Jelaskan faktor yg mempengaruhi kerja sama !

Jelaskan faktor yg mempengaruhi kerja sama !

ada 3 kakk tapi aku gak bisa jelasin nya
1 orientasi individu
2 hubungan timbal balik
3 komunikasi‚Äč

Jawaban:

1.Kecenderungan pada Timbal Balik

Timbal balik (reciprocity) adalah faktor yang paling pasti diantara ketiga faktor. Sepanjang hidup kita cenderung mengikuti prinsip ini, memperlakukan orang lain sebagaimana mereka telah memperlakukan kita Dalam memilih. apakah akan kerjasama atau berkompetisi, kita tampaknya mempertimbangkan prinsip timbal balik ini.

 

Ketika orang lain bekerjasama dengan kita dan mengesampingkan kepentingan pribadinya, biasanya kita akan melakukan hal yang sama sebagai balasannya. Sebaliknya jika mereka tidak bersikap baik dan memaksakan kepentingan pribadi, kita juga akan melakukan hal yang sama

 

2.Orientasi Pribadi Menyangkut Kerjasama

Secara spesifik, temuan penelitian memperlihatkan bahwa individu dapat memiliki satu dari tiga orientasi yang berbeda terhadap situasi yang meliputi dilema sosial, diantaranya:

Orientasi kooperatif, Dimana mereka memilih untuk memaksimalkan hasil akhir bersama yang diterima oleh semua orang yang terlibat.

Orientasi individualistik, Dimana fokus utamanya adalah untuk memaksimalkan hasil mereka sendiri.

Orientasi kompetitif, Fokus utamanya adalah untuk mengalahkan orang lain

Orientasi diatas memiliki dampak besar pada bagaimana orang bertindak pada banyak situasi, jadi hal tersebut merupakan faktor penting sehubungan dengan tercipta atau tidak terciptanya kerjasama.

 

3.Komunikasi

Penalaran umum menunjukkan bahwa jika individu dapat mendiskusikan situasi dengan orang lain, mereka mungkin akan segera menyimpulkan bahwa pilihan yang terbaik untuk setiap orang adalah bekerja sama; bagaimanapun hal ini akan bermanfaat bagi semua yang terlibat. Namun sangat mengejutkan, penelitian awal pada kemungkinan ini menghasilkan fakta campuran.

 

Dalam berbagai situasi, kesempatan bagi anggota kelompok untuk berkomunikasi satu sama lain mengenai apa yang seharusnya mereka lakukan tidaklah meningkatkan kerjasama. Sebaliknya, anggota kelompok tampaknya menggunakan kesempatan ini terutama untuk mengancam satu sama lain sehingga hasilnya kerjasama tidak terjadi.

BACA:  sikap bangsa indonesia dalam menghadapi jepang lama-kelamaan bangsa indonesia melakukan perlawanan, perlawanan yang terbesar di lakukan oleh....

 

Terdapat penemuan penelitian mengarah pada kesimpulan yang lebih optimis, tampaknya komunikasi antara anggota kelompok dapat menghasilkan peningkatan kerjasama.

Secara spesifik dampak yang menguntungkan dapat dan memang terjadi jika anggota kelompok membuat komitmen pribadi untuk bekerjasama satu sama lain dan jika komitmen ini didukung oleh norma pribadi yang kuat untuk menghargainya