Tunjukan 10 organisasi masa pergerakan masa pendudukan jepang

Tunjukan 10 organisasi masa pergerakan masa pendudukan jepang !

 

Jawaban:

  • Gerakan tiga A.

Gerakan ini termasuk salah satu propaganda yang menunjukan Jepang sebagai pelindung Asia, pemimpin Asia hingga cahaya Asia. Banyak berbagai pergerakan ini untuk pendidikan yang menonjol kepada budaya Jepang namun tidak bertahan lama karena masyarakat tidak setuju.

  • Putera atau Pusat Tenaga Rakyat.

Putera secara umum dari Jepang memiliki fungsi untuk mengembangkan potensi rakyat Indonesia membantu Jepang dalam peperangan. Pada akhirnya gerakan ini malah menjadi bumerang karena memperkuat mental rakyat untuk merdeka.

  • Fujinkai.

Fujinkai ini diibaratkan seperti Putera namun bagian wanita. Pada wanita di Fujinkai dilatih berbagai pendidikan dan bercocok tanam agar bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakayat namun berlanjut mengikuti urusan militer.

  • Jawa Hokokai.

Jawa Hokokai ini merupakan pengganti gerakan Tiga A dan Putera, hal tersebut dilakukan karena Jepang terdesak melawan negara barat. Perbedaan dengan sebelumnya adalah Hokokai ini benar-benar dipegang langsung oleh Jepang sedangkan sebelumnya dipegang oleh tokoh nasional.

  • MIAI.

Jepang menghidupkan MIAI yang mana termasuk ormas besar Islam dengan tujuan memanfaatkan untuk keperluan perang dan dilarang berpolitik.

  • Masyumi.

Setelah MIAI dibubarkan berlanjut menjadi Masyumi, Masyumi ini didirikan oleh tokoh-tokoh Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan hasil bumi serta mengumpulkan dan untuk kepentingan bersama.

  • Heiho

Heiho merupakan organisasi bentukan Jepang yang beranggotakan prajurit Indonesia untuk memperkuat pertahanan militer di angkatan udara, laut, dan kepolisian. Heiho bukan hanya ditugaskan di Indonesia, tetapi juga di seluruh daerah pendudukan Jepang seperti di Burma, Vietnam, Singapura, dan Malaya. Utama dalam kegiatannya adalah Membangun pertahanan, Menjaga kamp pertahanan, Membantu tentara Jepang dalam peperangan.

  • PETA

Pembela Tanah Air (PETA) merupakan organisasi bentukan Jepang untuk memperkuat Heiho pada 3 Oktober 1943 atas usulan Gatot Mangkupraja kepada Letnan Jenderal Kumakici Harada. Pembentukan PETA didasarkan pada peraturan Pemerintah Jepang, yaitu Osamu Seinendan Nomor 44. Dimana, dalam melakukan perekrutannya berasal dari berbagai kalangan masyarakat hingga mencapai lebih dari 37 ribu orang dari Pulau Jawa dan lebih dari 20 ribu dari pulau Sumatera.

  • Seinendan
BACA:  Tipe desa pada masyarakat suku terasing yang seluruh kehidupan masyarakatnya masih sangat tergantung kepada alam sekitarnya disebut ....

Organisasi bentukan Jepang lainnya adalah Barisan pemuda atau Seinendan dibentuk untuk melatih dan mendidik pemuda agar mampu menjaga dan mempertahankan tanah air secara mandiri. Tujuan terselubung dari Seinenden sendiri adalah agar Jepang mempunyai kekuatan cadangan untuk menghadapi Sekutu dalam perang pasifik.

  • Keibodan

Keibodan merupakan barisan pembantu polisi yang dibentuk tanggal 29 April 1943 dengan tujuan utamanya adalah membantu tugas kepolisian Jepang di Indonesia misalnya mengatur lalu lintas dan pengamanan desa. Dalam melakukan perekrutannya, Keibodan berasal dari para pemuda Indonesia berusia 23-25 tahun dengan syarat utama menjadi anggota Keibodan adalah sehat secara fisik dan berkepribadian baik.