trend Youtube
trend Youtube

Panduan Melihat Trend Youtube di Google Trends

Ada banyak sekali aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengakses trend Youtube. Salah satu diantaranya adalah Google Trend. Aplikasi satu ini merupakan salah satu yang paling populer dibandingkan dengan jenis aplikasi lainnya.

Sebenarnya Youtube sudah menyediakan fitur Youtube Trending pada aplikasi yang mereka miliki. Hanya saja pada fitur tersebut tidak dijelaskan secara detail kuantitas pengunjung dan kata kunci pencarian pada trend yang sedang muncul.

Cara Menggunakan Google trend untuk Mencari Trend Youtube

Penting bagi Anda untuk memahami cara penggunaan Google Trend sejak saat ini juga. manfaat dari penggunaan aplikasi ini sangatlah besar. Jangan sampai Anda menyepelekannya. Terlebih lagi penggunaan aplikasi ini tidak mengharuskan Anda membayar apapun alias gratis.

Cara penggunaannya juga sama sekali tidak sulit. Seorang pemula sekalipun bisa menggunakannya dengan mudah. Penasaran bagaimana cara penggunaannya tersebut? Ikuti langkah-langkah lengkapnya pada penjelasan di bawah ini.

1. Melihat Trend Youtube di Laptop / Komputer dengan Google Trends

Mengakses Google Trends ini sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu menggunakan laptop atau komputer saja. Langkah-langkah yang harus dilakukan juga sangat sederhana. Hanya saja Anda harus melakukan segmentasi secara detail setelah masuk ke sistem Google Trends ini.

  1. Pertama-tama pastikan laptop atau komputer Anda terhubung dengan internet
  2. Setelahnya langsung saja masuk ke Google Trend di alamat https://trends.google.co.id/trends
  3. Kalau sudah masuk Anda bisa mengklik tiga garis horizontal di bagian atas tampilan web
  4. Akan muncul menu pop up, langsung saja pilih opsi “Pelajari”
  5. Setelah masuk ke menu tersebut Anda akan menemukan grafik. Scroll sampai ke bawah dan terlihat ada beberapa filter yang bisa diubah.
  6. Klik filter negara. Cari Indonesia, kemudian klik tanda panah yang ada di samping menu Indonesia tersebut.
  7. Akan muncul deretan nama provinsi yang ada di negeri ini. Pilih saja salah satu diantaranya.
  8. Setelah ini akan muncul deretan berita trending yang ada pada wilayah provinsi tersebut.
  9. Untuk mencari penelusuran atau trending Youtube, klik opsi penelusuran web yang menjadi filter paling kanan.
  10. Setelahnya langsung saja klik opsi penelusuran Youtube.
  11. Kalau sudah, langsung saja lihat deretan kata kunci trending yang ada di Youtube. Anda juga bisa mengganti rentang waktu trending sesuai kebutuhan pada filter yang tersedia.
BACA:  HP Envy 17 Diprioritaskan untuk Pekerja Sektor ini

Dengan menggunakan data trending dari Youtube tersebut, tentu saja ada banyak sekali keuntungan yang akan Anda dapatkan. Diantaranya adalah performa video Youtube yang jauh lebih maksimal karena terus mendapatkan trafik dalam jumlah banyak.

2. Melihat Trend Youtube dari Android Menggunakan Google Trend

Tidak hanya di laptop saja, Anda juga bisa mengakses Google Trends dari android. Dulunya Google Trend memang tersedia dalam format apk. namun kini apk tersebut sudah dihapus dan tidak bisa diunduh.

Tapi Anda tetap bisa mengaksesnya melalui browser yang ada pada smartphone masing-masing. Tentu saja Chrome jauh lebih direkomendasikan karena paling kompatibel dengan berbagai fitur Google seperti salah satunya adalah Trends ini.

Saat ini ada banyak juga penyedia aplikasi Google Trends di internet seperti salah satunya adalah apkpure dan situs lainnya. Namun sangat tidak direkomendasikan menggunakan aplikasi tersebut untuk melihat trend Youtube karena sudah tidak update dan berpotensi mendatangkan virus.

3. Keuntungan Menggunakan Google Trend

Menggunakan Google Trends memberikan banyak sekali keuntungan untuk anda. Berikut ini beberapa keuntungan tersebut :

  1. Tidak berbayar
  2. Bisa diakses kapanpun tanpa waktu offline
  3. Selalu menyediakan informasi yang update
  4. Memiliki interface yang mudah dipahami

Karenanya bagi Anda para kreator Youtube, pastikan untuk memahami cara penggunaan Google Trends dan fitur-fiturnya secara menyeluruh. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menemukan trend Youtube dengan mudah setiap harinya.

 

Check Also

Aplikasi kompres video

5 Aplikasi Kompres Video Terbaik untuk Windows

Melalui 5 aplikasi kompres video ini, Anda dapat dengan mudah menggunakan berbagai fitur secara gratis. Beberapa …