telegram apk
telegram apk

Trik Main Telegram APK agar Selalu dalam Keadaan Aman

Telegram apk sebenarnya termasuk aplikasi terbaik untuk berbagi pesan. Alasannya karena sangat unggul dari alasan keamanan. Jika ingin menjaga privasi secara ketat, dipastikan bisa terjaga sampai seterusnya.

Meski begitu, ternyata sempat ada banyak kabar kurang menyenangkan. Terlebih karena dipakai oleh banyak organisasi kurang bertanggung jawab. Misalnya menyebarkan kabar hoax, pornografi sampai terorisme.

Inilah yang kemudian membuat para user kemudian merasa khawatir menggunakannya kembali. Bahkan ada yang langsung uninstall aplikasi tersebut. Padahal jika dipakai dengan baik, tetap bermanfaat.

Agar dapat dipakai dengan baik, kita dapat melakukan tindakan pencegahan. Terutama jika berhubungan dengan berbagi pesan atau file dengan orang lain. Mungkin ada potensi negatif jika tidak diatasi dari awal.

Tips Aman Pakai Telegram APK

Jika Anda ingin menjadi user yang pintar dalam menjaga security, sebenarnya tidak sulit caranya. Akan ada beberapa fitur sederhana tapi penting fungsinya. Mulai dari melindungi pesan, akun dan sebagainya.

1. Matikan Pratinjau Message

Trik pertama agar dapat aman bermain aplikasi Telegram yaitu dengan matikan pratinjau message. Dalam artian untuk membaca chat, tidak perlu sampai membukanya. Melainkan hanya sekedar pratinjaunya saja.

Tidak heran jika terbilang kurang aman karena bisa terlihat oleh orang lain. Makanya dapat dimatikan dengan cara masuk Setting lalu Notification and Sounds. Kemudian tinggal mematikan sata pratinjau pesan.

2. Secret Chat dan Hidden Last Seen

Secret Chat dan Hidden Last Seen juga harus Anda manfaatkan demi keamanan. Khusus Secret Chat sendiri membuat chat memiliki enkripsi. Bisa terhindar dari terkena screenshot, forward sampai terhapus sendiri.

Sementara itu untuk Hidden Last Seen sendiri berguna agar orang tidak tahu kapan terakhir kita aktif. Bahkan meski sedang aktif sekalipun diketahui sedang off. Kurang lebih sama dengan aplikasi Whatsapp.

BACA:  5 Aplikasi Sadap HP Android Gratis Dari Jarak Jauh Terbaik 2021

3. Gunakan Passcode

Telegram apk saat ini juga telah dilengkapi dengan security berupa Passcode. Sesuai namanya berguna sebagai password agar tidak dapat terakses orang lain. Apalagi jika mereka sedang meminjam hp kita.

Untuk cara penggunaan Passcode sendiri terbilang cukup sederhana. Tidak lain dengan masuk pada menu Setting dan cari Privacy and Security. Lalu cari fitur Passcode dan masukkan kode yang akan digunakan.

4. Cek Active Sessions

Cek Active Sessions akan menjadi langkah selanjutnya yang dapat kita pakai. Patut dipakai karena aplikasi ini dapat dihubungkan dengan platform lain. Makanya harus hati-hati dengan risikonya.

Bisa saja platform lain malahan mengakses data pada aplikasi Telegram kita. Jadi, harus segera mengaktifkan fitur Active Sessions tersebut. Caranya juga sederhana yaitu tinggal masuk Privacy and Security.

5. Sembunyikan Nomor dan Foto

Langkah lainnya yang dapat Anda jalankan supaya keamanan terjaga yaitu sembunyikan nomor dan foto. Banyak orang tidak bertanggung jawan menghubungi nomor kita. Bahkan malah dibagikan ke banyak orang.

Tentu saja buruk, apalagi digunakan pada tujuan melakukan kejahatan. Foto juga penting untuk kita hilangkan karena bisa diambil orang lain. Bahkan meski tidak disimpan, tapi melalui screenshoot dari handphone.

6. Hapus Akun

Cara terakhir yang dapat kita pakai demi mengamankan akun aplikasi Telegram yaitu dengan menghapusnya. Hal ini dilakukan secara otomatis. Jadi, jika sudah dibutuhkan akan langsung menghilang sendiri.

Selain itu umumnya akan langsung dihilangkan jika berganti nomor. Kalaupun tidak mau Anda hapus, usahakan mengganti username saja. Terlebih bisa menggantinya secara bebas tanpa ada batasan.

Dengan penggunaan semua fitur tersebut, dijamin security akan terjamin sangat baik. Apalagi tidak perlu membayar platform maupun orang lain. Hasilnya potensi risiko negatif telegram apk selalu menghilang.

BACA:  Kelebihan dan Kekurangan Corel Draw, Software Editor Grafik Terbaik

 

Check Also

Aplikasi kompres video

5 Aplikasi Kompres Video Terbaik untuk Windows

Melalui 5 aplikasi kompres video ini, Anda dapat dengan mudah menggunakan berbagai fitur secara gratis. Beberapa …