Sebutkan contoh peraturan tertulis dan peraturan tidak tertulis

Sebutkan contoh peraturan tertulis dan peraturan tidak tertulis !

 

 

Jawaban pendek:

Contoh peraturan tertulis: hukum pidana, undang-undang dasar.

 

Contoh peraturan tidak tertulis: hukum adat daerah.

 

Jawaban panjang:

 

Aturan tertulis adalah aturan yang dikodekan dan diformalkan dalam bentuk peraturan resmi. Aturan tertulis umumnya bersifat mengikat dan ditempatkan pada tempat yang mudah dilihat atau diumumkan agar diketahui oleh khalayak umum. Biasanya ada sanksi yang tegas dalam aturan tertulis.

 

Peraturan tertulis misalnya adalah perundang-undangan. Seperti undang-undang dasar, aturan kewarganegaraan, aturan lalulintas, dan aturan tentang pidana. Negara diatur dengan serangkaian aturan tertulis. Aturan tertulis ini berlaku untuk semua negara.

 

Sementara itu aturan tidak tertulis adalah peraturan yang disepakati secara informal atau diterapkan secara turun temurun. Aturan tidak tertulis umumnya lebih longgar dan tidak terlalu mengikat bila dibandingkan dengan aturan tertulis. Aturan tidak tertulis umumnya hanya berlaku pada kelompok tertentu saja di masyarakat saja. Sanksi dalam aturan tidak tertulis juga tidak setegas sanksi pada peraturan tidak tertulis.

 

Contoh aturan tidak tertuli adalah hukum adat, seperti larangan menikah semarga pada suku Batak, pantangan atau pamali di suku Sunda, sistem irigasi Subak di Suku Bali, adat pemakaman dan sebagainya. Aturan tidak tertulis ini berasal dari kebiasaan turun temurun, tanpa pernah disusun menjadi bentuk tertulis. Aturan ini hanya berlaku pada kelompok-kelompok suku tertentu tersebut.