asuransi mobil

Asuransi Mobil yang Benar? Pahami Agar Tidak Tertipu

Jangan asal pilih asuransi mobil atau Anda akan terkena tipu. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih apalagi untuk sebuah kendaraan seperti mobil. Mobil merupakan aset yang sangat berharga dan harga belinya tinggi, untuk itu jangan asal memilih asuransi.

Ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan sebelum memilih jenis asuransi untuk mobil. Memang membeli asuransi adalah pilihan yang tepat akan tetapi sebelum itu, Anda bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini:

Mencari Tahu Layanan yang Digunakan Oleh Pihak Asuransi Mobil

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mencari layanan dari pihak asuransi tersebut. Biasanya ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mencari tahu informasi mengenai layanan dari asuransi.

1. Perusahaan yang Menjadi Rekan Kerja

Pertama adalah Anda harus tahu terlebih dahulu mengenai perusahaan yang menjadi rekan kerja sebuah asuransi mobil. Hal ini harus dijadikan sebagai bahan pertimbangan karena jika rekan kerjanya banyak pasti mudah mencari informasi.

Anda bisa tahu apakah perusahaan tersebut terpercaya atau tidak. Jika terpercaya maka akan lebih mudah untuk memperbaiki mobil kapan saja ketika mengalami kerusakan. Selain itu pastikan juga bahwa perusahaan tersebut bekerja sama dengan perusahaan terdekat.

Jadi Anda tidak akan kesulitan untuk pergi ke bengkel rekan kerja pihak asuransi. Perusahaan asuransi terpercaya pasti memiliki orang-orang yang sudah ahli dalam memperbaiki kendaraan Anda.

2. Bagaimana Prosedur Pengajuan Klaim

Kedua adalah dengan mencari informasi mengenai bagaimana prosedur untuk mengajukan klaim klien kepada perusahaan. Jika pihak asuransi tersebut bisa dipercaya maka sudah bisa dipastikan bahwa ketika ada klien yang komplain akan langsung segera ditangani dengan baik.

3. Bagaimana Kredibilitas dari Perusahaan Asuransi Mobil

Ketiga adalah bagaimana kredibilitas dari perusahaan Asuransi tersebut. Perusahaan asuransi yang memiliki kredibilitas baik maka tandanya bisa dipercaya dan reputasinya juga baik. Anda bisa mencari mana perusahaan yang sudah dikenal oleh masyarakat.

BACA:  Asuransi Mobil Online Ini Kemudahannya

Mempertimbangkan Saran Asuransi Dealer Mobil

Tips kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan mempertimbangkan saran dari pihak dealer mobil. Ketika Anda membeli mobil baru biasanya pegawai dealer akan memberikan rekomendasi perusahaan asuransi yang terpercaya.

Maka Anda bisa mempertimbangkan saran tersebut dan tinggal mencari informasi-informasi tambahannya. Hal ini akan memudahkan ketika ingin cek asuransi mobil yang terbaik. Atau Anda juga bisa bertanya dengan saudara atau teman untuk menemukan rekomendasi yang tepat.

Mencari Perusahaan Asuransi Mobil Sesuai Kemampuan

Tips berikutnya adalah yang paling penting yaitu dengan menyesuaikan pada kemampuan Anda untuk membayar biaya asuransi. Anda bisa mencari rekomendasi lain jika saran yang diberikan pihak dealer tidak sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Jumlah uang yang dikeluarkan untuk asuransi akan mempengaruhi jenis pelayanannya. Tentu Anda ingin memberikan pelayanan yang terbaik untuk merawat mobil, akan tetapi hal tersebut juga harus disesuaikan dengan kondisi ekonomi.

Jangan sampai Anda menginginkan asuransi yang mahal tetapi tidak mampu membayar. Hal tersebut akan mendatangkan masalah di masa depan. Jangan sampai pengeluaran Anda membesar sehingga tidak bisa membayar asuransi.

Menyesuaikan Pemberian Asuransi Mobil dengan Kebutuhan

Tips berikutnya yang harus dilakukan dalam memilih adalah menyesuaikan dengan kebutuhan. Pertama Anda harus mengetahui dulu mengenai body mobil, mesin, usia mobil dan sebagainya.

Setelah itu carilah tempat asuransi yang bisa memenuhi kebutuhan mobil Anda. Anda juga tidak akan kebingungan mencari mana asuransi yang tepat. Asuransi kendaraan terbagi dalam dua jenis, pertama asuransi total loss only dan all risk.

Jenis asuransi TLO merupakan asuransi yang akan membantu memperbaiki kendaraan jika mengalami kerusakan sampai 75^%. Sedangkan untuk jenis all risk adalah menanggung semua kerusakan kendaraan Anda.

BACA:  TKI Sukses, Intip Rumah Megahnya dari Menabung atau Investasi

Dalam memilih asuransi memang harus memperhatikan beberapa hal di atas. Anda tidak akan kebingungan memilih asuransi yang terpercaya.

Asuransi yang memiliki reputasi baik di tengah masyarakat berarti bisa dipercaya. Tidak semua asuransi memiliki pelayanan yang baik maka penting untuk mencari informasinya terlebih dahulu mengenai cek asuransi mobil.