Perbedaan Asuransi Mobil Online TLO dan All Risk

Perbedaan Asuransi Mobil Online TLO dan All Risk

Penggunaan polis asuransi mobil online merupakan hal yang bisa dibilang wajib di indonesia. Setidaknya jika Anda ingin mendapatkan jaminan atas kendaraan yang Anda miliki saat ini dari berbagai macam risiko.

Di negara ini, mobil masih tergolong barang mewah. Pasalnya, untuk membeli sebuah mobil, seseorang harus menabung beberapa tahun dulu. Tentu, akan beda cerita jika Anda adalah orang-orang super kaya.

Jadi, memiliki sebuah mobil bisa dikatakan sebagai pencapaian tersendiri bagi sebagian orang indonesia. Karena harga kendaraan ini juga terbilang tinggi, setidaknya bagi sebagian orang.

Di sisi lain, penggunaan kendaraan seperti mobil tentu memiliki beragam risiko. Mulai dari kecelakaan minor sampai kecelakaan fatal bahkan kehilangan karena kasus pencurian, hal-hal seperti itu sering terjadi.

Tentunya, dengan jerih payah yang sudah Anda lakukan untuk memiliki mobil, Anda juga enggan untuk kehilangan kendaraan tersebut. Makanya, kebanyakan pemilik mobil pasti memiliki asuransi mobil online sebagai perlindungan.

Dengan memiliki asuransi, itu akan memberikan rasa aman atas berbagai macam risiko yang mungkin terjadi. Jadi, jikapun mengalami kecelakaan bahkan sampai hilang karena pencurian, Anda masih bisa sedikit tenang.

Namun, pilihan asuransi mobil online juga banyak dan masing-masing jenis akan menawarkan layanan yang berbeda. Oleh karena itu, sebelum Anda membeli polis, ada baiknya mengetahui jenis-jenis asuransi tersebut.

Perbedaan Asuransi Mobil Online TLO dan All Risk

Apabila Anda adalah orang yang baru membeli mobil dan pertama kali berurusan dengan asuransi, pastilah bingung. Karena akan muncul dua jenis produk yakni tlo dan juga all risk.

Tentu saja, kedua jenis tersebut memiliki perbedaan sehingga sebelum memilihnya, Anda perlu memahaminya terlebih dulu. Adapun perbedaan kedua jenis produk perlindungan kendaraan ini adalah sebagai berikut.

BACA:  Asuransi Mobil Terbaik Beserta Kelebihan dan Kekurangan

1. Total Loss Only atau TLO

Jika diartikan secara harfiah, TLO atau total loss only ialah ketika mengalami kehilangan sepenuhnya. Jadi bisa diartikan juga, perlindungan hanya dapat terjadi ketika Anda kehilangan kendaraan tersebut.

Dalam ketentuannya, kehilangan total dari TLO ini bukan melulu ketika mobil benar-benar hilang. Namun, kehilangan total bisa diartikan juga ketika kendaraan mengalami kerusakan minimal 75% atau lebih dari itu.

Jadi, semisal kendaraan Anda mengalami kecelakaan dan terdampak dengan persentase kerusakan kurang dari 75%, pihak perusahaan tidak akan menanggungnya. Karena sudah jelas, ketentuannya hanya jika kehilangan/rusak minimal 75%.

2. Semua resiko

Jika TLO hanya berlaku ketika terjadi kerusakan 75% atau lebih, all risk akan berbeda. Sesuai namanya yakni semua risiko, asuransi mobil online ini akan cover seluruh kerusakan pada kendaraan Anda.

Jadi, ketika kendaraan mengalami kerusakan seperti lecet, penyok, kerusakan berat bahkan sampai kehilangan, perusahaan akan menanggungnya. Dengan asuransi mobil online ini, tentu Anda bisa lebih tenang.

Tips Memilih Asuransi Mobil Online yang Tepat

Telah Anda simak dua jenis produk asuransi yakni TLO dan juga all risk. Keduanya menawarkan hal yang berbeda untuk penggunanya. Agar tidak bingung, ada tips memilih jenis yang tepat.

Pertama, jika Anda memang menggunakan mobil untuk pemakaian harian, all risk akan lebih tepat. Karena semakin sering digunakan, tentu kemungkinan mendapatkan risiko kecelakaan lebih tinggi, makanya all risk lebih tepat.

Kedua, apabila mobil tersebut lebih banyak terparkir di rumah, maka TLO akan lebih tepat. Karena tentunya untuk kerusakan ringan akan bisa lebih dihindari jika penggunaan kendaraan tidak sering.

Jangan memaksakan untuk memilih all-risk, karena tentu biaya premi yang harus dibayarkan lebih tinggi. Jadi, pemilihan jenis asuransi mobil online itu bisa disesuaikan dengan tipikal penggunaan Anda.

BACA:  Asuransi Mobil Online Ini Kemudahannya