berikan 3 contoh konflik sara, bedasarkan penyelasaian Dan kesimpulan Nya

berikan 3 contoh konflik sara, bedasarkan penyelasaian Dan kesimpulan Nya !

 

Jawaban:

1.Konflik Agama di Ambon

 

Konflik berbau agama paling tragis meletup pada tahun 1999 silam. Konflik dan pertikaian yang melanda masyarakat Ambon-Lease sejak Januari 1999, telah berkembang menjadi aksi kekerasan brutal yang merenggut ribuan jiwa dan menghancurkan semua tatanan kehidupan bermasyarakat.

Konflik tersebut kemudian meluas dan menjadi kerusuhan hebat antara umat Islam dan Kristen yang berujung pada banyaknya orang meregang nyawa. Kedua kubu berbeda agama ini saling serang dan bakar membakar bangunan serta sarana ibadah.

 

2.Penyerangan Kelompok Syi’ah di Sampang

 

Aksi penyerangan terhadap pengikut Syi’ah terjadi di Dusun Nangkernang, Desa Karang Gayam, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur pada Agustus 2012 silam. Sebanyak dua orang warga Syi’ah tewas dan enam orang lainnya mengalami luka berat serta puluhan warga mengalami luka ringan.

 

3.Pemerintah vs Kelompok Separatis

 

Pemerintah RI pernah disibukkan dengan konflik melawan beberapa kelompok separatis. Sebut saja konflik melawan kelompok Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dipicu keinginan mereka yang ingin melepaskan diri dari NKRI. Pemerintah yang enggan melepas Aceh, mau tidak mau mempertahankannya mati-matian hingga pecahlah peperangan di tanah rencong.

Konflik dengan GAM berakhir menyusul kesepakatan yang diteken kedua belah pihak, di mana salah satunya menyepakati agar Aceh menjadi daerah otonomi khusus (otsus) dengan penegakan hukum syari’ahnya.

 

Penjelasan:

Sekian jawaban dari saya semoga membantu