3 Cara Mengatasi Touchscreen Android Tidak Berfungsi Atau Tidak Bisa Disentuh

Cara Mengatasi Touchscreen Android Tidak Berfungsi
Bagaimana cara mengatasi touchscreen android tidak berfungsi? Untuk dapat mengatasi ataupun memperbaiki layar sentuh yang tidak berfungsi tersebut sangatlah mudah, jika anda mengetahui caranya dan jika anda tidak mengetahui caranya silahkan baca sampai habis artikel cara mengatasi touchscreen android kali ini.

Harus anda ketahui LCD merupakan salah satu perangkat penting dari bagian smartphone android, anda juga pasti mengetahui fungsi dari LCD tersebut. Saat ini tidak sedikit pengguna smartphone android yang mengeluh karena tidak bisa di sentuh dan jika di sentuh layar sentuh tidak merespon sama sekali, tidak hanya itu banyak juga masalah lain yang bersangkutan dengan lcd.

Yang paling terparah lagi jika touchscreen rusak pada bagian tertentu contohnya rusak pada bagian tombol untuk mengangkat telepon, tentu jika ada telepone masuk anda tidak akan bisa mengangkatnya. Kerusakan ini biasa disebut layar sentuh tidak berfungsi sebagian.

3 Cara Memperbaiki HP Layar Sentuh Yang Tidak Bisa Disentuh

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan 3 cara memperbaiki layar sentuh yang tidak berfungsi, silahkan anda ikuti cara-cara yang saya berikan berikut ini agar dapat menyelesaikan masalah yang sedang anda alami. Berikut ini 3 cara untuk dapat memperbaikinya :

1. Periksa Penggunaan RAM Di Android Milik Anda

Ketika masalah pada touchscreen android anda menyalah, anda tidak perlu panik dengan masalah tersebut. Cobalah anda periksa penggunaan RAM pada di android milik anda, jika layar sentuh kamu tidak berfungsi bisa jadi hal tersebut di sebabkan oleh banyaknya aplikasi yang anda download dan diantara aplikasi-aplikasi tersebut mengalami Lag.

Nah, untuk itu silahkan anda periksa smartphone android anda, apakah RAM android yang anda miliki sudah mulai penuh? Jika iya silahkan anda hapus aplikasi-aplikasi yang sekiranya tidak anda perlukan, ini merupakan cara memperbaiki layar sentuh yang sangat mudah.

Baca juga : 3 Antivirus Terbaik Android Paling Ampuh Ringan Untuk Ram Dan Tanpa Iklan

2. Cara Mengatasi Layar Sentuh Tidak Berfungsi Sebagian

Jika anda mengalami masalah dimana layar sentuh android anda tidak berfungsi sebagian, silahkan anda coba cara-cara yang akan saya berikan berikut ini. Masalah ini sering sekali terjadi pada para pengguna android, untuk itu silahkan anda terapkan cara mengatasinya berikut ini :
  1. Silahkan anda masuk ke menu Setting, selanjutnya silahkan anda klik menu About.
  2. Setelah itu akan muncul menu Build Number, silahkan anda klik sebanyak 4 atau 6x (Untuk beberapa merek hp caranya berbeda-beda) sampai muncul menu Mode Pengembangan di perangkat anda.
  3. Selanjutnya silahkan anda cari menu Developer Options, silahkan anda klik dan anda akan melihat menu Pointer Location. Silahkan anda centang kolom Pointer Location untuk dapat mengaktifkannya.
  4. Jika anda sudah mengaktifkan Pointer Location, makan anda akan melihat garis saat touchscreen di sentuh. Garis tersebut menandakan bahwa touchscreen android anda masih berfungsi dengan baik, jika semua bagian layar dapat di klik dapat di pastikan layar sentuh android anda masih dalam keadaan baik.
Jika semua sisi layar dalam keadaan baik berarti masalah layar sentuh tidak berfungsi sebagian yang sedang anda alami berasal dari masalah lain.

Baca juga : Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Dan Aplikasi Mempercepat Koneksi

3. Cara Memperbaiki Layar Sentuh Tidak Merespon Dengan Kontak Strom

Jika anda sudah mencoba kedua cara di atas dan tidak juga membuahkan hasil, maka cobalah untuk menerapkan cara terakhir yang saya miliki. Cara ini sebelumnya sudah saya uji coba dan benar saja layar sentuh yang sebelumnya tidak merespon kembali merespon.

Disini saya menggunakan bantuan Kontak Strom yang sering di jumpai di korek api, akan tetapi korek api tersebur korek yang memiliki pemantik yang mengeluarkan setrum. Berikut ini cara memperbaiki layar sentuh yang tidak bisa di sentuh tersebut.
  1. Silahkan anda sediakan kontak strom terlebih dahulu, anda bisa membelinya di kedai.
  2. Berikutnya silahkan anda ambil kontak strom tersebut dan silahkan anda tempelkan ujung kabel kontak strom pada touchscreen yang tidak bisa di sentuh.
  3. Selanjutnya silahkan anda tekan kontak strom tersebut beberapa kali, kurang lebih 9x tekanan.
  4. Kemudian silahkan anda cek apakah touchscreen yang tidak bisa di sentuh tadi sudah bisa kembali di sentuh.
  5. Jika touchscreen masih belum bisa di sentuh, silahkan anda ulangi dengan menekan kontak strom lebih banyak dari sebelumnya hingga touchscreen kembali seperti semula.

Cara ini memang di anggap sepele olah banyak orang, akan tetapi siapa yang tau manfaatnya sangatlah besar. Saya tidak bisa menjamin cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon dengan menggunakan kontak strom ini berhasil anda terapkan, karena pada dasarnya kerusakan touchscreen beraneka macam.

Cara mengatasi touchscreen yang terakhir ini sudah saya uji coba sendiri dan caranya pun berhasil, jika anda menerapkan cara terakhir ini dan mendapatkan masalah yang tidak anda inginkan saya tidak bertanggung jawab atas hal itu. Bila anda ragu sebaiknya anda perbaiki di tempat service.

Penutup

Nah itulah 3 cara mengatasi touchscreen android tidak berfungsi atau tidak bisa disentuh. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda, silahkan anda terapkan cara-cara di atas dan semoga dapat memecahkan masalah yang sedang anda alami.

Belum ada Komentar untuk "3 Cara Mengatasi Touchscreen Android Tidak Berfungsi Atau Tidak Bisa Disentuh"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak "Beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel