Apa yang anda ketahui tentang full bodied money dan token money? Dan mengapa dalam perkembangannya full bodied money tidak bisa dipertahankan?

Apa yang anda ketahui tentang full bodied money dan token money? Dan mengapa dalam perkembangannya full bodied money tidak bisa dipertahankan?

Pembahasan Uang adalah suatu alat tukar yang bisa diterima secara umum. Alat tukar ini bisa berbentuk benda atau apapun yang bisa diterima oleh setiap individu di dalam lapisan masyarakat untuk memproses adanya pertukaran barang ataupun jasa. Berdasarkan nilainya, uang dibedakan menjadi: 1. Bernilai tidak penuh atau token money. Yang dimaksud dari nilai tidak penuh itu ialah bahwa nilai instrisik lebih kecil dibandingkan dengan nilai nominalnya. Untuk nilai yang bersifat tidak penuh ini bisanya terdapat pada uang kertas. 2. Bernilai penuh atau Full Bodied Money ialah nilai intrinsik dan nilai nominalnya sama. Biasanya berlaku pada uang logam mulia yang terbuat dari emas ataupun perak. Full bodied money merupakan jenis uang yang bernilai sama dengan bahan pembuatnya. Perkembangan penggunaan full bodied money tidak dapat bertahan karena kebutuhan akan uang yang semakin banyak sedangkan bahan pembuat full bodied money cukup terbatas. Sehingga pemerintah tidak dapat memenuhi permintaan uang dari masyarakat. Oleh karena itu dibutuhkan alternatif lain sebagai pengganti full bodied money. Jadi, Token money adalah nilai uang yang nilai nominalnya lebih tinggi daripada nilai intrinsiknya. Sedangkan full money berati nilai uang yang mengandung nilai intrinsik dan nilai nominal yang sama.