Apa saja yang dibahas dalam sidang pertama BPUPKI tanggal 19 Mei – 1 Juni 1945?

Apa saja yang dibahas dalam sidang pertama BPUPKI tanggal 19 Mei – 1 Juni 1945?

 

Jawaban

 

Sidang pertama, dilaksanakan pada 29 Mei-1 Juni 1945. Pembahasan pada sidang yang pertama ialah, membahas tentang dasar negara yang kemudian menghasilkan gagasan Pancasila sebagai dasar negara, serta pembentukan Panitia Sembilan.

 

Pembahasan

 

BPUPKI adalah singakatan dari Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Organisasi ini adalah organisasi yang bertujuan untuk menyelediki hal-hal yang penting sekaligus menyusun rencana persiapan untuk kemerdekaan Indonesia. BPUPKI, dibentuk oleh Kumikichi Harada, dan diresmikan pada 29 April 1945, serta diketuai oleh K.R.T Radjiman Wedyodiningrat.

 

Untuk mencapai tujuanya, BPUPKI mengadakan dua kali sidang. Sidang pertama, dilaksanakan pada 29 Mei-1 Juni 1945. Pembahasan pada sidang yang pertama ialah, membahas tentang dasar negara yang kemudian menghasilkan gagasan Pancasila sebagai dasar negara, serta pembentukan Panitia Sembilan.

 

Sedangkan sidang kedua dilaksanakan pada 10-17 Juli 1945. Pembahasan dalam sidang ini adalah merumuskan rancangan Undang-undang Dasar 1945 yang meliputi :

 

  1. Pernyataan Indonesia Merdeka
  2. Pembukaan Undang-undang Dasar 1945
  3. Batang tubh yang mliputi :
  • Wilayah negara Indonesia
  • Bentuk negara
  • Bentuk pemerintahan
  • Bendera nasional dan
  • Bahasa nasional