Aplikasi kompres video
Aplikasi kompres video

5 Aplikasi Kompres Video Terbaik untuk Windows

Melalui 5 aplikasi kompres video ini, Anda dapat dengan mudah menggunakan berbagai fitur secara gratis. Beberapa software menawarkan fitur agar hasil output tetap berkualitas, tidak blur dan tetap HD.

Ketika melakukan kompresi Anda diharuskan untuk menentukan dan mengatur bitrate serta frame rate agar dapat menghasilkan output sesuai kebutuhan. Anda harus pandai mengatur ukuran yang pas tanpa mengurangi kualitas.

Berbagai software mempunyai fitur dan pengaturan serta tampilan yang berbeda-beda. Beberapa dapat melakukan proses kompresi dengan mudah dan cepat, namun ada juga yang memerlukan waktu lama dan proses lebih rumit.

Rekomendasi Aplikasi Kompres Video Terbaik untuk Windows

Bukan hanya untuk melakukan kompresi pada berkas atau file, beberapa software kompresor ini juga memiliki fitur yang lebih luas. Seperti fitur cut, atau merger, mengubah format file, resolusi, codec dan lain sebagainya.

Selain menawarkan berbagai fitur software yang dapat menunjang kebutuhan sehari-hari ini juga menyediakan dukungan pada berbagai format. Seperti bentuk video MKV, MP4, dan lainnya. Simak 5 Aplikasi Kompres video berikut.

1. HandBrake

HandBrake adalah aplikasi kompres yang gratis dan dapat digunakan pada perangkat Windows, Linux bahkan macOS. Software ini juga mendukung berbagai output file seperti MKV, MP4, AV, MPEG dan masih banyak lagi.

Pada software HandBrake tidak terdapat pengaturan otomatis untuk mengatur kompresi pada video. Anda harus membuat pengaturan sendiri agar kualitas hasil output dapat sesuai dengan yang diinginkan.

2. Shotcut

Shotcut adalah software edit audio visual gratis yang sudah dilengkapi dengan berbagai tool pengeditan. Shotcut menawarkan berbagai alat pengeditan video penting seperti mengatur timeline, cuting, split bahkan sampai efek dan filter.

Anda juga dapat mengatur kualitas output dengan menyesuaikan interpolasi, bitrate, codec dan resolusi hasil output. Disesuaikan dengan output audionya, karena pengompresan pada video juga akan mempengaruhi hasil pada audio.

BACA:  Cara Memblokir Facebook Sendiri Secara Permanen Untuk Selamanya Agar Tidak Bisa Dibuka Lagi

3. FFmpegYAG

Software yang satu ini juga dapat diakses secara gratis melalui Windows dan Linux, FFmpegYAG dapat memanfaatkan video dengan berbagai format. Penggunaanya cukup mudah dilakukan hanya dengan mengurangi bitrate hasil output.

4. OpenShot Video Editor

Software ini memiliki fitur yang banyak dan tidak terfokus pada kompresi video saja. Anda dapat melakukan modifikasinya menggunakan berbagai fitur dari OpenShot Video Editor.

Fitur unggulannya dapat melakukan editor timeline multi-track serta tambahan berbagai tools lain seperti Animate, Transform, Razor Tools dan masih banyak lagi. OpenShot Video Editor menyediakan banyak fitur dalam satu aplikasi.

5. VLC Media Player

VLC media player adalah software yang sudah banyak digunakan dan dikenal sebagai aplikasi pemutar media. Ternyata selain bisa memutar media aplikasi yang satu ini mempunyai fitur yang jarang diketahui penggunanya.

VLC dapat digunakan sebagai aplikasi kompres video yang dapat menghasilkan output berbagai ukuran. Dengan tambahan fitur mengurangi ukuran serta frame rate video.

Untuk melakukan kompresi pada video Anda hanya perlu mengakses opsi Convert/Save. Didalamnya akan muncul pengaturan untuk mengatur secara manual kualitas hasil output video.

Banyak software yang dapat digunakan untuk melakukan kompresi pada video atau file, bahkan beberapa software menawarkan berbagai fitur tambahan. Beberapa juga dilengkapi dengan beragam tools yang dapat menunjang kebutuhan editing.

5 software kompresi diatas termasuk dalam beberapa aplikasi yang memberikan banyak kelebihan. Bahkan ditambah dengan beragam tools dan masuk dalam jajaran rekomendasi aplikasi kompres video terbaik untuk windows.