Carilah informasi tentang para pejuang dalam memimpin perjuangan melawan penjajah,lalu cobalah kalian teladani sikap dan semangat perjuangan mereka dengan menyampaikan opini kalian tentang tokoh pejuang tersebut​

Carilah informasi tentang para pejuang dalam memimpin perjuangan melawan penjajah,lalu cobalah kalian teladani sikap dan semangat perjuangan mereka dengan menyampaikan opini kalian tentang tokoh pejuang tersebut​ !

jawaban:

 

* Cara Meneledani Para Pahlawan Kemerdekaan:

Saling Menghormati dan Menghargai Satu Sama Lain. Saling menghormati dan menghargai satu sama lain merupakan hal mudah pertama yang harus dilakukan.

* Memupuk Semangat Cinta Tanah Air.

* Tidak Melupakan Jasa Pahlawan.

* Belajar dengan Tekun.

* Memperingati Peristiwa-Peristiwa Penting.

Penjelasan:

1.Soekarno

 

Pahlawan kemerdekaan nasional di posisi pertama terdapat Soekarno atau dikenal dengan sebutan Bung Karno. Pria kelahiran Surabaya, 6 Juni 1901 ini merupakan Presiden Indonesia pertama pada periode tahun 1945-1967.

 

Peran penting sosok Bung Karno bagi Indonesia sendiri berupa sosok proklamator kemerdekaan Indonesia dan pencetus dasar negara, yaitu Pancasila. Sosoknya sendiri dikenal sebagai orator andal yang mampu membangkit semangat para pendengarnya.

 

Beliau pernah dinyatakan mengidap gangguan ginjal, tapi ia memilih pengobatan tradisional. Sayangnya, pada 21 Juni 1970 beliau menghembuskan nafas terakhirnya di Jakarta, Indonesia.

 

2. Mohammad Hatta

 

Seperti sosok Bung Karno menjadi seorang proklamator, Mohammad Hatta telah menjadi salah satu pahlawan daerah Indonesia dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

 

Mohammad Hatta sendiri memiliki jabatan penting semasa hidupnya, seperti perdana menteri dalam kabinet Hatta I, Hatta II, dan RIS, hingga menjadi wakil presiden Indoensia. Meskipun sebagai seorang politisi, Mohammad Hatta juga dijuluki sebagai ‘Bapak Koperasi’.

 

Beliau lahir di Bukittinggi pada 12 Agustus 1902 dan meninggal di Jakarta pada 14 Maret 1980. Gelar pahlawan nasional untuk Mohammad Hatta ditetapkan oleh Susilo Bambang Yudhoyono pada 7 November 2012, gelar tersebut turut diberikan kepada mendiang Soekarno.

BACA:  danau yang terbentuk akibat meander sungai yang sudah terputus dari aliran aslinya lalu terisi air hujan disebut danau....

 

3. Soedirman

 

Di Indonesia punya sosok panglima tentara layaknya panglima tempur dalam film Dilan 1990. Sosok tersebut ialah Soedirman, pria kelahiran Bodas Karangjati, 24 Januari 1916. Beliau diangkat sebagai panglima besar dan menjadi jenderal pertama dan termuda Indonesia pada 18 Desember 1948.

 

Banyak kegiatan militer yang dilakukan olehnya hingga ia menjadi sosok yang dihormati di Indonesia. Meskipun terkena penyakit tuberkulosis paru-paru, ia pantang menyerah dan gigih dalam menjaga keamanan Indonesia. Karena penyakitnya tersebut, ia wafat pada usia 34 tahun, pada tanggal 29 Januari 1950 di Magelang, Jawa Tengah .