Tutorial Cara Menghemat Kuota Internet Android Agar Tidak Boros

cara menghemat kuota internet
Cara Menghemat Kuota Internet Android - Kuota internet saat ini memang sudah menjadi satu kebutuhan yang harus terpenuhi oleh setiap banyak orang, pasalnya dengan kuota internet anda akan dapat beselancar di dunia internet dengan sangat mudah. Setiap anda melakukan selancar di internet, data yang anda miliki akan terus terpotong hingga anda selesai berselancar.

Tidak hanya melakukan selancar, ada juga beberapa aplikasi yang memakan banyak kuota data internet dan ada juga aplikasi hemat kuota android yang anda miliki. Untuk saat ini anda tidak usah lagi khawatir dengan derasnya kuota internet yang anda miliki, karena setelah ini anda akan bisa mengatasi kuota internet yang boros tersebut. Anda bisa mengatasinya dengan bantuan aplikasi penghemat data seluler atau juga dengan cara manual. Berikut ini tutorial menghemat kuota internet android : 

Cara Menghemat Kuota Internet 3, XL dan Axis

Untuk yang cara yang pertama kali saya akan menggunakan cara manual yang bisa anda terapkan pada hp android yang anda miliki, beberapa caranya sebagai berikut : 

1. Jangan Menyalakan Semua Aplikasi Yang Ada

Jika anda menyalakan semua aplikasi yang ada pada hp android anda itu juga menjadi penyebab kuota anda menjadi boros, sebaiknya anda atur aplikasi mana saja yang bisa mengakses data seluler pada hp android anda. Dengan dibatasinya aplikasi-aplikasi yang tidak penting anda akan terhindar dari borosnya kuota internet selama ini.

2. Matikan Kuota Data Internet Anda Saat Tidur

Setiap manusia selalu menghabiskan waktu kurang lebih 7jam untuk tidur. Nah bayangkan jika dalam 7jam tersebut kuota internet anda terus hidup, secara perlahan kuota internet anda akan tersedot padahal anda sedang tidak menggunakan hp android tersebut. Sebaiknya saat ini jika anda ingin tidur terlebih dahulu matikan kuota data internet yang anda miliki.


3. Hapus Aplikasi Yang Memakan Banyak Kuota

Untuk cara yang ketiga ini anda bisa melihatnya sendiri aplikasi-aplikasi mana saja yang banyak memakan kuota internet yang anda miliki. Untuk melihat aplikasi yang banyak memakan kuota internet anda bisa melihatnya melalui, Pusat keamanan > Penggunaan Data > Statistik Data > Scroll kebawah anda akan menemukan daftar aplikasi yang banyak memakan kuota.

Cara di atas saya lakukan pada hp oppo a37, jika hp anda berbeda dengan saya silahkan anda cara pada menu pengaturan yang ada pada hp android masing-masing.


4. Mengupdate Aplikasi Playstore Hanya Saat Terhubung Dengan WiFi

Cara ampuh menghemat kuota internet yang anda miliki yaitu perbarui atau update aplikasi playstore hanya saat anda terhubung dengan wifi saja, dan jangan pernah anda aktifkan fitur update otomatis dengan celuller data karena itu merupakan penyebab data anda menjadi boros. Cara untuk mengaktifkan fitur tersebut dengan cara buka menu Settings > Auto-update apps, silahkan anda pilih Auto-update apps over WiFi Only.

5. Mengaktifkan Fitur Airplane Mode / Mode Pesawat

Jika anda dalam keadaan terdesak ataupun anda sedang sangat sibuk, anda bisa mengaktifkan mode pesawat ini untuk mengurangi pengguna data yang terus berjalan. Jika anda telah selesai dengan kesibukan anda, anda bisa mematikan mode pesawat tersebut. 

Nah, lima cara manual di atas bisa anda terapkan pada hp android yang anda miliki. Jika anda menginkan bantuan aplikasi penghemat kuota internet, anda bisa menerapkan cara berikut ini :


2 Aplikasi Penghemat Data Seluler

1. Aplikasi My Data Manager

Menurut saya aplikasi my data manager ini merupakan aplikasi penghemat data seluler yang terbaik saat ini. Bagaimana tidak dengan bantuan aplikasi tersebut anda akan dapat melihat berapa banyak data yang sudah anda gunakan dan data yang tersisa selama ini. Tidak hanya itu aplikasi ini juga akan menginformasikan kepa anda aplikasi mana saja yang banyak memakan kuota, dengan begitu anda akan dapat menghentikan aplikasi tersebut.

2. Aplikasi CM Data Manager

Tidak jauh beda dengan aplikasi My Data Manager, aplikasi CMD Data manager ini juga dapat menampilkan kecepatan kuota internet android milik anda. Aplikasi ini juga dapat memungkinkan memblokir aplikasi yang dirasa sangat banyak menggunakan kuota data seluler, jadi dengan aplikasi ini anda tidak perlu lagi memblokir aplikasi paling boros kuota tersebut secara manual.


Penutup

Nah, itulah beberapa cara menghemat kuota internet android agar tidak boros, silahkan anda terapkan cara di atas dengan benar. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda keluar dari permasalahan yang sedang anda alamai sekarang. Jika anda membutuhkan bantuan silahkan anda berkomentar pada kolom komentar, saya akan membantu anda.

Belum ada Komentar untuk "Tutorial Cara Menghemat Kuota Internet Android Agar Tidak Boros"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak "Beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel