Tanda-Tanda HP Kamu Sedang Disadap! Cek Dengan Cara Ini

cara mengetahui handphone disadap
Keamanan data privasi diri kita sangatlah penting untuk dijaga, karena data privasi tersebut memang tidak boleh diketahui oleh orang-orang. Namun tidak menutup kemungkinan data privasi kita akan di curi oleh orang yang tidak bertanggung jawab, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencuri data tersebut salah satunya yaitu dengan cara menyadap hp kita dan berbagai cara lainnya.

Pada pertengahan tahun 2009 lalu, mantan Presiden kita yaitu Bapak Susilo Bambang Yudhoyono bahkan pernah disadap oleh negara tetangga. Penyadapan tersebut berjalan hingga 15hari, jadi selama 15hari tersebut apa yang kita lakukan akan diketahui oleh si penyadap, nah Presiden saja bisa disadap apalagi kita.

Jadi disini sobat harus mengetahui apakah hp sobat menjadi korban penyadapan atau tidak, banyak cara yang sudah terbukti keampuhannya untuk mengetahui handphone disadap, sobat tinggal menggunakannya saja. Penyadapan sendiri berbagai macam, contohnya : penyadapan telepon, penyadapan sms, penyadapan whataspp dan berbagai penyadapan lainnya.

Nah, disini saya akan membagikan cara untuk mengetahui apakah hp sobat disadap atau tidak, jika sobat menjadi korban penyadapan saya akan membagikan juga bagaimana cara menghentikan penyadapan tersebut.

Cara Mengetahui Handphone Disadap

Jika sobat menjadi korban penyadapan biasanya terdapat tanda-tanda yang tidak normal, melalui tanda-tanda tersebut kita dapat mengetahui apakah sobat sedang disadap atau tidak. Tidak hanya melalui tanda-tanda saja, sobat juga dapat mengetahui penyadapan melalui kode, dimana nantinya kode tersebut dapat memberi informasi tentang penyadapan yang terjadi.

A. Tanda-tanda HP Kamu Sedang Disadap

Apabila tanda-tanda berikut ini terdapat pada hp sobat, maka bisa di pastikan penyadapan terjadi pada sobat. Beberapa tanda-tanda tersebut diantara lain.

1. Terdapat suara yang mengganggu saat teleponan
Tanda yang pertama yaitu terdapat suara aneh disaat sobat melakukan panggilan telepon. Suara-suara aneh tersebut biasanya datang dari volume hp yang berubah-ubah dengan sendirinya. Dari beberapa kasus suara-suara tersebut membuktikan bahwa sobat sedang dipantau oleh seseorang, bisa jadi itu keluarga sobat, pacar maupun teman.

2. Pesan WhatsApp sudah terbaca
Tanda selanjutnya yaitu dimaa pesan whatsapp yang sebelumnya belum sobat baca tiba-tiba sudah terbaca. Jika hal tersebut terjadi, bisa jadi whatsapp kamu sedang di sadap. Biasanya yang suka menyadap whatsapp yaitu pacar ataupun teman sobat sendiri, jadi silahkan sobat periksa kembali mungkin saja mereka yang melakukan.

3. Suhu HP terasa hangat
Jika sobat saat ini tidak sedang beraktifitas menggunakan hp, namun hp sobat terasa hangat ataupun panas sobat patut curiga, bisa jadi hp sobat sedang disadap. Aplikasi penyadapan bekerja dengan mengirimkan informasi korban ke server aplikasi secara terus menenus. Jadi tidak heran tiba-tiba hp yang sobat miliki suhu hangat, karena sobat menjadi korban penyadapan.

4. Penggunaan data meningkat secara tidak wajar
sobat wajib curiga apabila kuota internet sobat lebih cepat habis dari pada biasanya, padahal pemakaian masih seperti biasanya. Aplikasi penyadap sendiri memang membutuhkan koneksi internet untuk mengirimkan informasi pesan, telepon, foto dan media lain untuk mengirimkannya ke server aplikasi, jadi tidak heran apabila kuota internet sobat cepat habis.

5. HP Sulit Untuk Dimatikan
Tanda selanjutnya yaitu hp milik sobat susah untuk dimatikan atau shutdown. Saat hp dimatikan ia harus menutup aktivitas yang sebelumnya sedang berjalan, jadi jika ada aktivitas penyadapan hp akan memakan waktu lama untuk mati total, terkesan sangat lama. Bisa saja saat sobat berusaha mematikan hp, aplikasi sedang mengirimkan data telepon dan data lainnya keserver, jadi proses shutdown sedikit lebih lama dari sebelumnya.

B. Cara Mengetahui HP Disadap Dengan Code Dan Mengatasinya

Selain beberapa tanda yang sebelumnya sudah saya jelaskan diatas, sobat juga dapat mengetahui penyadapan melalui code. Code tersebut nantinya dapat membantu sobat untuk melihat secara detail apakah sobat benar-benar disadap atau tidak, berikut caranya :

1. Mengetahui HP Disadap Menggunakan Kode *#21#
  1. Silahkan sobat ketik *#21# atau bisa juga menggunakan code *#61# pada hp sobat.
  2. Selanjutnya silahkan sobat lakukan panggilan telepon dan sobat akan melihat informasi seperti gambar.
    cara mengetahui handphone disadap
  3. Jika pada hp sobat bertuliskan Tidak diteruskan atau Not forwarding maka sobat dapat bernafas dengan lega, karena tidak ada yang menyadap sobat. Namun, apabila bertuliskan diteruskan atau forwading bisa di pastikan hp sobat sedang disadap.
Untuk sobat yang memiliki bacaan diteruskan atau forwading, sobat tidak perlu khawatir karena ada code untuk memberhentikan penyadapan tersebut, berikut cara mengatasi hp disadap :

2. Menghentikan Penyadapan Menggunakan Kode *#002#
  1. Silahkan ketik kode *#002# dan silahkan sobat lakukan panggilan.
  2. Setalah itu, secara otomatis pesan yang sebelumnya diteruskan atau forwading akan dihapus.
  3. Sekarang sobat bisa menggunakan hp sobat dengan tenang tanpa memikirkan penyadapan.
  4. Selesai.

3. Menghentikan Penyadapan Dengan Factory Reset
Terkadang beberapa penyadap menyembunyikan aplikasi yang digunakannya entah dimana, semua bertujuan agar kita tidak dapat dengan mudah menghapus aplikasi tersebut. Nah, jika sobat tidak menemukan aplikasi yang dicurigai sebagai alat untuk melakukan penyadapan, sobat bisa melakukan factory reset terhadap hp sobat.

Sebelumnya saya telah membahas bagaimana cara melakukan factory reset tersebut, sobat tinggal mengikuti cara yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya

Akhir Kata

Nah, begitulah cara mengetahui hp disadap dan beberapa tanda umum hp yang sedang disadap. Dengan mengetahui ciri-ciri diatas sobat kemudian bisa melakukan pencegahan dengan cara yang sudah saya jelaskan diatas, dengan begitu orang tidak akan bisa lagi menyadap hp sobat.

Belum ada Komentar untuk "Tanda-Tanda HP Kamu Sedang Disadap! Cek Dengan Cara Ini"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak "Beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel