Tutorial Cara Menambah Memori Internal Android Tanpa Root Dengan Mudah - Kisarantech

Tutorial Cara Menambah Memori Internal Android Tanpa Root Dengan Mudah

cara menambah memori internal
Sama seperti Flashdisk dan Hardisk, jika dilihat dari fungsinya memori internal memiliki fungsi sebagai media penyimpanan data pada hp android. Memori internal sendiri sudah disediakan di setiap perangkat mau itu mobile ataupun pc, dengan adanya memori internal nantinya anda dapat di mudahkan untuk menyimpan file atau berkas-berkas yang sekiranya penting untuk disimpan.

Untuk kapasitas sebuah memori internal sendiri tentu berbeda-beda, ada yang hanya memiliki kapasitas dalam satuan MB dan ada juga yang memiliki kapasitas dalam satuan GB. Namun, untuk saat ini ada beberapa smartphone yang menyediakan kapasitas memori internal hingga puluhan giga besarnya, dengan memori internal yang besar anda dapat menyimpan file-file yang berukuran besar pada hp android anda.

Lantas bagaimana cara menambah memori internal android yang sebelumnya hanya memiliki kapasitas kecil menjadi lebih besar? Disini saya memiliki cara menambah memori internal yang mungkin bisa anda coba untuk memperbesar memori yang anda miliki, dengan begitu memori internal anda akan memiliki kapasitas yang lebih besar dari sebelumnya.

Menambah Memori Internal Android Tanpa Root Dengan 4 Cara


Pada cara menambah memori internal kali ini saya akan menggunakan bantuan dari beberapa aplikasi penambah memori internal, beberapa aplikasi tersebut yaitu Link2SD, Mini Tool Partition dan GOM Saver. Saya akan membuatkan tutorial menggunakan aplikasi penambah memori internal diatas, silahkan anda ikuti satu persatu tutorial yang ada. Berikut ini tutorialnya :

1. Memperbesar Memori Internal Dengan Aplikasi Link2SD

  • 1. Lilahkan anda download terlebih dahulu aplikasi Link2SD di playstore.
  • 2. Jika sudah berhasil anda download selanjutnya silahkan anda install aplikasi tersebut pada android yang ingin anda perbesar memori internalnya.
  • 3. Setelah anda install, langkah selanjutnya silahkan anda masukkan SD Card ke hp anda dan silahkan anda jalankan aplikasi Link2SD dengan memilih ext 4.
  • 4. Selanjutnya silahkan anda restart/reboot hp android yang anda miliki.
  • 5. Setelah hp hidup kembali, silahkan anda buka kembali aplikasi Link2SD dan pastikan memori anda memiliki status Mouted. Jika statusnya tidak Mouted silahkan anda ulangi langkah-langkah diatas dari langkah ketiga, jika masih gagal silahkan anda coba mengganti ext 4 menjadi 3 ataupun 2.
  • 6. Setelah proses berhasil maka secara otomatis memori internal android anda akan bertambah dengan sendirinya.
  • 7. Selesai.


Langkah untuk menambah memori internal yang pertama ini memang cukup simpel dan mudah diterapkan, jika anda tidak berhasil menerapkan cara yang pertama maka silahkan anda cara berikutnya, berikut ini cara yang ke dua :

2. Memperbesar Memori Internal Dengan Aplikasi GOM Saver

  • 1. Silahkan anda install terlebih dahulu aplikasi GOM Saver.
  • 2. Setelah berhasul di install selanjutnya silahkan anda gunakan hp android anda hingga memori internalnya hampir penuh. Jika sudah mendekati penuh selanjutnya silahkan anda buka aplikasi GOM Saver dan silahkan anda ikuti langkah-langkah pada gambar dibawah ini.
    cara menambah memori internal
  • 3. Silahkan anda ulangi kembali langkah-langkah kedua, dengan sedikit perbedaan. Anda bisa melihat perbedaannya pada gambar dibawah, dengan begitu anda akan bisa menyimpan lebih banyak file di hp android anda.
    cara menambah memori internal
  • 4. Jika anda memiliki akun Google Drive, silahkan anda hubungkan dengan aplikasi GOM Saver. Dengan begitu anda akan mendapatkan tambahan penyimpanan gratis sebanyak 15GB dari Google Drive.
  • 5. Silahkan anda buka menu Setting dan silahkan anda pilih menu Google Drive dan silahkan anda klik menu Connect.
    cara menambah memori internal
  • Selesai.


Dengan menghubungkan android anda dengan Google Drive maka hp android anda akan memiliki tambahan penyimpanan yang cukup besar, anda tidak perlu khawatir lagi dengan memori internal yang penuh karena sekarang anda bisa menyimpan file-file anda di Google drive dengan menggunakan aplikasi penambah memori internal.

3. Memperbesar Memori Internal Dengan Aplikasi Mini Tool Partition

  • 1. Masih sama dengan kedua cara diatas, silahkan anda download terlebih dahulu aplikasi Mini Tool Partition di pc/laptop anda.
  • 2. Langkah selanjutnya silahkan anda sambungkan SD Card atau memori internal anda ke pc/laptop, silahkan anda tunggu hingga memori terbaca. Setelah terhubung selanjutnya silahkan anda klik kanan pada Micro SD dan pilih Delete (ini akan menghilangkan file-file di memori internal anda, jika anda tidak mau kehilangannya silahkan anda upload file-file anda ke google drive).
  • 3. Langkah selanjutnya silahkan anda buat partisi baru, untuk partisi pertama silahkan anda pilih File system FAT 32 yang nantinya file tersebut akan menjadi memori eksternal (silahkan anda sesuaikan dengan kapasitas penyimpanan anda). Silahkan anda simpan dengan nama sesuka anda dan pilih type primary dan file system FAT 32 lalu klik OK.
  • 4. Jika sudah berhasil, langkah selanjutnya silahkan anda buat kembali partisi yang keuda dengan system EXT 4 yang akan menjadi memori internal tambahan di hp android anda.
  • 5. Silahkan anda pilih Unallocated kemudian Creat Partition, untuk melanjutkan proses silahkan anda klik yes dan setting 1GB pada EXT 4. Selanjutnya silahkan anda simpan kembali dengan nama sesuka anda lalu simpan dengan type primary dengan file system EXT 4 dan silahkan anda klik OK.
  • 6. Langkah selanjutnya silahkan anda buat kembali partisi yang ketiga atau terakhir dengan menggunakan File system swap memori (File untuk meningkatkan kapasitas memori eksternal). Silahkan anda pilih Unallocated (sisa kapasitas memori anda) dan apabila muncul notofikasi silahkan anda klik yes saja untuk melanjutkan kelangkah berikutnya, selanjutnya silahkan anda buat label baru dan pilih type primary dengan file system Linux Swap kemudian klik OK.
  • Setelah proses diatas anda lakukan, langkah selanjutnya silahkan anda klik tombol Apply dan silahkan anda tunggu hingga proses memperbesar memori internal selesai.
  • Selesai.


Memang untuk menerapkan cara yang ketiga ini sangat ribet, akan tetapi cara ini sangat ampuh dan sudah terbukti untuk dapat menambah memori internal android anda. Silahkan anda pilih salah satu cara dari ketiga cara diatas, jika anda tidak berhasil juga silahkan anda coba cara terakhir berikut ini :

4. Cara Menambah Memori Internal Android Dengan Flashdisk

  • 1. Langkah pertama silahkan anda siapkan bahan-bahan yang akan digunakan yaitu USB Flashdisk (berfungsi untuk mengakses android yang anda miliki) dan Kabel OTG (berfungsi untuk mengubungkan flashdisk ke hp anda).
  • 2. Pastikan Flashdisk terbaca pada android anda, untuk mengeceknya anda bisa melihatnya melalui : Setting > Storage, pada menu Store akan terpasang, jika tidak terpasang silahkan anda klik Mouting.
  • 3. Setelah Flashdisk terpasang, maka akan secara otomatis memori internal anda akan bertambah, untuk mengakses penyimpanan tersebut anda bisa menggunakan aplikasi File Manager.
  • 4. Jika anda ingin melepaskan Flashdisk dari hp anda silahkan anda lakukan unmouting terlebih dahulu dengan cara masuk kemenu Setting > Storage .
  • 5. Selesai.


Akhir Kata

Nah, begitulah cara menambah memori internal android tanpa root sama sekali. Apakah anda berhasil menerapkan cara-cara diatas? Jika tidak anda bisa berkomentar pada kolom komentar yang sudah disediakan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda memecahkan masalah anda, terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel