Asuransi Mobil Terbaik Beserta Kelebihan dan Kekurangan

Asuransi Mobil Terbaik Beserta Kelebihan dan Kekurangan

Asuransi mobil terbaik yang sering digunakan oleh orang adalah TLO dan all risk. Perbedaan di antara keduanya adalah dari segi bagaimana perusahaan menanggung kerusakan atau kehilangan kendaraan.

Sesuai dengan namanya all risk berarti menanggung semua risiko tetapi biaya pendaftarannya mahal. Berbeda dengan TLO yang hanya membayar sebesar ratusan ribu tetapi hanya menanggung kerusakan mobil dengan 75% saja. Di bawah ini ada informasi lebih lengkapnya.

Mengenal Kekurangan dan Kelebihan Asuransi Mobil Terbaik TLO

Pertama adalah mengenai asuransi mobil terbaik TLO yang juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. TLO yang merupakan kepanjangan dari total loss only hanya menanggung apabila kendaraan Anda mengalami kerusakan yang berat saja.

Tentu sebelum memutuskan untuk menggunakan jenis asuransi yang satu ini Anda harus tahu terlebih dahulu mengenai apa saja kelebihan dan kekurangannya. Berikut kelebihan dan kekurangan TLO:

1. Dapat Meluaskan Manfaat Layanan

Kelebihan pertama adalah dapat meluaskan manfaat layanan yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Jadi sebenarnya nasabah tetap bisa mengajukan klaim atas kerusakan yang terjadi jika kurang dari 75% akan tetapi harus dengan mengikuti persyaratan.

Tentu ada beberapa syarat dan ketentuan asuransi mobil terbaik yang berlaku serta tergantung dengan kebijakan masing-masing asuransi. Untuk itu Anda bisa mencoba untuk mengajukan klaimnya terlebih dahulu kepada agen jika kerusakannya di bawah 75%.

2. Asuransi Mobil Terbaik Pendaftarannya Lebih Murah

Karena yang ditanggung hanyalah 75% kerusakan jadi biaya pendaftarannya jauh lebih murah. Cocok untuk Anda yang jarang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari karena tidak akan menambah pengeluaran.

Selain itu karena biayanya yang lebih murah jika dibanding dengan all risk maka fasilitas layanannya juga tidak sebanyak all risk. Akan tetapi jika tidak memiliki banyak pemasukan, alangkah baiknya untuk memilih jenis TLO saja.

BACA:  Asuransi Mobil yang Benar? Pahami Agar Tidak Tertipu

3. Tidak Bisa Mengajukan Klaim Untuk Jenis Kerusakan yang Ringan

Walaupun TLO juga termasuk ke asuransi mobil akan tetapi tetap memiliki kekurangan. Salah satunya adalah nasabah tidak dapat mengajukan klaim untuk kerusakan yang kurang dari 75% atau jenis kerusakan yang ringan.

Kekurangan dan Kelebihan Asuransi Mobil Terbaik All Risk

Berikutnya adalah salah satu jenis yang lain dari asuransi mobil yaitu all risk. All risk sendiri merupakan asuransi yang memberikan pelayanan secara total kepada nasabah jika kendaraannya hilang atau mengalami kerusakan.

Kendati demikian tetap ada kelebihan dan kekurangan mengenai jenis asuransi mobil terbaik yang satu ini. Berikut daftar kelebihan dan kekurangannya:

1. Bisa Menanggung Risiko Besar

Kelebihan asuransi mobil terbaik yang pertama jika Anda menggunakan jenis asuransi all risk adalah bisa menanggung kerusakan besar maupun kecil. Misalnya kendaraan Anda tidak bisa digunakan karena habis terkena bencana alam seperti banjir atau longsor maka bisa mengajukan klaim.

Berbeda dengan jenis TLO yang hanya menanggung kerusakan besar saja. Selain itu ada fasilitas layanan lain yang bisa Anda gunakan seperti derek mobil jika Anda kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan.

Tidak hanya itu, all risk juga akan memberikan perlindungan kepada pengemudi mobil. Jadi mobil dibuat baik kembali begitu juga dengan pengemudinya. Akan tetapi jika mobil Anda digunakan untuk tindak kejahatan dan latihan mengemudi, tidak akan mendapatkan asuransi.

2. Fasilitas Tambahan Asuransi Mobil Terbaik 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa all risk akan menanggung semua jenis kerusakan minor maupun yang besar. Terdapat juga fasilitas tambahan yang bisa didapatkan oleh nasabah.

3. Biaya Preminya Besar

Kekurangan dari jenis asuransi ini adalah biaya preminya cukup tinggi hingga 4 juta rupiah. Walaupun tinggi tetapi fasilitas yang diberikan sesuai dengan premi. Semua jenis asuransi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

BACA:  Jenis-jenis Biaya Asuransi Mobil All Risk Indonesia

Untuk itu Anda bisa memilih sesuai dengan kondisi keuangan. Kendati demikian jangan asal mendaftar asuransi tanpa mencari tahu informasi lebih lanjut. Ada banyak asuransi mobil terbaik jadi jangan sampai tertipu.