Sebutkan empat pilar kebangsaan Indonesia dan jelaskan hubungan masing-masing 4 pilar tersebut

Sebutkan empat pilar kebangsaan Indonesia dan jelaskan hubungan masing-masing 4 pilar tersebut !

 

 

Jawaban:

Berikut adalah empat pilar kebangsaan Indonesia adalah.

  1. Pancasila
  2. UUD 1945
  3. Negara Kesatuan Republik Indonesia
  4. Bhineka tunggal ika

Pembahasan

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang terbesar di Indonesia. Indonesia juga memiliki berbagai ragam suku, ras, dan agama. Maka dari itu, Indonesia memiliki karakterisitik sebagai negara yang menjunjung tinggi kebebasan, keluasan, dan kemajemukan. Untuk menjaga karakteristik tersebut, Indonesia membuat sebuah konsep yag disebut sebagai empat pilar kebangsaan.

Empat pilat tersebut ditujukan untuk memperkokoh kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Selain itu, empat pilar yang buat, diharapkan menjadi suatu panduan untuk mewujudkan bangsa yang adil, makmur, sejahtera, dan bermartabat. Berikut adalah empat pilar kebangsaan tersebut dan penjelasannya.

  1. Pancasila. Pancasila menjadi ideology bangsa yang memiliki nilai-nilai luhur di dalamnya yang diharapkan menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia.
  2. UUD 1945. UUD 1945 menjadi sebuah acuan untuk membangun karakter bangsa. Selain itu, didalam UUD 1945, terdapat rumusan dari nilai Pancasila.
  3. Negara Kesatuan Republik Indonesia. Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI menjadi identitas bangsa di mata dunia yang mewakili ribuan pulau, suku, ras, dan agama.
  4. Bhineka Tunggal Ika. Bhineka Tunggal Ika memiliki arti berbeda-beda, tetapi tetap satu juga. .Bhineka Tunggal Ika merupakan sebuah slogan yang menjadi pemersatu berbagai perbedaan yang ada di Indonesia.