Manfaat Asuransi Perjalanan Wisata dan Jenis-Jenisnya

Asuransi perjalanan wisata merupakan hal yang sangat penting untuk Anda lakukan, karena dengan mengasuransikan perjalanan yang akan Anda lakukan baik di dalam ataupun luar negeri bisa menjadi lebih aman dan terlindungi. Di era modern saat ini telah banyak perusahaan yang menawarkan asuransi wisata dengan berbagai tipe pilihan.

Biasanya asuransi wisata akan mencakup beberapa hal seperti jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan diri, jaminan barang rusak dalam perjalanan, jaminan pembatalan berangkat dan beberapa garansi lainnya yang diberikan untuk membackup perjalanan wisata Anda. Berikut ini akan kami berikan manfaat mengasuransikan perjalanan wisata yang bisa Anda dapatkan.

Manfaat Asuransi Perjalanan Wisata yang Bisa Anda Dapatkan

Ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan bila mengikuti program asuransi perjalanan untuk wisata. Dengan mengikuti program asuransi wisata, Anda bisa melakukan liburan dengan lebih tenang dan nyaman karena semua aset yang Anda miliki beserta diri Anda akan lebih terjamin. Di bawah ini merupakan manfaat dari asuransi sebuah perjalanan wisata.

  1. Kompensasi Kehilangan Barang atau Barang Rusak

Hal ini biasanya terjadi di sebuah bandara saat akan melakukan perjalanan wisata. Jika barang yang dibawa tertukar, hilang, atau rusak maka pihak asuransi akan bertanggung jawab dengan memberikan ganti rugi sesuai dengan kesepakatan bersama yang telah disetujui.

  1. Biaya Medis

Apabila pada saat melakukan perjalanan mengalami sakit, maka pihak asuransi perjalanan wisata akan menanggung biaya medis berupa biaya rawat inap dan obat. Beberapa perusahaan juga memberikan asuransi apabila nasabah terkena virus Covid 19 selama melakukan perjalanan wisata.

  1. Santunan Kematian Saat Perjalanan Wisata

Hal ini akan dilakukan oleh pihak perusahaan asuransi bilamana nasabah mengalami kematian atau kecacatan karena sebuah insiden pada saat melakukan perjalanan wisata. Maka pihak asuransi akan memberikan santunan yang ditujukan oleh pihak keluarga yang bersangkutan.

  1. Kompensasi Pembatalan Berangkat

Biasanya terjadi apabila terjadi sebuah delay atau pembatalan berangkat pada sebuah maskapai, yang mengakibatkan kerugian akomodasi seperti hotel yang telah dipesan. Maka biasanya pihak asuransi perjalanan wisata akan membackup kerugian yang dialami oleh nasabahnya.

BACA:  Jenis-jenis Biaya Asuransi Mobil All Risk Indonesia

Masih banyak lagi manfaat yang dapat Anda miliki jika mengasuransikan perjalanan wisata Anda dengan pihak asuransi tertentu. Pastikan juga pada saat membuat perjanjian tentu harus saling menguntungkan antara Anda dengan pihak asuransi.

Jenis-Jenis Asuransi Perjalanan

Ada dua macam jenis asuransi perjalanan wisata, yaitu domestik dan internasional. Perjalanan wisata domestik biasanya hanya mencakup wilayah dalam negeri saja sedangkan asuransi perjalanan internasional mencakup wilayah luar negeri dan termasuk perjalanan Haji dan Umrah.

  1. Asuransi Perjalanan Lokal

Asuransi ini akan Anda dapatkan secara otomatis pada tiket pesawat atau diberikan langsung oleh pihak maskapai pesawat yang Anda gunakan untuk melakukan perjalanan. Biasanya Asuransi diberikan bila terjadi insiden seperti cacat fisik atau meninggal dunia jika terjadi kecelakaan pesawat.

  1. Asuransi Perjalanan Mancanegara

Berbeda lagi jika berbicara asuransi perjalanan internasional. Disini ada asuransi pembuatan visa schengen bila Anda melakukan wisata ke wilayah eropa. Asuransi juga akan diberikan bila terjadi pembatalan keberangkatan, kehilangan barang pada bagasi, biaya medis dan lainnya.

Namun biasanya asuransi perjalanan internasional memiliki biaya yang lebih mahal daripada asuransi perjalanan domestik. Hal ini dikarenakan asuransi ini memiliki lebih banyak jaminan yang akan Anda dapatkan, dan akan membackup bila terjadi sesuatu yang terjadi pada Anda di luar negeri.

Untuk saat ini para pihak asuransi telah memfasilitasi para nasabahnya dengan berbagai macam jaminan dan garansi yang bisa didapat melalui asuransi miliknya. Sehingga sangatlah mudah untuk memilih asuransi perjalanan wisata.