siapakah tokoh yang paling terkenal pada masa pemerintahan kolonial di indonesia inggris dan belanda​

siapakah tokoh yang paling terkenal pada masa pemerintahan kolonial di indonesia inggris dan belanda​ ?

 

 

 

Jawaban:

Tokoh yang dianggap paling terkenal pada masa pemerintahan kolonial di indonesia, yang berkebangsaan inggris dan belanda​ adalah:

  • Herman Willem Daendels (Belanda)
  • Thomas Stamford Raffless (Inggris)
  • Johannes Van Den Bosch (Belanda)

Pembahasan

3 Tokoh ini adalah tokoh yang dianggap paling terkenal pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Herman Wilem Daendel dikenal dengan kebijakannya berupa kerja rodi yang identik dengan pembangunan jalan raya pos dari Anyer hingga Panarukan atau dari Banten ke Jawa Timur. Kebijakan lain dari Daendels identik sekali dengan pendudukan perancis di Indonesia saat Belanda dikuasai oleh Perancis.

Kedua adalah Raffless. Ia sangat dikenal dengan sistem kebijakan berupa Landrente. yang bertujuan untuk menyewa tanah kepada para pekerja kebun dan para investor asing. Raffless dianggap sebagai salah satu gubernur pemerintahan kolonial yang realistis terhadap kebijakannya di Indonesia karena menghapus pembayaran upeti atau pajak dari petani dengan berfokus pada penyewaan tanah.

Ketiga adalah Van den Bosch. Kebijaknnya identik dengan sistem tanam paksa, yang bertujuan untuk mengembalikan dana yang kosong akibat peperangan yang dilakukan oleh Belanda.