MIUI 12.5
MIUI 12.5

Kelebihan Sistem Operasi MIUI 12.5 Dibandingkan Sistem Lainnya

MIUI 12.5 adalah istilah yang sudah tidak asing lagi bagi Anda seorang pengguna smartphone terkenal dari negeri China yaitu Xiaomi. Seperti Namanya, MIUI diambil dari kata MI yang berarti Xiaomi dan UI yang merupakan singkatan dari User Interface atau dalam Bahasa Indonesia yang berarti Antarmuka Pengguna.

Sebelum memiliki versi 12.5, MIUI hadir dengan versi awal yaitu 12.0 pada tahun 2020 silam, akhirnya kemudian diupdate oleh perusahaan smartphone tersebut menjadi 12.5 pada awal tahun 2021 di China dan kemudian dirilis di Indonesia pada pertengahan tahun 2021.

Pembaruan perangkat lunak tersebut pada awalnya dirilis saat smartphone Xiaomi berulang tahun yang ke-10. Sistem operasional tersebut diharapkan dapat memberikan fitur dan tampilan yang membuat para pengguna merasa nyaman saat menggunakan smartphone dalam waktu singkat ataupun lama.

Perkembangan terus dilakukan dan pihak Vendor Tiongkok yaitu perusahaan Xiaomi sendiri mengatakan bahwa perangkat lunak merupakan jantung dari sebuah ponsel. Hal ini berarti jika perangkat lunaknya baik maka ponsel akan memberikan performa yang sangat baik ketika digunakan. Namun sudahkah Anda mengetahui secara detail apa itu MIUI 12.5?

Penjelasan Lebih Detail Terkait MIUI

Mari melihat secara detail mengenai jenis sistem operasi ini. MIUI sendiri terbagi dalam dua jenis yaitu MIUI China dan MIUI Global. Perbedaan tersebut ternyata dibedakan berdasarkan handphone yang akan dipasarkan. Jenis MIUI China misalnya, maka pengembangnya yaitu Tiongkok maka smartphone yang beredar tidak menggunakan produk google.

Maksudnya adalah Anda tidak akan melihat layanan google tercantum di smartphone anda. Hal tersebut sesuai dengan regulasi yang ada di China bahwa google merupakan layanan terlarang untuk dipakai sebagai tampilan default sebuah smartphone.

BACA:  Begini Cara Mengetahui WhatsApp Disadap Atau Tidak Dan Cara Menghentikannya

Adapun layanan google yang tidak akan Anda temukan di smartphone Xiaomi di China adalah play store, GMAIL, Facebook, Instagram, WhatsApp. Berbeda halnya jika Anda membeli produk tersebut diluar China maka Anda akan diberikan ROM Global yang didalamnya terdapat tipe MIUI Global.

Melalui proses pembaruan setiap harinya, MIUI 12.5 hadir sebagai hasil terbaru dari pembaruan. Ada beberapa hal yang dirombak dari versi versi sebelumnya dan tentu saja diharapkan pembaruan tersebut memberikan performa yang semakin baik lagi bagi para pengguna setia Xiaomi.

Kelebihan Sistem Operasi MIUI 12.5

Ada beberapa informasi yang harus Anda ketahui terkait kelebihan dari sistem operasi tersebut. Beberapa upgrade yang dilakukan terkait sistem operasi terbaru adalah MIUI 12.5 hadir dengan performa kinerja yang lebih cepat dibandingkan dengan sistem operasi versi sebelumnya.

Perubahan yang paling mencolok adalah tampilan dan desain dari sistem operasi ini dirombak total hingga memberikan transisi yang disebut sebut memiliki kemiripan dengan sistem operasi yang ada di iPhone yakni iOS.

Kelebihan lainnya adalah aplikasi bawaan pada smartphone yang disebut sebagai Bloatware juga diklaim sudah dihilangkan beberapa. Perbandingan tersebut dilakukan antar sistem operasi iOS dengan MIUI 12.5 yaitu pada iOS menampilkan 11 Bloaware sedangkan MIUI menampilkan hanya 9 Bloatware saja.

Kelebihan selanjutnya adalah tipe sistem operasi interface pada Xiaomi ini juga menghabiskan daya yang lebih rendah yaitu sekitar 25% lebih rendah dibandingkan dengan versi sebelumnya. Hal tersebut tentu sangat diinginkan bagi Anda yang tidak menyukai kegiatan charger secara berulang dalam satu hari yang sama.

Penggunaan memori yang diberikan oleh sistem operasi ini juga diklaim lebih hemat hingga mencapai angka 20%. Selain itu juga penggunaan memori latar belakang juga menurun hingga 35%. Kelebihan yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang hobi menyimpan file atau foto dalam jumlah yang banyak.

BACA:  Ukuran TikTok yang Terbaru, Lebih dari Satu Menit

Kelebihan selanjutnya dari sisi keamanan handphone adalah bahwa pada tipe sistem operasi terbaru ini, Xiaomi meningkatkan privasi pengguna serta pengawasan yang multifungsi terhadap aplikasi yang Anda miliki. Hal tersebut bertujuan agar privasi pengguna semakin terjaga keamanannya.

Dengan kelebihan yang dimiliki oleh sistem operasi tersebut, saat ini masih bisa Anda dapatkan hanya jika Anda memutuskan untuk membeli produk Xiaomi dengan seri tertentu. Performa MIUI 12.5 akan membantu Anda dalam mendapatkan kenyamanan saat menggunakan smartphone tanpa harus khawatir akan kapasitas memori, baterai, dan lainnya.

 

Check Also

Aplikasi kompres video

5 Aplikasi Kompres Video Terbaik untuk Windows

Melalui 5 aplikasi kompres video ini, Anda dapat dengan mudah menggunakan berbagai fitur secara gratis. Beberapa …