HP envy 17
HP envy 17

Ultrabook HP Envy 17 Cocok untuk Ngegame Berat?

Berbicara soal laptop, pasti ada saja yang membeli HP Envy 17 untuk keperluan ngegame. Namun, pada dasarnya seri HP Envy merupakan laptop ultrabook yang tidak dibuat secara khusus untuk bermain game. Lalu, apakah performa laptop ini kuat untuk main game?

Banyak game yang dibuat secara khusus untuk dimainkan di sebuah laptop atau PC, dan tidak bisa diakses dari smartphone. Maka dari itu, banyak yang memilih untuk menyimpan uang untuk bisa mendapatkan laptop demi memainkan game yang mereka ingin mainkan itu.

Tapi, tidak semua laptop dibuat secara khusus untuk bermain game, salah satunya adalah HP Envy 17. Tidak seperti seri laptop gaming pada umumnya, HP Envy masuk ke jajaran ultrabook, artinya penggunaan untuk kegiatan sehari-hari adalah prioritas dibuatnya ini.

Namun, tidak berarti Anda harus mencari laptop lain untuk memainkan game. Karena jika game hanya sebagai kebutuhan kedua dan Anda mencari laptop yang lebih fleksibel, maka HP Envy bisa menjadi pilihan. Apalagi dengan layar besar ini bisa menunjang keseharian.

Mengukur Performa HP Envy 17

Berbicara soal keperluan untuk main game, maka performa adalah persoalan utama. Jika kita melihat mesin utama dari laptop ini, maka kita bisa melihat ada prosesor Intel Core i7-1065G7 yang mana ini sudah bisa dikatakan sangat kencang.

Performa HP Envy yang ditenagai oleh prosesor Intel i7 10th gen ini jelas sudah bisa mengerjakan pekerjaan berat seperti editing video hingga proses rendering. Apalagi prosesor ini dibantu oleh RAM 16 GB yang sudah sangat cukup untuk pekerjaan seperti itu.

Dengan storage yang menggunakan SSD berukuran 512 GB, maka segala persoalan di laptop dapat dikerjakan dengan lancar. Hanya saja, ekspetasi terhadap laptop ini segera menurun ketika kita mengukur kinerja menggunakan Geekbench.

BACA:  Trik Buka Telegram APK untuk Download Video YouTube

HP Envy hanya memiliki skor yang lebih rendah dari rata-rata laptop premium di kelas yang sama, misalnya Surface Laptop 3 atau LG Gram 17. Belum lagi pada saat mencoba rendering video 4K ke 1080p dengan benchmark.

Pengetesan yang menggunakan video yang sama antar laptop di kelas yang sama ini menghasilkan waktu yang berbeda. Envy 17 selesai dalam waktu 22 menit 23 detik, sementara rata-rata pengerjaan di laptop lain hanya 18 menit, 42 detik.

Apakah Performa HP Envy 17 Itu Cocok untuk Main Game?

Tujuan dari mengulas performa yang dimiliki oleh laptop ini dengan para pesaing adalah untuk memberikan gambaran tentang kinerja laptop. Untuk membuat performa itu sebagai standar sebuah laptop gaming, maka itu tidak termasuk yang kencang.

Bukan berarti tidak dapat bermain game. HP Envy memiliki prosesor yang sudah cukup andal untuk digunakan sebagai mesin game. Apalagi dengan graphic card yang dipasang ini telah menggunakan GPU Nvidia GeForce MX330 untuk urusan menghasilkan gambar.

Dengan prosesor i7 dan graphic card yang dipasang, Anda masih bisa mendapatkan performa gaming, hanya saja tidak dapat secara maksimal. Settingan grafik masih harus menggunakan 1080p meskipun layarnya sudah menggunakan panel IPS 4K.

Untuk bermain game ringan, maka HP envy bisa mendapatkan rata-rata 105 FPS, yang mana angka ini sudah cukup tinggi. Namun, jika sudah sampai kepada game berat, sebaiknya itu dipertimbangkan lagi karena rata-ratanya hanya berada di angka 29 FPS dan laggy.

Tidak semua laptop dirancang untuk kebutuhan bermain game yang sesuai dengan keinginan Anda. Ada laptop yang dirancang untuk menunjang produktifitas, yaitu ultrabook. HP Envy 17 bukan diprioritaskan untuk para pemain game, tapi masih bisa menjalankan game berat.

BACA:  Panduan Melihat Trend Youtube di Google Trends

 

Check Also

Aplikasi kompres video

5 Aplikasi Kompres Video Terbaik untuk Windows

Melalui 5 aplikasi kompres video ini, Anda dapat dengan mudah menggunakan berbagai fitur secara gratis. Beberapa …