Mengapa masih terdapat anggota masyarakat yang menerapkan sistem stratifikasi sosial tertutup?Mengapa masih terdapat anggota masyarakat yang menerapkan sistem stratifikasi sosial tertutup?

Mengapa masih terdapat anggota masyarakat yang menerapkan sistem stratifikasi sosial tertutup?

 

awabannya adalah karena stratifikasi sosial tertutup berfungsi untuk mempertahankan lapisan sosial tertentu di dalam masyarakat. Yuk simak penjelasan berikut. Stratifikasi merupakan suatu penggolongan masyarakat secara vertikal. Di dalam stratifikasi sosial terdapat stratifikasi sosial tertutup, dimana sifat dari stratifikasi sosial tertutup ini membatasi mobilitas suatu masyarakat untuk naik ke lapisan atas atau turun ke lapisan bawah. Masyarakat dengan lapisan kelas bawah hampir tidak mungkin bisa “naik kelas” menjadi kelas atas. Stratifikasi sosial tertutup ditentukan berdasarkan kelahiran atau ascribed status. Contohnya seperti yang terjadi pada lapisan atas sebuah monarki kerajaan atau kaum bangsawan.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

https://www kisarantech com/4990/mengapa-masih-terdapat-anggota-masyarakat-yang-menerapkan-sistem-stratifikasi-sosial-tertutupmengapa-masih-terdapat-anggota-masyarakat-yang-menerapkan-sistem-stratifikasi-sosial-tertutup html