Terangkan bahwa indra peraba bersifat relatif dalam menentukan nilai derajat panas​

Terangkan bahwa indra peraba bersifat relatif dalam menentukan nilai derajat panas​ !

 

JAWABAN:

Indra peraba bersifat relatif dalam menentukan nilai derajat panas artinya indra peraba tidak tepat atau tidak akurat dalam mengukur berapa tepatnya suhu benda suhu.

Selai itu suhu panas dapat menyebabkan luka dan cedera serta suhu dingin dapat menyebabkan hipotermia.

Pembahasan:

Indra peraba manusia di kulit, seperti di kulit tangan dapat merasakan suhu hangat atau dingin. Namun tangan ini tidak dapat menentukan suhu secara pasti dalam angka. Misalnya, tangan tidak dapat menentukan berapa derajatkah suhu ruangan.

Selain itu, pada suhu sangat tinggi, kulit dapat melepuh, bila bersentuhan dengan benda panas. Luka melepuh ini dapat berbahaya.

Demikian pula bila kulit bersentuhan dengan benda sangat dingin, kondisi ini menyebabkan hipotermia yang berbahaya, karena dapat menyebabkan kerusakan organ pada tubuh manusia.

Karena itu perlu digunakan termometer dalam mengukur suhu. Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu, atau tingkat panas dan dingin. Termometer diperlukan karena indera pada manusia tidak baik dan tidak cocok dalam mengukur suhu.

Misalnya, suhu ruangan jika diukur dalam termometer berskala Celsius dapat menghasilkan pengukuran sebesar 225 derajat Celcius.