asuransi mobil
asuransi mobil

6 Tips Memilih Tempat Asuransi Mobil Yang Baik

Kebutuhan wajib bagi pemilik mobil adalah memberikan kendaraanya asuransi. Hal ini karena tingginya resiko kecelakaan akibat kondisi lalu lintas yang padat. Pemilik kendaraan sering merasa khawatir jika terjadi sesuatu pada mobil atau pada dirinya ketika berkendara. Jika ingin mengasuransikan mobilnya tentu harus mencari tempat asuransi mobil terpercaya. Bagaimana tahu jika tempat asuransi untuk mobil tersebut terpercaya atau tidak? Berikut ini tipsnya:

1. Pilihan Tempat yang Sudah Kredibel

Banyak tempat asuransi mobil yang menawarkan berbagai macam produk terbaiknya. Namun bagi nasabah yang ingin mengasuransikan mobilnya maka pilihlah tempat yang kredibel bukan asal-asalan. Karena hal ini sangat penting, jangan sampai memilih tempat yang tidak kredibel dan tidak bertanggung jawab kedepannya.

Bisa tanyakan kepada teman atau kerabat yang pernah menggunakan jasa asuransi untuk mobilnya. Tanya bagaimana kesan dan pengalamanya dalam menggunakan asuransi tersebut.

2. Pilihlah Tempat dengan Pendaftaran yang Mudah

Bagi yang ingin melakukan pendaftaran tentunya mencari tempat pendaftaran termudah dan prosesnya cepat. Karena ketika melakukan pendaftaran asuransi seseorang tentunya sudah mengosongkan jadwal. Jika proses lama bahkan berhari-hari maka nasabah tentu akan kabur dan tidak melanjutkan proses pendaftaran.

3. Pilih yang Memberikan Harga Lebih Hemat

Pihak asuransi memiliki beberapa produk asuransi kendaraan, diantaranya TOL dan All Risk. Kedua asuransi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihlah, tempat asuransi yang memberikan produk dengan harga yang lebih hemat. Karena untuk membayar polis asuransi harus dilakukan setiap bulan selama beberapa tahun. Secara tidak langsung pemilik mobil harus menyisihkan uang bulanan untuk membayar poli tersebut. Dengan uang iuran yang ringan maka tidak akan mengganggu kebutuhan lainnya.

4. Pastikan Tempat Asuransi Bisa Memberikan Proses Klaim Cepat

Ketika terjadi kerusakan pada mobil atau mobil hilang tentunya ingin segera memperbaikinya atau mencari penggantinya bukan? Karena mobil adalah transportasi yang penting oleh karena itu sangat dibutuhkan. Pastikan tempat asuransi memberikan klaim asuransi yang cepat agar mobil yang rusak bisa segera diatasi atau mobil yang hilang bisa mendapatkan penggantinya.

BACA:  4 keuntungan memiliki asuransi mobil

5. Pastikan Pihak Asuransi Telah Bekerjasama dengan Bengkel di Berbagai Daerah

Mobil sering digunakan untuk berpergian ke luar kota. Sehingga tidak jarang mobil mengalami kendala di daerah lain. Jika hal itu terjadi maka yang terpenting adalah mencari bengkel terdekat. Namun bagaimana jika mobil mengalami kendala di tempat yang jauh dari bengkel?

Pastikan mobil telah memiliki asuransi dari tempat asuransi yang telah bekerja sama dengan banyak bengkel di berbagai daerah. Hal ini akan sangat mempermudah nasabah atau pemilik mobil mendapatkan pertolongan ketika mobil bermasalah ketika di gunakan di daerah lainnya.

6. Cari tempat yang Bisa Memberikan Pelayanan 24 Jam

Ketika mengalami musibah, entah itu mobil tergelincir, mobil rusak, mobil terperosok, hingga jika mobil mogok dan kecelakaan. Tentulah dibutuhkan pertolongan segera untuk mengatasinya. Pastikan pihak asuransi yang dipilih bisa dihubungi 24 jam, sehingga jika terjadi kerusakan dijalan pada malam hari pihak asuransi mudah dihubungi.

Itulah beberapa tips memilih tempat asuransi mobil. Ingat, sebelum memutuskan tempat untuk asuransi mobil pastikan baca dan pahami perjanjian atau polis yang diberikan. Kebanyakan nasabah merasa kecewa karena tidak memahami polis yang berlaku.

Sebagai contoh jika memilih produk asuransi All Risk, dan mobil mengalami kecelakaan. Maka pihak asuransi tidak bisa mengcover biayanya. Sebaliknya, jika memilih produk asuransi TOL dan mobil mengalami kerusakan-kerusakan kecil maka pihak asuransi tidak akan menyetujui klaimnya. Sebagai nasabah harus mengingat perjanjian polis agar tidak kecewa nantinya.