Cara Mudah Memperbarui Layanan Google Play Terhenti Di Android

cara memperbarui layanan google play
Pernahkah anda menemui pesan sayangnya layanan google play telah berhenti saat sedang bermain game ataupun saat melakukan browsing? Jika pernah tentu anda tidak akan bisa melanjutkan aktifitas bermain game ataupun browsing sama sekali, hal yang harus anda lakukan apabila layanan google play terhenti yaitu anda harus memperbarui layanan google play tersebut, setelah di perbarui anda bisa melanjutkan aktifitas yang sebelumnya terhenti.

Mungkin anda bertanya-tanya apakah Google play store sama dengan Layanan google play? Keduanya tidaklah sama, Google play store merupakan tempat untuk mendownload beberapa aplikasi yang dibutuhkan android sedangkan layanan google play sendiri merupakan induk dari layanan google lainnya (termasuk google play store), jadi saat google play service mengalami masalah maka semua aplikasi yang berhubungan dengan google juga akan ikut bermasalah (tidak bisa digunakan).

Nah, kebetulan beberapa waktu yang lalu saya mengalami dimana google play service saya terhenti dan kabar baiknya saya bisa memperbarui google play service tersebut. Disini saya akan membagikan bagaimana cara saya memperbarui layanan google play yang terhenti, kali saja anda membutuhkannya. Silahkan anda ikuti langkah demi langkah memperbaikinya berikut ini :

Penyebab Layanan Google Play Terhenti


Sebelum anda masuk ketahap memperbaiki, sebaiknya anda terlebih dahulu mengetahui apa saja yang menjadi penyebab layanan google play tiba-tiba terhenti. Dengan begitu anda bisa mengurangi resiko terjadinya hal yang sama untuk kedua kalinya, beberapa penyebabnya sebagai berikut :

1. Menumpuknya Junk File (File Cache) Pada Android
Seperti yang selalu saya katakan pada artikel-artikel sebelumnya, jangan biarkan file cache menumpuk terus menerus tanpa dibersihkan sama sekali. File cache yang menumpuk dapat menyebabkan hp android anda menjadi lemot, bahkan dapat juga menyebabkan beberapa kerusakan pada sistem tertentu.

Memang file cache tersebut terlihat sepele, namun apabila file itu terus menerus menumpuk akan menjadi salah satu masalah yang cukup serius bagi android yang anda miliki. Untuk itu sebaiknya anda perhatikan kembali file cache yang ada dan sebaiknya anda lakukan pembersihan cache seminggu sekali agar tidak kembali terjadi kerusakan pada perangkat anda.

Jika layanan google play anda sudah terhenti anda bisa mengatasi dengan beberapa cara berikut ini, silahkan anda terapkan dengan benar agar anda mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga : 3 Cara Mengembalikan Foto Yang Tidak Sengaja Terhapus Di Android Dengan Mudah

Cara Memperbarui Layanan Google Play Terhenti


Jika layanan google play yang anda miliki terhenti, anda tidak perlu lagi khawatir dan tidak perlu juga untuk melakukan hard reset pada hp android yang anda miliki. Anda bisa memperbaikinya dengan sangat mudah bahkan tidak sampai memakan waktu 15 menit, anda bisa mengikuti beberapa cara yang akan saya jelaskan pada artikel ini untuk memperbarui google play service tersebut. Berikut ini cara memperbaikinya :

1. Perbarui Layanan Google Play Dengan Manual
  • Langkah pertama, silahkan anda restart hp android yang anda miliki terlebih dahulu dan setelah selesai silahkan anda cek apakah pesan sayangnya layanan google play telah berhenti sudah hilang, jika pesan tersebut masih ada silahkan anda lanjutkan ke proses selanjutnya.
  • Langkah kedua, silahkan anda buka menu Pengaturan > Manajemen aplikasi > Diinstal > dan silahkan anda cari aplikasi layanan google play dan silahkan anda buka.
    cara memperbarui layanan google play
  • Langkah ketiga, selanjutnya silahkan anda cari opsi "Hapus cache" dan klik pada opsi tersebut.
    cara memperbarui layanan google play
  • Langkah selanjutnya silahkan anda download atau perbarui google play service di play store atau anda juga bisa mendownloadnya melalui tautan ini.
  • Karena punya saya tidak mengalami masalah lagi maka tidak perlu saya perbarui, silahkan anda perbarui seperti biasanya dan cek kembali apakah masalah sudah teratasi, jika sudah proses sampai disini.
    cara memperbarui layanan google play
  • Selesai.


Namun apabila cara diatas tidak juga mampu mengatasi google play service yang terhenti, mungkin anda harus mencoba cara selanjutnya. Silahkan anda ikuti cara selanjutnya berikut ini :

2. Memperbarui Layanan Google Play Dengan Mendownload Ulang

Jika cara manual diatas tidak juga bisa mungkin aplikasi google play store juga ikut error, namun tidak perlu khawatir karena anda bisa menginstal ulang aplikasi tersebut. Silahkan terlebih dahulu anda lihat versi layanan google play yang anda miliki, setelah itu silahkan anda download versi aplikasi yang sama. Berikut cara mendownloadnya :
  • Langkah pertama, silahkan anda untuk aplikasi google play service tersebut pada tautan ini.
  • Silahkan anda samakan versi sebelumnya dengan versi yang akan anda download.
  • Setelah berhasil anda download langkah selanjutnya silahkan anda buka menu Pengaturan > Keamanan dan Privasi > lalu tab aktif pada menu Sumber tidak dikenal.
    cara memperbarui google play
  • Langkah selanjutnya silahkan anda instal aplikasi Layanan google play tersebut pada android kesayangan anda.
  • Proses memperbarui selesai.


Sekarang anda bisa mencoba membuka aplikasi sebelumnya yang meminta untuk memperbarui layanan google play, dapat dipastikan notifikasi tersebut tidak akan muncul kembali, selanjutnya silahkan anda nikmati.

Akhir Kata

Nah, begitulah cara memperbarui layanan google play terhenti dengan kedua cara yang sangat mudah, silahkan anda terapkan dengan benar. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda mengatasi masalah yang sedang anda alami, jika anda mengalami kesulitan silahkan anda bertanya pada kolom komentar. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Memperbarui Layanan Google Play Terhenti Di Android"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak "Beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel