Corel Draw
Corel Draw

Kelebihan dan Kekurangan Corel Draw, Software Editor Grafik Terbaik

Istilah corel draw tentunya sudah tidak asing bagi para desainer grafis. Corel termasuk dalam salah satu software desainer grafis terkemuka seperti SketchUp, adobe illustrator, dan lainnya.

Editor ini sangat populer dan digunakan dalam berbagai sektor seperti Pendidikan, industri, dan lainnya. Corel telah melewati sejarah Panjang sebelum booming seperti sekarang.

Sejarah Corel Draw yang Perlu Diketahui

Corel adalah suatu program komputer untuk editor grafik yang bisa digunakan untuk keperluan olah gambar. Software ini banyak digunakan pada percetakan, publikasi, dan beberapa bidang lain yang memerlukan proses visualisasi.

Software ini dirilis oleh Corel Corporation yang merupakan sebuah perusahaan perangkat lunak di Kanada. Michael Cowpland adalah pendiri Corel Corporation.

Pria kelahiran Inggris, 23 April 1943 tersebut adalah seorang lulusan Bahelor of Engineering dari universitas Imperial London. Setelah Michael pindah ke Kanada dan menyelesaikan gelar Ph.D di Carleton University.

Sebelum Corel berdiri, Michael Bersama rekannya, Terry Mathews, mendirikan Mitel Corporation yang merupakan sebuah perusahaan telekomunikasi yang Berjaya di era 70 hingga awal 80 an. Namun terjadi kegagalan setelahnya.

Hal tersebut dikarenakan kegagalan di bidang pengembangan dan manajemen. British Telecom membeli Mitel di tahun 1984. Akhirnya Michael dan rekannya keluar dari perusahaan tersebut.

Dengan sejumlah data segar yang dimilikinya, Michael membuka lembaran baru dengan membangun Cowpland Research Laboratory yang saat ini kita kenal dengan sebutan Corel. Fokus corel adalah pada pengembangan printer laser.

Akan tetapi, corel menemui kesulitan dalam perjalanan karena ketatnya persaingan di pasar. Terlebih, ada beberapa produk yang dirilis dengan harga murah di Asia.

Akhirnya perusahaan merubah Haluan dengan produksi perangkat lunak untuk keperluan desktop publishing. Corel mulai mempekerjakan programmer di tahun 1984 dalam penyusunan software ini. Software diperkenalkan 2 tahun setelahnya dan popular di pasaran pada tahun 1989.

BACA:  Beginilah Cara Mudah Mencetak Rekening Koran Mandiri

Kekurangan dan Kelebihan dari Corel Draw

Sebuah software tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Corel terus berupaya mengembangkan fitur-fitur terbaiknya. Berikut adalah kelebihan Corel.

1. Kekurangan

Masalah terbesar dalam corel adalah ketidaksesuaian warna dalam file dengan hasil cetakan. Pengguna harus mengoreksi color space sebelum di print.

Selain itu, Corel juga kurang nyaman untuk membuat table karena berbasis vektor. Dibutuhkan beberapa klik agar terbentuk tabel sempurna.

Besarnya ukuran file meskipun merupakan sebuah kelebihan, namun juga menjadi kekurangan software ini. Otomatis membutuhkan spesifikasi PC yang mumpuni.

2. Kelebihan

Jika dibandingkan dengan software lain seperti Adobe Illustrator (AI), Corel lebih user friendly. Tampilanya sederhana dan memiliki background seperti Ms. Word. Berbeda dengan AI yang fiturnya lebih tersembunyi dan kompleks.

1. Format Export dan Import yang Lengkap

Ada banyak format save di Corel baik untuk eksport atau import. Bahkan file Corel juga bisa dibuka di AI. Berbeda dengan AI yang tidak menyediakan hal tersebut.

3. Resolusi Tinggi

Kapasitas dan resolusi Corel cukup besar. Ukuran yang tersedia beragam seperti kilometer, centimeter, milimeter, dan inchi. Sangat cocok untuk keperluan percetakan gambar besar.

3. Lebih Dikenal di Percetakan

Dibandingkan dengan produk pesaingnya, bisa dikatakan Corel lebih populer. Jika Anda ingin mencetak gambar, maka biasanya di komputer mereka software yang telah terinstall adalah Corel.

Ini dapat menjadi masalah jika Anda membawa file dengan ekstensi selain corel yang tidak tersedia di jasa percetakan. Anda harus mengubahnya ke format file corel.

Dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, Anda dapat belajar lebih dalam agar menguasai teknik-teknik desain secara efisien. Corel Draw bisa menjadi pilihan software yang tepat untuk mengembangkan bakat desain grafis.

BACA:  Asuransi mobil syariah, lebih bebas riba?