Sebutkan latihan keseimbangan

Sebutkan latihan keseimbangan !

 

Jawaban:

Latihan keseimbangan tubuh bisa dilakukan dengan cara mengangkat satu kaki  atau bisa dilakukan dengan latihan duduk dan menarik badan kebelakang.

Pembahasan

Latihan keseimbangan tubuh adalah latihan yang bertujuan untuk menguatkan otot kaki dan meningkatkan keseimbangan tubuh. Organ yang bereran dalam keseimbangan tubuh adalah balance perception. Latihan kesimbangan tubuh sangat penting terutama bagi para lansia karena dapat meningkatkan kekuatan tubuh dan tidak mudah terjatuh. Otak, otot, dan tulang bekerja sama untuk menjaga kesimbangan tubuh. Ketiga organ tersebut merupakan sasaran penting yang harus dioptimalkan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Latihan yang rutin serta saran dari dokter sangat diperlukan untuk melakukan latihan keseimbangan.

Dasar untuk melakukan latihan keseimbangan yakni yang pertama adalah penguatan, setelah itu latihan penguatan diberikan tambahan dengan keseimbangan seperti berdiri dengan satu kaki, duduk dengan menarik badan kebelakang, dan lain sebagainya. Latihan keseimbangan tubuh dapat dilakukan dirumah dan dalam kegiatan sehari-hari mulai dari yang termudah hingga yang tersulit.

Macam-macam latihan keseimbangan tubuh yang mudah dilakukan yakni.

  1. Berdiri dengan mengangkat satu kaki.
  2. Berdiri dengan mengangkat satu kaki dan mata tertutup.
  3. Duduk dengan menarik aban kebelakang.
  4. Berjalan dengan beban di kepala.
  5. Jalan lurus mengikuti garis.
  6. Latihan duduk lalu berdir, dan masih banyak lainnya.