Langkah Melakukan Investasi Infovesta Reksadana Secara Aman

Cara investasi infovesta reksadana sangat mudah dipahami, didukung berbagai perkembangan di bidang teknologi yang menyediakan berbagai informasi terkait. Dengan banyaknya informasi, maka memahami sesuatu akan menjadi lebih cepat.

Sebelum mengambil keputusan untuk melakukan penanaman modal, sebaiknya Anda mengumpulkan banyak informasi mengenai keuangan beserta jenis instrumen di dalamnya. Serta berbagai aspek seperti langkah atau prosesnya.

Meskipun investasi reksadana terbilang cukup mudah untuk dilakukan, ternyata keuntungannya juga banyak. Namun perlu diperhatikan, mengelola dana harus dilakukan dengan pertimbangan matang, supaya tidak merugi.

Langkah Membeli Infovesta Reksadana Aman

Apakah Anda sudah mengetahui tempat pembelian instrumen investasi? Pembelian atau penjualan instrumen bisa langsung dilakukan di lembaga pengelola atau penerbitan produk reksadana. Bank juga menyediakan instrumen berdasarkan izin APERD.

  1. Diproses Berdasarkan NAB

Nilai Aktiva Bersih atau NAB merupakan sebuah nilai total kekayaan instrumen setiap hari. Nilainya selalu berubah sesuai dinamika pergerakan pasar bursa. Permintaan serta penawaran sangat berpengaruh pada harga.

  1. Perhatikan Batas Waktu

Batas waktu transaksi atau cut off time adalah pukul 13.00 WIB pada hari bursa. Jika melakukan jual atau beli sebelum batas waktu, maka Anda memperoleh harga NAB sesuai tanggal transaksi.

  1. Mendapatkan Informasi Pembelian

Jika sudah melakukan jual beli, nasabah akan mendapatkan surat konfirmasi transaksi, biasanya diterbitkan oleh bank kustodian atau penampung dana. Laporan mengenai perkembangan dana nasabah akan terbit setiap bulan.

  1. Melakukan Transaksi Setelah Melengkapi Dokumen

Tidak berbeda dari membuat rekening tabungan di bank, saat mendaftar nanti nasabah infovesta reksadana akan dimintai kelengkapan dokumen. Caranya adalah mengisi formulir dan membubuhkan tanda tangan, serta mengumpulkan persyaratan lainnya.

Persyaratan dokumen yang wajib diserahkan antara lain KTP serta NPWP perseorangan atau pribadi. Untuk institusi tertentu, wajib mencantumkan informasi mengenai anggaran dasar perubahan. Semua dokumen tersebut wajib menurut saran OJK.

BACA:  Infovesta Reksadana, Kenal dan Pahami untuk Bekal Masa Depan

Investasi Infovesta Reksadana, Berapa Modalnya?

Untuk para pemula yang tertarik menanam modal di berbagai instrumen, pasti akan bertanya-tanya mengenai jumlah modal minimum. Jumlah modal ini merupakan patokan dari jumlah keuntungan yang akan didapat.

Sebagai pemula di bidang investasi, sebaiknya pahami bahwa besaran nominal dalam menanam modal terbilang cukup terjangkau. Nominal tersebut besarnya tergantung perusahaan manajer investasi, mulai puluhan ribu sampai jutaan.

Sebelum beralih ke pembahasan jumlah minimal dana untuk menanam modal, pahami beberapa aspek di dalamnya agar tidak keliru. Instrumen reksadana mempunyai data dan penghitungan berbeda. Berikut ilustrasi penghitungannya.

Di sebuah tabel harga tertulis Schroder Dana Mantap mempunyai harga Rp 46.677. Jumlah minimal untuk menanam modal sebagai syarat untuk berinvestasi pada perusahaan tersebut adalah lima juta rupiah.

Jika Anda mempunyai dana sebesar atau lebih besar dari lima juta rupiah, maka bisa melakukan transaksi beli instrumen tersebut. Dengan harga dan jumlah minimal itu, investor akan mendapat 107,1191 unit.

Contoh lain, Anda bisa melihat tabel harga saham perusahaan A dengan harga Rp 25.000. Ketika melihat angka tersebut, nasabah bisa mempertimbangkan atau membandingkannya dengan yang lebih murah.

Membeli saham lebih murah namun dengan nominal sama, lima juta rupiah, memang akan mendapat unit yang lebih banyak. Namun ternyata asumsi tersebut kurang tepat, karena membeli saham minimal satu lot.

Jika satu lot saham berjumlah 100 lembar, maka Anda memerlukan dana sebesar Rp 2.500.000 untuk membelinya. Atau dengan lima juta rupiah, Anda memperoleh saham sebanyak 200 lembar atau 2 lot.

Ketika harga reksadana sebuah perusahaan sangat rendah, apabila jumlah minimum pembeliannya beberapa juta, maka Anda perlu mengikuti jumlah infovesta reksadana minimun tersebut. Maka lakukan transaksi sesuai jumlah minimal.

BACA:  Jurnal Pemasaran untuk Riset Pasar dan Desain Produk