Asuransi mobil syariah, lebih bebas riba

Asuransi mobil syariah, lebih bebas riba?

Pemilik mobil dewasa ini lebih membutuhkan asuransi kendaraan untuk melindunginya. Bukan hanya asuransi mobil konvensional namun sekarang sudah ada asuransi mobil Syariah.

Asuransi mobil Syariah melindungi kendaraan kamu dari berbagai resiko dengan landasan hukum Syariat. Ada beberapa macam perbedaan utama sehingga asuransi mobil Syariah ini dipilih.

Berlandaskan Hukum Syariah

Secara garis besar asuransi mobil Syariah maupun konvensional mempunyai dasar yang yang mirip. Dari layanan, partner bengkel dan  premi. Yang menjadi dasar asuransi mobil syariah adalah prinsip tolong menolong atau ta’awuni. Inilah yang memberikan kuasa pada perusahaan Asuransi mengolah dana pelanggan.

Inilah yang dimaksud dengan dana tabarru yang memakai akad wakalah Bil ujrah. Sebagai pengelola dana perusahaan asuransi mobil Syariah akan mendapatkan upah dari jasa yang diberikan atau ujrah.

Pos Premi Asuransi Mobil Syariah

Perusahaan asuransi akan mendapatkan bayaran premi dari pelanggan atau nasabah setiap bulan ataupun tahun yaitu baru yang dipakai untuk membantu atau tolong-menolong jika Pelangi terkena musibah.

Dana ini dikelola oleh perusahaan asuransi namun ini bukan hak milik. Pada perusahaan asuransi konvensional premi yang di dibayarkan Semua menjadi punya perusahaan. 

Tiga unsur yang ada pada asuransi syariah antara lain tidak boleh terdapat bunga atau riba,  judi,  haram dan gharar atau ketidakjelasan.

Apabila tidak mengalami musibah atau kecelakaan dana premi di asuransi mobil Syariah bisa diambil kembali ini cukup bermanfaat bagi pengguna asuransi dengan pengembalian ini sehingga lebih menguntungkan.

Perlu Ditanyakan Prosentase Pengembalian Dana Premi

Yang masih menjadi pertanyaan pada perusahaan asuransi mobil syariah adalah besarnya presentasi pengembalian premi karena setiap perusahaan berbeda-beda sehingga tidak ada salahnya jika kamu menanyakan terlebih dahulu terkait hal ini. 

Pada asuransi mobil Syariah jika terdapat denda pembayaran karena telah ataupun lainnya akan digunakan untuk sedekah bukan untuk keuntungan perusahaan. Bukan berarti akan telat secara disengaja.

Itulah gambaran umum tentang asuransi mobil syariah dan konvensial, kamu bisa pilih sesuai kebutuhan kamu untuk melindungi kendaraan kesayangan.