Asuransi Perjalanan Visa Schengen
Asuransi Perjalanan Visa Schengen

Beli Asuransi Perjalanan Visa Schengen Berikut Syaratnya

Asuransi perjalanan visa Schengen harus disiapkan terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan perjalanan ke negara – negara Eropa. Jika berkunjung ke luar negeri selain Eropa, biasanya hanya butuh passport dan juga visa, untuk urusan asuransi biasanya optional.

Tetapi khusus untuk perjalanan Eropa dan beberapa negara tertentu, asuransi visa Schengen menjadi kewajiban. Tanpa adanya asuransi perjalanan ini, kehadiran Anda di negara Eropa tersebut bisa ditolak nantinya, jadi jangan sampai masalah kecil tersebut jadi penghambat.

Asuransi perjalanan fungsi utamanya adalah sebagai proteksi, terutama ketika terjadi hal-hal diluar kendali. Jika nantinya asuransi tidak digunakan selama perjalanan tersebut, tentu tidak ada ruginya, karena biaya preminya tidak membebani pengeluaran Anda.

Yang paling penting adalah perjalanan bisa aman dan menyenangkan, dan Anda kembali dengan keadaan selamat. Oleh sebab itu penting memilih produk asuransi yang tepat, sehingga gangguan selama perjalanan tersebut bisa diatasi dengan baik.

Syarat Membuat Asuransi Perjalanan Visa Schengen Paling Utama

Untuk membuat atau membeli asuransi visa Schengen ini syaratnya sedikit berbeda dengan asuransi pada umumnya. Hal ini karena ada beberapa ketentuan khusus yang harus dipenuhi. Berikut beberapa syarat wajib saat hendak membeli asuransi visa Schengen.

  1. Mengisi Formulir Permohonan Visa dan Menyiapkan Foto

Ketika akan mengurus asuransi perjalanan visa Schengen, Anda terlebih dahulu harus membuat formulir permohonan visa. Formulir ini bisa didapatkan dari situs penyedia layanan asuransi atau juga dari situs resmi keduataan negara yang hendak dituju.

Nantinya setelah mendapatkan formulir, Anda juga harus menyertakan foto terbaru dengan warna cerah. Untuk detailnya bisa diketahui dari formulir tersebut, karena disebutkan ketentuan ukuran dan juga jenis fotonya.

  1. Menyertakan Paspor dan Tiket Penerbangan

Syarat mengurus asuransi perjalanan visa Schengen selanjutnya adalah harus menyertakan paspor dan juga tiket penerbangan. Paspor di sini harus yang masih aktif, atau minimal masih berlaku untuk jangka waktu 3 bulan kedepan.

BACA:  Asuransi mobil syariah, lebih bebas riba?

Anda juga harus menyertakan bukti tiket pemesanan penerbangan tersebut, karena jika belum memiliki tiket, maka asuransi ini tidak bisa diurus nantinya. Jadi syarat ini harus Anda, sehingga lebih baik memesan tiket jauh-jauh hari untuk penerbangan lebih murah.

  1. Polis Asuransi Perjalanan

Syarat selanjutnya adalah harus juga disertakan polis asuransi perjalanan untuk kebutuhan akses internasional. Fungsinya adalah sebagai jaminan untuk hal-hal seperti terkena penyakit, mengalami kecelakaan, dan yang lainnya.

Biasanya perusahaan asuransi juga telah menghadirkan layanan ini, jadi Anda harus memilihnya dengan cermat, dan pastikan sesuai dengan kebutuhan.

  1. Bukti Akomodasi dan Bukti Keuangan

Syarat selanjutnya yang juga penting disertakan adalah bukti akomodasi dan bukti keuangan. Bukti akomodasi ini harus jelas, seperti bukti pemesanan tempat penginapan, berapa hari menginap, transportasi yang akan digunakan, dan ketentuan lainnya.

Bukti keuangan juga diperlukan, terutama untuk transaksi selama 3 bulan terakhir. Di beberapa negara Eropa disebutkan bahwa ada ketentuan minimum uang di rekening, biasanya sekitar 30 juta rupiah, karena sebagai bukti bahwa Anda tidak mengalami kesulitan keuangan saat melakukan perjalanan.

Apa Saja Fungsi Asuransi Visa Schengen Tersebut ?

Sebagaimana fungsi asuransi lain, asuransi perjalanan visa Schengen ini juga bermanfaat sebagai perlindungan untuk mengatasi risiko-risiko yang dialami ketika melakukan perjalanan. Selain itu, fungsi utama dari asuransi ini adalah sebagai dokumen wajib memasuki negara-negara di Eropa.

Dengan adanya asuransi tersebut, bisa dipastikan perjalanan Anda semakin menyenangkan, karena ketika terjadi hal diluar kendali, maka ada pihak yang menjaminnya. Salah satu manfaat yang bisa dirasakan, misalnya seperti ganti rugi untuk pembatalan penerbangan ke negara Eropa tersebut.

Peran asuransi perjalanan visa Schengen sangat dibutuhkan, oleh sebab itu pastikan syaratnya terpenuhi saat hendak mengklaim asuransi tersebut.

BACA:  Inilah Manfaat Rekening Koran Mandiri untuk Bisnis Online