3 Cara Mengembalikan Foto Yang Tidak Sengaja Terhapus Di Android Dengan Mudah - Kisarantech

3 Cara Mengembalikan Foto Yang Tidak Sengaja Terhapus Di Android Dengan Mudah

cara mengembalikan foto yang terhapus
Pada tutorial Android kali ini, saya akan membagikan bagaimana cara mengembalikan foto yang terhapus di android dengan sangat mudah. Kehilangan foto-foto yang selama ini disimpan memang sangat menyedihkan, apalagi foto-foto tersebut menyimpan banyak kenangan yang memang tidak bisa dilupakan.

Setiap orang tentu pernah melakukan ketidak sengajaan, sama seperti anda atau adik, teman yang saat ini tidak sengaja menghapus beberapa foto kesayangan anda. Anda tidak perlu lagi khawatir dan takut akan kehilangan foto-foto tersebut, karena disini saya memiliki cara agar anda bisa mengembalikan foto yang terhapus tanpa sengaja tersebut.

Namun, hal yang harus anda ketahui adalah terkadang cara pada artikel ini tidak dapat mengembalikan keseluruhan foto yang terhapus, dalam kata lain hanya beberapa foto saja yang bisa dikembalikan seperti semula. Akan tetapi tidak ada salahnya jika anda coba menerapkannya, kali saja anda beruntung dan semua foto-foto anda kembali semua.

Untuk menerapkan cara pada artikel kali ini, anda memerlukan beberapa aplikasi untuk membantu mengembalikan foto kesayangan anda. Anda dapat mendownload aplikasi-aplikasi yang akan digunakan secara gratis di playstore, silahkan anda ikuti setiap langkah-langkah yang ada pada artikel ini agar foto-foto anda kembali seperti semula.

3 Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di Android

Pada artikel kali ini saya memiliki dua cara yang bisa anda terapkan untuk mengembalikan foto yang terhapus tersebut, kedua cara ini memiliki kelebihan masing-masing dalam mengembalikan file yang terhapus.

Poin penting yang akan dibahas pada artikel ini :
  1. Mengembalikan Foto Yang Terhapus Tanpa Aplikasi.
  2. Mengembalikan Foto Yang Terhapus Dengan Menggunakan Aplikasi
Silahkan anda ikuti tutorial berikut ini dengan benar dan jangan ada yang terlewati, tutorialnya sebagai berikut :

1. Mengembalikan Foto Yang Hilang Tanpa Aplikasi


1. Merestart Android
Jika anda tidak pernah sama sekali menghapus foto yang anda miliki dan foto-foto anda hilang secara tiba-tiba, anda bisa mencoba untuk melakukan restart terhadap hp android yang anda miliki. Terkadang android secara otomatis memperbarui aplikasi-aplikasi yang terinstall, bisa jadi karena adanya penginstallan tersebut memori hp anda menjadi erorr dan menyebabkan file foto anda menghilang.

Untuk itu silahkan anda restart hp android yang anda miliki dan silahkan anda lepaskan kartu memori yang ada, silahkan anda bersihkan kuningan pada memori dengan penghapus pensil secara perlahan-lahan.

2. Mengembalikan Foto Yang Terhapus Dengan Aplikasi


Cara kedua untuk mengembalikan file yang terhapus di android yaitu dengan menggunakan beberapa aplikasi, aplikasi-aplikasi berikut ini sangat power full dalam mengembalikan file foto dan file-file lainnya dan aplikasi-aplikasi ini sangat di rekomendasika untuk digunakan. Silahkan anda ikuti cara mengembalikan file foto yang terhapus dengan aplikasi berikut ini :

#1. Menggunakan Aplikasi Recuva
Aplikasi ini hanya bekerja pada PC/Laptop, jadi anda tidak bisa menggunakan aplikasi ini dengan hp yang anda miliki. Berikut ini cara menggunakan Recuva :
  1. Download dan install terlebih dahulu Recuva.
  2. Selanjutnya silahkan hubungkan android anda ke PC dengan menggunakan card reader.
  3. Silahkan anda pilih File yang mau di recover, jika anda ingin mengembalikan semua file silahkan anda pilih All Files dan kemudian silahkan anda klik Next.
    cara mengembalikan foto yang terhapus
  4. Pilih folder lokasi file yang mau anda recover, silahkan anda klik tombol Browser dan selanjutnya silahkan anda klik Next.
    cara mengembalikan foto yang terhapus
  5. Centang pada opsi Enable Deep Scan untuk memaksimalkan kerja Recuva dan kemudian silahkan anda klik Start. Proses pencarian file foto yang terhapus akan memakan waktu yang lama, silahkan anda tunggu hingga proses pencarian file selesai.
    cara mengembalikan foto yang terhapus
  6. Setelah proses pencarian selesai, anda akan melihat beberapa file yang berhasil ditemukan Recuva. Selanjutnya silahkan anda klik State untuk mengurutkan file berdasarkan status dan silahkan anda klik tombol Switch to advanced mode untuk melihat opsi lainnya yang bisa anda gunakan.
    cara mengembalikan foto yang terhapus
  7. Anda juga bisa mencari file tertentu dengan cara mengisi kolom pencarian dengan mengklik tombol panah.
    cara mengembalikan foto yang terhapus
  8. Setelah menemukan file foto yang ingin anda kembalikan, silahkan anda centang pada kotak sebeleh kiri dan klik rombol recover.
    cara mengembalikan foto yang terhapus
  9. Silahkan anda tentukan dimana akan di tempatkan file recoveran tersebut, jika sudah silahkan anda klik tombol OK.
    cara mengembalikan foto yang terhapus
  10. Silahkan anda cek pada tempat yang anda tentukan sebelumnya apakah foto-foto yang terhapus sudah kembali, jika sudah proses selesai.

#2. Menggunakan Aplikasi Undeleter Recover File
Aplikasi Undeleter Recover File bisa anda dapatkan secara gratis di playstore, namun pada versi gratis aplikasi ini hanya bisa membantu anda mengembalikan foto yang terhapus, SMS dan beberapa file lainnya. Aplikasi ini bisa di gunaka apabila hp android anda sudah dalam keadaan root, jika hp anda belom diroot sebaiknya lakukan root terlebih dahulu. Anda bisa membaca paduan cara root android dengan kingroot pada artikel sebelumya

Berikut ini cara menggunakan Undeleter Recover File :
  1. Langkah pertama, silahkan terlebih dahulu anda download aplikasi Undeleter Recover File di playstore.
  2. Selanjutnya silahkan anda install aplikasi tersebut pada hp android yang anda miliki.
  3. Jika dimintai akses root, silahkan klik izinkan dan silahkan anda pilih restore file.
    aplikasi mengembalikan foto yang terhapus
  4. Selanjutnya silahkan anda pilih penyimpanan mana yang akan anda pulihkan kembali datanya.
  5. Selanjutnya anda akan melihat dua pilihan diantara Journal Scan dan Deep Scan (Journal Scan berfungsi menscan semua file yang terhapus termasuk foto-foto anda, sedangkan Deep Scan anda bisa memilih file apa yang mau anda scan).
    aplikasi mengembalikan foto yang terhapus
  6. Setelah anda pilih salah satunya, selanjutnya silahkan anda tekan scan yang berada di sudut kanan bawah.
  7. Silahkan anda tunggu hingga proses scan selesai, jika proses scan selesai silahkan anda pilih file mana yang ingin anda kembalikan.
  8. Setelah anda berhasil menemukan file yang ingin di kembalikan, selanjutnya silahkan anda klik file tersebut dan tekan icon save yang ada pada sudut kanan atas lalu pilih Restore item.
    aplikasi mengembalikan foto yang terhapus
  9. Tunggulah hingga proses selesai, setelah selesai silahkan anda cek ke galery hp anda apakah foto sudah kembali, jika sudah kembali proses pengembalian foto selesai.

#3. Mengembalikan Foto Yang Terhapus Dengan DigDeep Image Recovery
Cara mengembalikan foto yang hilang dengan DigDeep Image Recovery sebagai berikut :
  1. Silahkan anda download dan install aplikasi DigDeep Image Recovery di hp anda.
  2. Selah terinstall, selanjutnya silahkan anda buka aplikasi tersebut.
  3. Aplikasi akan melakukan loading selama 5-10 menit untuk mencari file anda yang terhapus.
  4. Setelah proses scan selesai, anda akan melihat beberapa foto yang sebelumnya terhapus. Selanjutnya silahkan anda pilih foto mana yang ingin anda kembalikan.
  5. Langkah selanjutnya silahkan anda klik pada foto yang ingin anda kembalikan dan klik Restore pada bagian bawah aplikasi.
  6. Anda akan melihat penyimpanan foto yang anda kembalikan, silahkan anda cek pada penyimpanan yang tertera.
  7. Proses selesai.
    mengembalikan foto yang terhapus
Jika anda tidak menemukan foto yang anda cari, maka anda membutuhkan bantuan komputer untuk mengembalikan file yang terhapus tersebut. Memang dengan beberapa aplikasi di atas terkadang tidak bisa mencari foto yang terhapus secara lengkap, untuk itu silahkan anda gunakan komputer untuk menemukan file-file yang hilang tersebut.

Akhir Kata

Nah, begitulah cara mengembalikan foto yang terhapus disengaja ataupun tidak sengaja dengan menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda mengembalikan foto-foto anda tersebut, jika anda memiliki pertanyaan silahkan anda berkomentar pada kolom komentar yang sudah tersedia. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel