Mengapa sering terjadi kriminalitas akibat dari dampak negative dari modernisasi​

Mengapa sering terjadi kriminalitas akibat dari dampak negative dari modernisasi​ ?

 

Jawaban:

karena kriminalitas yang makin banyak adalah dampak lanjutan dari segala macam masalah sosial yang muncul di masyarakat. Dari hari ke hari, media massa baik cetak ataupun elektronik di dominasi oleh berita kriminal mulai dari pembunuhan, mutilasi, pembuangan bayi, penculikan, penipuan, korupsi, dan sebagainya Pengaruh Negatif Modernisasi Terhadap Perubahan Kriminalitas.

Kriminalitas dapat disebut juga sebagai segala bentuk tindakan yang melanggar norma hukum. Modernisasi identik dengan industrialisasi. Pembangunan pusat-pusat industri sebagai cerminan modernisasi biasanya dibangun di daerah perkotaan. Pembangunan dan modernisasi telah mengembangkan perkotaan sedemikian rupa sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi mayarakat pedesaan. Dari tahun ke tahun, masyarakat pedesaan berbondong-bondong menuju kota untuk mengadu nasib. Namun demikian, lapangan kerja yang tersedia di kota tidak sebanding dengan banyaknya pendatang baru. Akibatnya, terjadi penumpukan tenaga kerja di perkotaan. Fenomena seperti ini akan menyebabkan makin meningkatnya jumlah kemiskinan dan makin tajamnya kesenjangan sosial ekonomi. Keadaan ini pada gilirannya nanti akan memicu Pengaruh Negatif Modernisasi Terhadap Perubahan Kriminalitas.

 

Tindakan kriminal yang dilakukan makin bervariasi. Tindakan kriminal dilakukan dari cara sederhana sampai menggunakan teknologi canggih dapat kita temukan. Mulai dari membunuh, mencuri, merampok, memerkosa, korupsi, melakukan pembobolan bank menggunakan jaringan internet, pencucian uang, hingga membobol dokumen negara merupakan sebagian kecil kriminalitas yang terjadi dalam masyarakat saat ini. Kriminalitas yang dilakukan saat ini seolah ikut memanfaatkan arus modernisasi yang melanda Bahkan, perkembangan di sisi lain media hiburan, media massa atau media sosial lain turut berperan dalam memicu terjadinya tindakan kriminal di kalangan masyarakat.

 

BACA:  Apa pengertian dari pendapatan perkapita?

Dalam kegiatan diatas tentunya kamu sudah mendapatkan berbagai faktor penyebab terjadinya kriminalitas. Faktor penyebab terjadinya kriminalitas adalah:

 

1) pertentangan dan persaingan

 

2) perbedaan ideologi politik

 

3) kepadatan dan komposisi penduduk

 

4) perbedaan kekayaan dan pendapatan

 

5) mentalitas yang labil

 

Banyaknya kriminalitas yang terjadi mengakibatkan dampak yang tidak sedikit. Adapun akibat dari kriminalitas di antaranya adalah:

 

1) merugikan pihak lain baik materiel maupun imateriel

 

2) merugikan masyarakat secara keseluruhan

 

3) merugikan negara

 

4) mengganggu stabilitas keamanan masyarakat

 

Pengaruh Negatif Modernisasi Terhadap Perubahan Kriminalitas yang makin banyak terjadi di masyarakat mengharuskan berbagai pihak berpikir mencari cara pemecah yang dianggap efektif Adapun solusi yang dapat dilakukan adalah seperti berikut.

 

1) Menegakkan sanksi hukum yang tegas dan tanpa pandang bulu

 

2) mengaktifkan peran orang tua dan lembaga pendidikan dalam mendidik anak

 

3) selektif terhadap budaya asing yang masuk agar tidak merusak nilai budaya bangsa

 

4) Menjaga kelestarian dan kelangsungan nilai dan norma dalam masyarakat.

 

Modernisasi dan pembangunan telah membawa pengaruh bagi perubahan sosial budaya. Berbagai kemudahan telah kita rasakan sebagai dampak dari modernisasi. Namun demikian, modernisasi, industrialisasi, dan pembangunan yang tidak dibarengi dengan analisis masalah dan dampak lingkungan (AMDAL) sering menimbulkan malapetaka, yakni berupa pencemaran lingkungan. Pencemaran lingkungan dapat disebut sebagai dampak dari interaksi manusia dengan lingkungan alam. Teknologi dan alat mesin yang digunakan oleh pabrik pengolahan ataupun industri menimbulkan dampak berupa pencemaran bagi lingkungan.

Penjelasan: