4 Cara Mudah Memperbaiki HP BootLoop Tanpa Ketukang Service

Cara Mengatasi HP Bootloop
Cara Mengatasi HP Bootloop Dengan Mudah - Bagaimana cara memperbaiki hp bootloop pada android yang kita miliki? Untuk memperbaikinya sangatlah mudah, jika sobat mengetahui setiap langkah-langkahnya. Jika sobat tidak mengetahui langkah-langkahnya silahkan baca artikel ini sampai habis, karena pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa tutorial cara mengatasi hp bootloop tersebut.

Bootloop sendiri merupakan kegagalan sebuah sistem android, yang biasanya di tandai dengan hp mati total dan hp hanya menampilkan logo android saja. Jika salah satu masalah tersebut sobat alami, maka bisa di pastikan hp sobat mengalami bootloop. Bootloop sendiri terbagi menjadi tiga jenis sesuai dengan tingkat kerusakan yang di sebabkan. Berikut ini tiga Jenis BootLoop :

3 Jenis Bootloop

1. Bootloop Ringan
Bootloop dengan jenis ini biasa dapat di tandai dengan hp tiba-tiba mati saat di hidupkan dan tidak beberapa lama hp akan kembali hidup seperti biasanya.

2. Bootloop Biasa
Tidak jauh berbeda dengan jenis bootloop ringan, bootloop jenis ini bisa di tandai dengan hp mampu menyala akan tetapi stuck pada logo android saja. Bootloop ini akan menampilkan logo saja dan tidak mau masuk ke sistem android.

3. Bootloop Parah
Bootloop jenis ini sangat sering sekali terjadi pada semua jenis hp android, biasanya bootloop parah di tandai dengan android hanya mengeluarkan suara dan tidak sama sekali menampilkan apa-apa. Bahkan dalam beberapa kasus, bootloop jenis ini bisa membuat hp tidak menyala sama sekali atau mati total.

Nah, jika hp kesayangan sobat sudah mengalami salah satu dari tiga jenis bootloop tersebut, sobat tidak perlu panik dan jangan terburu-buru untuk mengantarkannya ke tukar service. Karena sebenarnya untuk memperbaiki hp bootloop tersebut sangatlah mudah, hanya saja sobat tidak mengetahui bagaimana cara-caranya. Sobat bisa mencoba cara mengatasi bootloop pada artikel kali ini

Penyebab HP Bootloop Yang Jarang Di Ketahui

 1. Kesalahan Saat Memodifikasi Sistem.
Memodifikasi sistem biasa di kenal sebagai root. Root sendiri merupakan perbuatan ilegal yang dapat menghilangkan beberapa sistem serta dapat menambahkan sistem baru yang sebelumnya tidak sobat miliki.

Dengan melakukan root maka sobat dapat mengkontrol hp android dengan sepenuhnya (tanpa ada larangan sama sekali). Akan tetapi hal yang harus sobat ketahui, saat sobat melakukan root dan proses root tersebut tidak berhasil sepenuhnya akan mengakibatkan ketidak stabilan pada sistem android, dan hal yang lebih fatal dapat membuat hp sobat menjadi bootloop.

2. Kesalahan Saat Melakukan Flashing Custom ROM
Flashing Custom ROM merupakan salah satu penyebab hp sobat menjadi bootloop. Flashing Custom ROM sendiri bertujuan untuk memodifikasi data-data yang ada pada ROM, dengan melakukan flashing sobat akan dapat mempercepat kinerja dari hp android yang sobat miliki.

Namun ketika proses flashing tidak berjalan dengan lancar atau mengalami kegagalan saat flashing, dapat mengakibatkan hp sobat mengalami bootloop parah. Jadi hindari Flashing Custom ROM mulai sekarang.

3. Kesalahan Saat Kelamaan Menggunakan Ponsel
Kesalahan ke tiga ini mungkin sangat jarang yang mengetahui, pasalnya penyebab ini di akibatkan dari terlalu lamanya hp di gunakan. Mungkin sobat pecinta game, sampai-sampai saat bermain game sobat melupakan kondisi hp yang sedang di gunakan. Hp yang terus-terusan digunakan akan menyebabkan panas yang tidak menentu.

Saat hp mengalami panas yang cukup tinggi, biasanya hp akan mati total dan tidak dapat di nyalakan kembali. Saya hanya mengingatkan sobat, saat sobat bermain game perhatikan juga panas dari hp yang sobat gunakan, jika panas sudah berlebihan hentikan aktivitas game dan istirahatkan hp sobat selama 1jam-3jam.

Nah, itulah beberapa penyebab hp menjadi bootloop yang jarang sekali di ketahui oleh orang-orang. Pastikan saat ini dan kedepannya sobat menjauhi ketiga penyebab diatas, agar hp sobat terhindar dari bootloop yang tidak diinginkan.

4 Cara Mengatasi Hp Bootloop Tanpa PC

Nah, pada tahapan ini sobat akan saya pandu untuk bisa mengatasi hp yang terlanjut bootloop. Disini saya akan memberikan tutorial dari cara mengatasi bootloop ringan, sedang dan bootloop parah, jadi silahkan sobat sesuaikan dengan jenis bootloop yang sobat alami.

1. Mengatasi Dengan Merestart HP

Jika bootloop ringan terjadi, sobat bisa mengatasinya dengan cara merestart hp tersebut dan silahkan cabut sim card (kartu sim) + baterai + kartu memori yang ada pada hp sobat. Selanjutnya silahkan sobat diamkan hingga 10-15 menit dan silahkan sobat pasang sim card + baterai + kartu memori dan hidupkan kembali hp tersebut.

Proses ini terbukti ampuh untuk mengatasi jenis bootloop ringan, silahkan sobat coba.

2. Mengatasi Dengan Menghapus Cache Sistem

Cara paling gampang yang bisa sobat terapkan untuk memperbaiki hp bootloop yaitu dengan membersihkan cache/sampah pada sistem pada hp sobat. Mungkin sobat bertanya-tanya bagaimana caranya membersihkannya, saya kan tidak bisa mengakses menu di dalamnya? Nah, untuk menjawab pertanyaan sobat tersebut silahkan sobat ikuti langkah-langkah berikut ini :
  1. Silahkan sobat tekan tombol Power + Volume Down selama mungkin hingga logo hp timbul pada layar.
  2. Setelah logo muncul silahkan sobat lepaskan tombol yang ditekan sebelumnya.
  3. Sobat akan menemukan menu Recovery Mode, silahkan masuk kemenu tersebut.
  4. Selanjutnya silahkan sobat pilih menu Advance dan pilih kembali menu Wipe Dalvik Cache.
  5. Silahkan sobat pilih kembali menu Mounts & Storage dan selanjutnya pilih opsi Wipe/Cache.
  6. Tekan Yes/Ya untuk menyelesaikan proses tersebut.

3. Mengatasi Dengan Factory Reset

Jika bootloop jenis parah terjadi, sobat bisa mengatasinya dengan cara melakukan factory reset. Disini saya akan memberikan bagaimana cara melakukan factory reset tersebut. Cara untuk masuk ke menu factory reset pada setiap hp akan berbeda-beda, selain merek hp di bawah ini sobat bisa masuk ke factory reset seperti biasa. 

Cara seperti biasa yaitu hp dalam keadaan mati dan tekan tombol volume up + volume down + power secara bersamaan.

  1. Huawei : Menekan tombol Power + Volume UP secara bersamaan.
  2. Advan : Tombol Power + Volume UP.
  3. Samsung : Tombol Power + Volume UP atau Home + Power + Volume UP.
  4. Asus : Tombol Power + Volume UP hingga muncul logo asus.
  5. LG : Tombol Home + Volume UP + Power.
  6. HTC : Tombol Home + Volume Down + Power.
Jika sobat sudah berhasil masuk ke factory reset, maka langkah selanjutnya yang harus sobat lakukan adalah melakukan tripel wipe, berikut cara melakukannya :
  • Gunakan tombol volume up (+) dan volume down (-) untuk menggerakkan kursor serta gunakan tombol power sebagai tombol ok/yes.
  1. Pertama yang harus sobat lakukan adalah mengarahkan kursor ke menu factory reset/ wipe data dan tekan tombol power.
  2. Langkah berikutnya arahkan kursor pada Yes- Delete all user data dan tekan tombol power sekali lagi.
  3. Tunggu hingga proses penghapusan selesai.
  4. Proses mengatasi hp android bootloop selesai.
Tunggulah hingga proses restart selesai, waktu yang di butuhkan saat botting sedikit cukup lama hingga 15 menit, jika ponsel sobat sudah bekerja seperti biasanya maka sudah di pastikan proses selesai dengan sempurna. Namun jika proses tetap gagal, sobat bisa mencari custom ROM atau firmware yang banyak di sediakan di google.

4. Mengatasi Dengan Membersihkan Wipe Cache Partition

Cara berikutnya yang bisa sobat lakukan yaitu dengan cara melakukan Wipe Cache Partition. Cara ini akan membersihkan cache/sampah pada partisi memori sobat, caranya juga hampir sama dengan cara melakukan Factory reset. Cara ini biasanya dilakukan untuk memperbaiki bootloot jenis sedang atau medium, untuk cara melakukannya sabagai berikut :
  1. Silahkan tekan tombol Power + Volume Down hingga logo ponsel tampil pada layar.
  2. Setelah logo muncul, silahkan sobat lepaskan tombol yang ditekan dan selanjutnya silahkan sobat masuk ke menu Recovery Mode.
  3. Selanjutnya silahkan sobat pilih Wipe Cache Partition.
  4. Untuk menyelesaikan proses ini silahkan sobat konfirmasi dengan pilih Yes/Ya.
  5. Selesai.

Akhir Kata

Nah, begitulah cara memperbaiki hp bootloop. Silahkan sobat ikuti langkah demi langkah yang sudah saya jelaskan diatas, tanpa ada satupun langkah yang di lewati. Jika sobat mengalami kesulitan silahkan sobat berkomentar pada kolom komentar yang sudah di sediakan. Sekian ulasan kali ini semoga dapat bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Mudah Memperbaiki HP BootLoop Tanpa Ketukang Service"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak "Beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel