Cara Melihat Password WiFi Yang Sudah Terhubung Di Android Dan Laptop

cara melihat password wifi yang sudah connect di android
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan kembali sebuah tutorial yang mungkin akan berguna buat anda, tutorial yang akan saya bagikan yaitu cara melihat password wifi yang sudah connect/terhubung di android dan pc yang anda miliki. Silahkan anda baca artikel ini hingga selesai, agar anda dapat melihat password wifi yang tersimpan di android ataupun pc yang anda miliki.

Berbicara mengenai koneksi internet memang tidak ada habisnya, siapapun yang ingin menggunakan internet tentunya harus memiliki koneksi internet terlebih dahulu. Koneksi internet sendiri bisa anda dapatkan melalui paket data ataupun melalui jaringan wifi (wireless fidelity), paket data bisa anda beli melalui konter-konter hp sedangkan jaringan wifi bisa anda temukan di cafe, resto dan tempat umum lainnya.

Seperti yang kita ketahui, untuk dapat terhubung pada wifi yang ada di cafe atau resto tentu anda akan menanyakan apa password wifi tersebut pada karyawan yang bekerja. Perlu anda ketahui, sebenarnya ada cara membobol password wifi yang terkunci tersebut, dengan begitu anda tidak perlu lagi menanyakan password wifi yang tersedia di cafe atau resto yang anda kunjungi.

Setelah terhubung ke wifi yang ada maka anda dapat membuka media sosial seperti biasanya, dengan begitu anda akan mendapatkan koneksi internet secara gratis. Mungkin anda pernah kembali berkunjung ke cafe atau resto yang sebelumnya anda kunjungi, akan tetapi saat anda ingin menghubungkan ke wifi yang ada anda melupakan password wifi tersebut dan untuk menanya kembali passwordnya anda merasa malu.

Cara Melihat Password WiFi Di Android Dan Laptop/PC


Tidak perlu khawatir dan tidak perlu bingung, karena disini saya memiliki cara melihat password wifi yang sudah terhubung di android ataupun pc. Dengan cara berikut ini anda akan dapat melihat password wifi yang tersimpan di android ataupun pc anda, setelah itu anda bisa menghubungkan kembali ke wifi di tempat yang anda kunjungi. Berikut ini cara melihat password wifi tersebut :

1. Melihat Password WiFi Tersimpan Di Android Tanpa Aplikasi

  • Langkah pertama, silahkan terlebih dahulu anda download aplikasi Pemindai QR di playstore.
  • Jika sudah berhasil anda download, selanjutnya silahkan anda install aplikasi Pemindai QR Tersebut pada hp android anda.
  • Langkah berikutnya, silahkan buka menu Setting > WiFi seperti gambar dibawah ini.
    cara melihat password wifi yang sudah connect di android
  • Langkah selanjutnya, silahkan anda klik WiFi yang sedang terhubung ke android anda. Jika sudah di klik anda akan menemui barcode, silahkan anda screenshoot barcode tersebut dan klik tombol OK.
    cara melihat password wifi yang sudah connect di android
  • Selanjutnya silahkan anda buka aplikasi barcode yang sebelumnya sudah anda download, silahkan anda pilih titik tiga yang ada pada sudut kanan atas dan kemudian silahkan anda masukkan gambar hasil screenshoot sebelumnya.
    cara melihat password wifi yang sudah connect di android
  • Setelah berhasil melakukan scan pada barcode sebelumnya, secara otomatis aplikasi akan menampilkan password wifi yang tersimpan di android anda.
    cara melihat password wifi yang sudah connect di android
  • Selesai.


Untuk cara yang pertama ini hanya tersedia di berbagai android saja, jadi jika android anda tidak menampilkan barcode seperti diatas sudah bisa dipastikan anda tidak akan bisa menerapkan melihat password wifi yang tersimpan di android tanpa aplikasi ini. Silahkan anda lanjutkan ke cara-cara berikutnya.

2. Melihat Password WiFi Di Android Tanpa Root


  • Langkah pertama silahkan anda hubungkan android anda ke wifi cafe atau resto yang sedang anda kunjungi.
  • Setelah terhubung selanjutnya silahkan anda buka https://www,myip,com dan silahlakan anda catat ip anda sekarang.
  • Selanjutnya silahkan buka browser pada android anda dan masukkan alamat ip yang sudah anda catat sebelumnya, contoh : 182.1.00.00.
  • Secara otomatis anda akan dibawa ke menu admin (halaman admin) untuk mengatur wifi yang ada di cafe tersebut, selanjutnya silahkan anda login dengan username dan password "Admin/Admin".
  • Langkah selanjutnya silahkan anda pilih menu "Security" dan pada menu tersebut anda akan melihat password wifi yang tersimpan.
  • Selesai.

Perlu anda ingat cara ini hanya berlaku pada router jenis ZTE, untuk router lainnya saya sendiri belum mencoba. Apabila anda gagal dalam memasukkan username dan passwordnya, silahkan anda cara di google untuk password halaman admin yang sesuai dengan jenis wifi yang sedang anda pakai.


3. Melihat Password WiFi Yang Tersimpan Dengan Aplikasi ES File Explorer

  • Langkah pertama, silahkan anda download terlebih dahulu aplikasi ES File Explorer dan silahkan anda install pada hp android yang anda miliki.
  • Langkah selanjutnya, silahkan anda ke menu kategori sistem dan silahkan anda cari folder data/misc/wifi. Selanjutnya silahkan anda cari file wpa_supplicant. conf. (atau anda bisa mencari langsung wpa_supplicant. conf.).
  • Silahkan anda buka file tersebut dengan metode text viewer atau bisa juga dengan html viewer (kedua metode tersebut sudah tersedia di aplikasi ES File Explorer) keduanya memiliki fungsi untuk melihat password wifi tersimpan dan SSID.
  • Setelah itu anda akan melihat semua password wifi yang sudah pernah terhubung ke android anda, silahkan anda anda simpan atau bisa juga anda screenshoot untuk menyimpannya.
  • Selesai.

Cara ini sebelumnya sudah saya coba pada hp OPPO A37 untuk melihat password wifi yang terhubung di hp saya. Silahkan anda coba dan jika tidak terhubung juga silahkan anda ulang dari cara pertama dengan benar.


4. Cara Melihat Password WiFi Di Laptop Tanpa Software/Aplikasi


  • Langkah pertama, silahkan anda buka control panel dan kemudian silahkan anda pilih menu "Network and internet".
  • Langkah selanjutnya silahkan anda pilih menu "Network and sharing center".
  • Jika sudah silahkan anda pilih menu "Manage wireless network", pada menu tersebut anda akan menemukan daftar jaringan wifi yang pernah anda gunakan.
  • Langkah selanjutnya silahkan anda klik dua kali pada nama jaringan wifi yang ingin anda ketahui passwordnya. Selanjutnya akan ada sebuah menu yang muncul, pada menu tersebut silahkan anda pilih "Security".
    cara melihat password wifi di laptop
  • Anda akan menemukan passwordnya pada bagian "Network security key", silahkan terlebih dahulu anda ceklis pada kolom "Show characters".
    cara melihat password wifi di laptop
  • Setelah anda ceklis maka anda akan melihat password wifi yang tersimpan di laptop anda.
  • Selesai.


5. Cara Mengetahui Password WiFi Di Laptop Dengan CMD

  • Langkah pertama, silahkan anda menuju menu percarian pada windows yang anda miliki, selanjutnya silahkan anda cari CMD. 
    cara melihat password wifi di laptop
  • Langkah selanjutnya silahkan anda ketik "Color a" jika anda ingin merubah warna terminal cmd, selanjutnya silahkan anda ketik "Netsh wlan show profiles" dan silahkan anda enter.
    cara melihat password wifi di laptop
  • Setelah itu anda akan melihat beberapa daftar wifi yang sebelumnya pernah terconnect di laptop anda. Langkah selanjutnya silahkan anda pilih salah satu wifi yang ingin anda ketahui passwordnya dengan memasukkan perintah "netsh wlan show profiles (salah satu nama wifi) key=clear".
    cara melihat password wifi di laptop
  • Setelah anda masukkan perintah diatas, selanjutnya silahkan anda enter dan anda akan langsung melihat password wifi tersimpan di laptop anda. Password wifi yang tersimpan terletak pada "Key Content : wkwkwkwk (password wifi yang saya miliki)".
    cara melihat password wifi di laptop
  • Selesai.


Akhir Kata

Nah, begitulah cara melihat password wifi yang sudah terconnect di hp android maupun laptop yang anda miliki. Anda bisa mencoba salah satu diantara kelima cara yang sudah saya sediakan diatas, silahkan anda ikuti dengan benar tanpa ada satupun yang terlewat. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda untuk melihat password wifi sendiri milik anda. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Melihat Password WiFi Yang Sudah Terhubung Di Android Dan Laptop"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak "Beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel