Mengapa kegiatan interaksi sosial dipengaruhi oleh bentuk alam disekitarnya

Mengapa kegiatan interaksi sosial dipengaruhi oleh bentuk alam disekitarnya ?

 

Jawaban:

Bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial budaya ekonomi masyarakat Indonesia

 

a. Interaksi manusia dengan lingkungan alam

 

Interaksi manusia yang menyesuaikan diri dengan alam contohnya adalah hidup dekat dengan sumber makanannya. Manusia menyesuaikan waktu tanam dengan musim penghujan, waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca, menghindari tinggal di daerah rawan bencana alam, dan lain-lain.

 

b. Interaksi manusia dengan lingkungan sosial

 

Manusia perlu berhubungan atau berkomunikasi dengan yang lainnya. Maka terjadilah apa yang dinamakan proses sosial. Proses sosial adalah suatu interaksi atau hubungan saling memengaruhi antarmanusia. Proses sosial ini akan terjadi kalau ada interaksi sosial. Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan antara orang perorangan, antara kelompok manusia, maupun antara orang perorangan dan kelompok manusia. Dalam interaksi sosial, hubungan yang terjadi harus secara timbal balik dilakukan oleh kedua belah pihak. Artinya kedua belah pihak harus saling merespon. Proses interaksi sosial akan terjadi apabila di antara pihak yang berinteraksi melakukan kontak sosial dan komunikasi.

 

c. Interaksi manusia dengan lingkungan budaya

 

Manusia tidak bisa hidup sendiri untuk memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya. Manusia mempunyai kecendrungan untuk hidup berkelompok dan bermasyarakat. Dalam kehidupan bermasyarakat, kita harus dapat beradaptasi dengan lingkungan, termasuk dalam hal perilaku, aturan, nilai, norma, kepercayaan dan adat istiadat yang berlaku di lingkungan tersebut. Perilaku, aturan, nilai, norma, kepercayaan dan adat istiadat merupakan bagian dari kebudayaan. Kebudayaan merupakan salah satu unsur penting yang dimiliki oleh suatu masyarakat. Melalui kebudayaan itu, dapat terlihat ciri khas setiap suku. Kita seharusnya mengetahui tentang kebudayaan bangsa yang beranekaragam hingga dapat menyesuaikan diri terhadap aturan-aturan dan cara-cara beradaptasi terhadap lingkungan. Hal ini bertujuan agar keberadaan kita dapat diterima dalam suatu kelompok masyarakat.

BACA:  Pesawat Tigerair terbang berada di ketinggian 3500 meter di atas permukaan laut. Dalam waktu yang sama sebuah kapal selam berada 1800 meter di bawah permukaan laut. Berapakah jarak antara pesawat dengan kapal selam ...

 

d. Interaksi manusia dengan lingkungan ekonomi

 

Lingkungan ekonomi adalah faktor ekonomi yang memengaruhi jalannya usaha atau kegiatan ekonomi. Faktor pendukung kegiatan ekonomi adalah kebijakan ekonomi pemerintah, pendapatan masyarakat, sumber daya ekonomi yang tersedia dan sebagainya. Manusia dalam kehidupan sehari-hari melakukan interaksi dengan lingkungan ekonominya. Mereka melakukan aktivitas ekonomi dengan memanfaatkan sumber daya ekonomi yang tersedia. Sumber daya ekonomi adalah alat yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, baik berupa barang maupun jasa. Sumber daya alam, tenaga kerja, modal dan kewirausahaan merupakan sumberdaya ekonomi. Sumber daya alam dapat berupa lahan, bahan tambang, hewan, tumbuhan dan sebagainya. Tenaga kerja merupakan sumber daya untuk menghasilkan barang dan jasa.

 

Pembahasan

Interaksi adalah adanya hubungan timbal balik atau saling memberikan pengaruh baik itu mempengaruhi tingkah laku, pola piker, dan sebagainya. Interaksi dilakukan tidak hanya bertatap muka langsung dengan lawan bicara, namun interaksi dapat juga berupa suatu perjalanan, perpindahan penduduk, pemnfaatan fasilitas, pertukaran informasi, perdagangan internasional, dan lain sebagainya. Interaksi keruangan dapat terjadi karena adanya beberapa faktor, diantaranya :

 

1. Saling melengkapi (complementarity)

 

Faktor ini terjadi karena karena adanya kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi oleh suatu wilayah atau negara. Seperti contoh masyarakat yang tinggal di pesisir pantai tidak dapat memenuhi kebutuhan sayur mayor serta buah buahan, dikarenakan sayur mayor dan buah buahan hanya dapat tumbuh dikawasan lereng pegunungan, begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhannya diperlukan suatu interaksi dengan penduduk wilayah lereng pegunungan melalui aktivitas jual beli.

 

2. Kesempatan antara (intervening opportunity)

 

Faktor kesempatan antara ini dapat terjadi karena adanya pilihan yang lebih baik atau sudah tersedianya alternatif lain untuk memperoleh suatu barang yang sama.

BACA:  Mengapa multi kulturan mudah mengalami perpecahan?​

 

3. Keadaan dapat diserahkan atau dipindahkan (transferability)

 

Faktor ini dapat terjadi dikarenakan fasilitas yang digunakan untuk melakukan suatu interaksi tidak memadai atau mengalami kendala.