banjir di mana kendaraan terendam air bisa membuat mesin yang rusak. Pastinya biaya perbaikan juga tidak sedikit.

Apalagi kendaraan yang terkena efek dari bencana alam juga tidak bisa dihindari. Karena ketika terjadi bencana alam banyak orang yang memilih untuk menyelamatkan diri masing-masing dibandingkan dengan harta benda.

Jenis Asuransi Total Loss Only

Apabila Anda tinggal di kawasan yang tingkat kriminalitas yang tinggi maka bisa melindungi mobil menggunakan jenis asuransi ini. Karena jenis yang ini bisa menutupi kerugian apabila kendaraan hilang atau mengalami kerusakan yang menyebabkan nilai perbaikan mobil mencapai 75%.

BACA:  Asuransi mobil syariah, lebih bebas riba?

Pastinya kegiatan pencurian mobil merupakan salah satu hal yang tidak bisa dihindari. Karena mobil merupakan salah satu aset yang nilai jualnya tinggi sehingga menjadi salah satu target dalam kegiatan pencurian.

Namun jika menggunakan jenis ini ketika kerusakan tidak mencapai 75% maka tidak bisa melakukan klaim. Karena itulah penting untuk melakukan pertimbangan secara matang agar bisa mendapatkan asuransi mobil bekas sehingga bisa dirasakan manfaatnya.