Jelaskan manfaat sumber daya alam berikut: tebu, kina, dan tanah liat!

Jelaskan manfaat sumber daya alam berikut: tebu, kina, dan tanah liat!

 

Jawaban:

Manfaat sumber daya alam berikut:

 

Tebu: sari tebu di batangnya untuk bahan baku gula pasir

Kina: kulit batangnya untuk obat malaria

Karet: getah karet untuk bahan serat karet pada ban kendaraan, sarung tangan, sepatu karet dan lainnya

Temulawak: untuk bahan obat penyakit hati, kolesterol dan peradangan lambung

Pembahasan:

 

A. Tebu:

Tebu (Saccharum officinarum) adalah jenis tanaman yang banyak dibudidayakan di Indonesia.

Tebu memiliki modifikasi berupa penyimpanan makanan di batangnya. Sari makanan ini disimpan dalam bentuk sukrosa (zat gula).

Oleh manusia, kandungan sukrosa di tanaman tebu ini digunakan untuk membuat gula pasir dengan memeras batang tebu untuk mendapatkan cairan kaya sukrosa. Cairan ini kemudian diolah sehingga menjadi butiran gula pasir.

 

B. Kina:

Pohon kina, atau Cinchona, adalah genus tanaman berbunga dalam keluarga Rubiaceae yang terdiri dari setidaknya 23 spesies pohon dan semak. Pohon ini paling banyak ditemukan di Amerika Selatan, Amerika Tengah, pulau-pulau di Karibia, dan bagian-bagian pantai barat Afrika

Pohon kina menghasilkan senyawa kina, yang digunakan untuk pengobatan penyakit malaria. Kina (Quinine) adalah senyawa alkaloid yang berasal dari kulit pohon kina ini. Senyawa ini memiliki rumus senyawa C20H24O2N2.

 

C. Karet:

Karet (Hevea brasiliensis) merupakan contoh tanaman yang memiliki getah. Pada karet, produksi getah yang sangat banyak ini dipanen menjadi lateks, yang didapat dari menyayat pohon karet. Lateks kemudian dikumpulkan untuk diolah di pabrik menjadi produk karet yang banyak digunakan seperti sarung tangan, sepatu boot, dan kabel listrik.

 

D. Temulawak:

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) adalah tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae), satu rumpun dengan jahe dan kunyit. Temulawak digunakan sebagai obat dalam mengatasi penyakit hati (liver), mengatasi kolesterol dan mengobati peradangan (inflamasi) pada lambung.

BACA:  Rendahnya pendidikan penduduk berpengaruh pada ?

 

Penjelasan:

 

Semoga bermanfaat