Cara Mengatasi HP Bootloop Dengan Sangat Mudah 100% Berhasil

cara mengatasi hp bootloop
Bootloop merupakan salah satu masalah yang cukup serius bagi para pengguna android, masalahnya ketika bootloop terjadi maka hp android yang anda miliki tidak akan bisa di gunakan lagi. Biasanya saat hp di hidupkan akan menampilkan logo dan loading yang cukup lama, bahkan tidak bisa masuk ke sistem seperti biasanya.

Banyak cara mengatasi hp bootloop yang bisa di gunakan dan di terapkan ke hp anda, beberapa caranya akan dibahas pada artikel kali ini. Namun cara memperbaiki hp bootloop tidak semudah yang dipikirkan hal tersebut karena jenis hp saat ini sudah berbeda-beda, anda tidak perlu khawatir karena disini saya mempunya cara yang dapat memperbaiki bootloop pada semua jenis hp.

Disini saya tidak hanya membahas bagaimana cara memperbaikinya saja, saya juga akan membahas beberapa jenis bootloop dan penyebab yang membuat hp menjadi bootloop. Dengan begitu nantinya anda akan dapat menghindari penyebab-penyebeb tersebut dan dapat terhindar dari bootloop untuk kedua kalinya, berikut ini beberapa jenis bootloop yang ada :

1. Bootloop Ringan
Bootloop jenis ringan ini biasanya ditandai dengan hp tiba-tiba mati saat sedang digunakan dan setelah itu hp akan hidup secara sendirinya. Bootloop jenis ini tidak terlalu berbahaya pada hp android, jadi anda tidak perlu khawatir apabila tanda-tanda itu terjadi.

2. Bootloop Biasa
Jenis bootloop ini tidak berbeda jauh dengan jenis bootloop sebelumnya, botloop dengan jenis ini bisa anda tandai dengan hp bisa menyala dan menampilkan logo akan tetapi hp akan stuck pada menu tersebut (stuck pada bagian logo saja).

3. Bootloop Parah
Bootloop yang satu ini merupakan salah satu jenis bootloop yang sangat sering sekali terjadi pada setiap android, bootloop ini bisa ditandai dengan hp mati total dan tidak bisa dihidupkan kembali seperti biasanya.

3 jenis bootloop diatas merupakan jenis bootloop dengan tingkah kerusakan yang berbeda-beda dan disebabkan oleh beberapa penyebab yang berbeda pula. Nah berikut ini merupakan beberapa penyebab yang umum sekali terjadi yang dapat menyebabkan hp anda menjadi bootloop, beberapa penyebab tersebut sebagai berikut :

Penyebab HP Bootloop


Anda tentunya sudah tau pribahasa "Tidak akan ada asap tanpa api". Nah, bootloop sendiri tidak akan terjadi apabila tidak ada yang terjadi pada hp android anda. Bootloop sendiri biasanya terjadi akibat anda mengotak atik sistem android tersebut dan merusak berbagai sistem, tidak hanya itu banyak penyebab lain yang membuat android bootloop. Berikut ini beberapa penyebabnya :

  • Melakukan Root Tetapi Gagal
Masalah bootloop pertama yang sering sekali terjadi yaitu salah melakukan root terhadap hp android yang dimiliki. Pernahkan anda melakukan root dan gagal? Jika pernah hal tersebut merupakan penyebabnya utamanya. Saat melakukan root berarti anda sedang melakukan perubahan terhadap sistem android sebelumnya, jika perubahan tersebut tidak sempurna maka akibatnya android bisa bootloop seketika.

Jika anda ingin melakukan root sebaiknya mengikuti cara yang benar, anda bisa mengikuri cara root android dengan kingroot pada artikel sebelumnya yang sudah saya buat.

  • Bermain Game Hingga HP Panas
Pernahkah anda bermain game hingga keadaan hp anda menjadi sangat panas? Sangkingkan asiknya bermain game anda sampai lupa jika hp anda sudah dalam keadaan panas, hp yang panas juga merupakan penyebab dari bootloopnya hp. Hal ini terjadi karena hp bekerja melampaui batasan-batasan yang dimiliki.

Jika hp sudah mencapai panas yang tinggi, biasanya hp akan secara tiba-tiba mati dan tidak bisa dihidupkan. Sebaiknya aktifitas bermain game anda dikurangi, lihat apabila hp sudah memanas sebaiknya berhenti dan istirahatkan hp anda agar kembali dingin seperti semula.

Baca juga : Cara Melacak Nomor HP Di Android Dengan Mudah 100% Berhasil Ketemu

  • Kesalahan Saat Melakukan Flashing Custom Rom
Flashing costom rom merupakan salah satu penyabab android menjadi bootloop, dengan melakukan custom rom hp android anda akan melakukan kinerjanya dengan cepat tidak seperti biasanya. Costom rom sendiri bertujuan untuk memodifikasi beberapa data yang ada pada rom.

Namun jika proses flashing tidak selesai dengan sempurna atau mengalami kegagalan dapat mengakibatkan hp menjadi bootloop parah.

Masih banyak beberapa penyebab lainnya, namun saya hanya memberi beberapa penyebab yang umum saja. Selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara memperbaiki hp bootloop tersebut, saya memiliki banyak cara dan silahkan anda ikuti cara-cara berikut ini :

Begini Cara Mengatasi HP Bootloop Tanpa PC


1. Memperbaiki Bootloop Ringan
Jika bootloop jenis ringan terjadi pada hp anda, anda bisa memperbaikinya dengan cara melepaskan baterai hp yang ada dan selanjutnya silahkan anda pasang kembali baterai tersebut. Setelah anda pasang selanjutnya silahkan anda coba untuk menyalakan hp anda kembali.

Proses mencabut baterai sangat ampuh untuk memperbaiki bootloop jenis ringan tersebut, jika tidak bisa juga coba untuk ketahap selanjutnya.

2. Memperbaiki Bootloop Biasa
Untuk memperbaiki bootloop jenis ini anda memerluka bantuan laptop maupun pc. Laptop dan pc sendiri berfungsi untuk dapat memback up file yang ada pada recovery CWM. Saya tidak menyediakan cara mengatasi hp bootloop jenis biasa ini karena jenis ini sangat jarang sekali terjadi, apabila bootloop ini terjadi anda bisa mencarinya di google.

3. Memperbaiki Bootloop Parah
Cara memperbaiki hp bootloop jenis parah ini banyak sekali caranya, anda tidak perlu membawanya ke konter karena anda bisa melakukannya sendiri. Silahkan anda ikuti cara-cara berikut ini apabila hp anda mengalami bootloop jenis parah :

Baca juga : 3 Cara Mengatasi Touchscreen Android Tidak Berfungsi Atau Tidak Bisa Disentuh

#1. Bersihkan Cache Dalvik
  • Langkah pertama silahkan anda matikan hp android yang mengalami bootloop semati-matinya, anda bisa melepas baterai hp tersebut dan diamkan hingg 3menit. Jika baterai tertanam maka silahkan anda tekan tombol power selama beberapa menit hingga perangkat mati total.
  • Langkah kedua, silahkan anda masuk ke menu recovery. Untuk masuk kemenu recovery setiap perangkat berbeda-beda, ada yang menekan tombol power + volume down + dan tombol power, silahkan anda sesuaikan dengan hp anda.
  • Setelah anda berhasil masuk, anda bisa menggunakan tombol volume, tombol power dan tombol home sebagai navigasi berpindah.
  • Selanjutnya silahkan anda cari menu Advance dan pilih menu opsi "Wipe dalvik-cache".
  • Setelah anda masuk kemenu Wipe, selanjutnya silahkan anda pilih menu "Mounts & Storage" dan silahkan anda pilih "Wipe/cache".
  • Selanjutnya silahkan anda Reboot/Restart hp android anda tersebut.
  • Selesai.

#2. Menghapus Semua Data File

Jika langkah pertama sudah anda terapkan dan masalah bootloop tidak juga teratasi, maka silahkan anda coba untuk menghapus data file pada hp android anda. Akan tetapi sebelum anda menghapus data-data tersebut pastikan anda sudah membackup data-datanya. Berikut ini cara membackup dan menghapusnya : 
  • Langkah pertama silahkan anda masuk kemenu Recovery pada hp android anda, untuk masukknya anda bisa mengikut cara pertama diatas.
  • Langkah kedua silahkan ada pilih menu "Backup & Restore" dan pilih menu "Backup".
  • Langkah selanjutnya silahkan anda pilih menu "Mounts & Storage" dan pilih menu "Wipe/Data".
  • Dan selanjutnya silahkan anda pilih menu "Wipe/Cache", setelah berhasil selanjutnya silahkan anda reboot hp anda tersebut.


#3. Koreksi Permission HP Anda

Jika masalah bootloop disebabkan oleh permission, maka silahkan anda perbaiki permissionnya. Memperbaikinya sangat mudah, berikut ini langkah-langkah cara memperbaiki permission tersebut :
  • Langkah pertama silahkan anda masuk kemenu "Recovery".
  • Selanjutnya silahkan anda buka menu "Advanced".
  • Setelah masuk kemenu Advanced silahkan anda pilih menu opsi "Fix Permissions" dan silahkan anda restart hp android anda tersebut.
  • Selesai.

Akhir Kata

Nah, begitulah cara mengatasi hp bootloop dengan jenis bootloop yang berbeda-beda. Cara diatas merupakan gambaran umum dan tidak bisa diterapkan kesemua jenis hp android, anda bisa mencari di google untuk dapat mengatasi bootloop pada hp android anda secara lengkap dengan jenis hp yang sama. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda, terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi HP Bootloop Dengan Sangat Mudah 100% Berhasil"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak "Beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel