Asuransi Perjalanan Visa Schengen
Asuransi Perjalanan Visa Schengen

Kriteria Menemukan Asuransi Perjalanan Visa Schengen

Negara – negara Eropa mewajibkan setiap pengunjung memiliki asuransi perjalanan visa Schengen untuk memasuki wilayah negara mereka. Dengan adanya asuransi tersebut, maka keselamatan selama melakukan perjalanan jadi terjamin dan pasti jauh lebih nyaman.

Memang dibutuhkan syarat tertentu dalam mengurus asuransi ini, seperti adanya batas minimum uang yang di bawa, dan beberapa ketentuan lainnya. Dengan adanya asuransi tersebut, maka Anda jadi lebih bebas memasuki berbagai negara di Eropa.

Misalnya ketika akan berpindah ke negara Eropa lain melakukan perjalanan, satu asuransi perjalanan visa Schengen sudah cukup untuk melayani semua kebutuhan. Yang paling penting adalah asuransi tersebut menyediakan produk layanan yang memastikan perlindungan Anda selama melakukan perjalanan.

Asuransi visa Schengen ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan asuransi pada umumnya, karena yang penting adalah Anda memiliki jaminan perlindungan risiko selama perjalanan. Oleh sebab itu, pastikan memilih perusahaan asuransi terpercaya agar merasakan banyak manfaatnya.

Kriteria Asuransi Perjalanan Visa Schengen yang Layak Dipilih

Ketika memilih asuransi, jangan berpikir soal untung ruginya, karena jauh lebih baik asuransi tidak terpakai dari pada Anda kena musibah selama melakukan perjalanan. Agar saat dibutuhkan manfaatnya bisa dirasakan, sebaiknya kriteria berikut dicermati saat memilih layanan asuransi.

  1. Pastikan Asuransi Sudah Terdaftar OJK

Salah satu syarat penting ketika akan mencari perusahaan asuransi yang tepat adalah pastikan perusahaan asuransi perjalanan visa Schengen tersebut sudah memiliki izin dan terdaftar di OJK. Hal ini penting sebagai bukti legalitas perusahaan tersebut, sehingga ketika terjadi permasalahan, mudah mengurusnya.

Perlu hati-hati dalam memilih jasa asuransi, karena jika tidak resmi, proses klaimnya bisa dipersulit nantinya. Tentu Anda tidak ingin mendapatkan layanan yang tidak bisa cair saat dibutuhkan, terutama ketika masalah tersebut dialami pas melakukan perjalanan ke luar negeri.

  1. Asuransi Menyediakan layanan Cashless

Kriteria lain dalam menentukan asuransi perjalanan visa Schengen yang hendak dipilih adalah pastikan juga pihak asuransi tersebut menyediakan layanan cashles. Kebanyakan asuransi masih menerapkan sistem reimbursement, yakni pihak asuransi memberikan ganti rugi setelah kita membayarnya.

BACA:  Keuntungan dan Cara Cek Saldo AXA Mandiri SMS

Sedangkan dengan sistem cashless ini, Anda tidak perlu membayar lebih dulu, melainkan pihak asuransi yang langsung melakukan pembayaran. Misalnya ketika Anda sakit dan harus berobat, maka pihak asuransi tersebut langsung membayar, sehingga sistem ini jauh lebih mudah dan nyaman digunakan.

  1. Menyediakan Layanan Darurat

Kriteria lain yang juga perlu dipertimbangkan saat mencari layanan asuransi visa Schangen adalah perusahaan tersebut menyediakan layanan darurat. Layanan darurat maksudnya pihak asuransi mudah dihubungi saat dibutuhkan, dan bantuan yang diberikan juga cepat.

Misalnya ketika terjadi kecelakaan, tentu yang dibutuhkan adalah proses mengurus administrasi yang cepat dan pembayaran yang cepat juga. Jadi dengan adanya layanan darurat ini, Anda tidak akan mengahadapi kendala ketika membutuhkan klaim asuransi.

Berapa Besar Nilai Pertanggungan Asuransi Visa Schengen

Umumnya biaya premi untuk asuransi perjalanan ini mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Memang dibanding jenis asuransi perjalanan lain, tipe asuransi ini tegolong premium, meski demikian, tetap saja layanan yang didapatkan sebanding dengan preminya.

Misalnya ketika terjadi musibah, nilai pertanggungan biaya dari asuransi ini adalah minimal sekitar 500 juta rupiah, sehingga wajar jika nilai preminya relative tinggi. Selain itu asuransi ini juga memberikan biaya ganti rugi saat perjalanan tersebut dibatalkan.

Batas minimal nilai pertanggungan tersebut memang sudah sesuai aturan. Sehingga jika Anda memilih perusahaan asuransi terbaik, bisa saja mendaptakan nilai pertanggungan yang jauh lebih besar.

Perusahaan asuransi pasti selalu mengutamakan keselamatan dan kenyamanan para pelanggannya. Selalu perhatikan kriteria asuransi perjalanan visa Schengen terbaik agar Anda mendapatkan layanan memuaskan.