Tuliskan Metamorsis yang terjadi kepada kecoa

Tuliskan Metamorsis yang terjadi kepada kecoa !

 

Jawaban:

metamorfosis pada kecoa termasuk dalm metamorfosis tidak sempurna karena hanya melalui 3 tahap yaitu tahap telur, nimfa, dan dewasa.

Daur hidup kecoa dimulai dari telur menetas, dilanjutkan dengan tahap nimfa dan berkembang menjadi kecoa dewasa. Hal ini juga yang menyebabkan metamorfosis kecoa tidak sempurna, karena bentuk hewan muda ini menyerupai bentuk kecoa dewasa. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai siklus dari daur hidup kecoa.

1. Fase Telur

 Setelah tiga sampai tujuh hari perkawinan, kecoa betina akan menghasilkan telur yang berbentuk seperti kapsul atau disebut kapsul telur (ootheca) dengan ukuran sekitar 8-10 mm. Kecoa betina akan membawa telur ini di ujung perutnya ketika belum menemukan tempat yang aman untuk meletakkan telur mereka. Fase ini berlangsung selama 24-38 hari atau sekitar 6-7 minggu tergantung kondisi lingkungan dan jenis spesiesnya.

2. Fase Nimfa

Telur yang menetas akan berubah menjadi nimfa. Ukuran nimfa sendiri bervariasi tergantung dari jenis kecoa tersebut. Pada fase ini, nimfa akan mengalami penggantian kulit (moulting) hingga mencapai usia dewasa. Saat penggantian kulit terjadi, kulit kecoa yang berwarna putih akan perlahan berubah menjadi warna gelap dan tubuhnya yang lunak juga akan berubah menjadi lebih besar serta mengeras. Setiap spesies nimfa memiliki rentang waktu yang berbeda untuk mencapai tahap dewasa. Namun, umumnya nimfa akan menjadi dewasa setelah 9 bulan dan melalui banyak penggantian kulit sebanyak 8 kali. Penggantian kulit yang terakhir, nimfa akan dilengkapi dengan sayap.

3. Fase Dewasa

Setelah melewati penggantian kulit selama fase nimfa, maka kecoa sudah memasuki tahap dewasa yang ditandai dengan adanya sayap. Secara umum, total masa hidup kecoa berkisar antara 3-4 bulan hingga 2 tahun tergantung dengan jenis spesies dan kondisi lingkungan. Mereka akan kembali bertelur dan mengulangi metamorfosis yang tidak sempurna ini.

BACA:  Poliploidi artinya

 

Penjelasan:

Kecoa memiliki siklus hidup atau metamorfosis yang tidak sempurna karena hanya memiliki tiga tahap saja yaitu: telur — nimfa (bayi kecoa) — dewasa.