4 Cara Mudah Mengatasi Google Play Service Error Dan Cara Memasangnya

Cara Mengatasi Google Play Service Error
Cara Mengatasi Google Play Service Error - Mungkin anda pernah mengalami masalah yang sama seperti saya alami, dimana tiba-tiba google play service error dan tidak bisa di update. Anda akan mendapatkan sebuah notifikasi pesan error yang berbeda-beda, tergantung oleh penyebabnya. Banyak hal yang menyebabkan google play tersebut error, pada artikel ini saya akan membahas penyebab dan cara mengatasi error tersebut.

Mungkin saat ini anda  sedang bertanya-tanya, kenapa google play service error? Error yang terjadi sangatlah berbagai macam, salah satu penyebabnya biasanya yaitu google play service yang ada miliki yaitu google play service versi lama. Adapun masalah lainnya seperti banyaknya cache yang menumpuk pada hp anda dan penuhnya ruang di memori internal yang anda miliki, itu merupakan penyebab-penyebab umum yang sering sekali terjadi sehingga menyebabkan google play service tersebut error.

Cara Mengatasi Google Play Error

Berikut ini saya akan membagikan cara mengatasi google play error tersebut, baca setiap cara demi cara agak dapat menyelesaikan masalah anda. Cara-cara ini sebelumnya sudah saya uji coba sendiri, dan benar saja google play service saya kembali seperti semula, berikut ini cara-caranya :

1. Menghapus Cache Google Play Service

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki google play tersebut yaitu dengan cara menghapus cache aplikasi tersebut, biasanya aplikasi-aplikasi selalu menyimpan cache yang tidak terlalu penting sehingga dapat menyebabkan error pada aplikasi tersebut. Jika anda ingin menghapus cache tersebut, anda bisa menghapusnya melalui menu Pengaturan> Application Manager> All> Google Play Service Framework> Clear cache/data.

Baca juga : Cara Mengembalikan Foto / File Yang Terhapus Di Android Tanpa Root

Jika sudah anda hapus cache aplikasi tersebut dan masih saja error, anda bisa mencoba menghapus cache tersebut di Google Service. Untuk cara menghapusnya melalui, masuk kembali ke menu Application Manager> All> Google Play Service> Clear cache/data.

2. Mengupdate Google Play Service

Jika anda tidak berhasil dengan cara pertama, maka cobalah untuk menerapkan cara kedua ini. Pesan error yang keluar saat anda sedang bermain game ataupun anda sedang menggunakan salah satu aplikasi tersebut dan tiba-tiba keluar, hal tersebut bisa saja terjadi karena aplikasi google play service tidak kompatibel dengan hp anda. Sebaiknya segera anda atasi dengan cara mengupdatenya. 

Untuk cara memasang google play service terbaru anda bisa melakukannya dengan cara, masuk ke menu pengaturan/settings selanjutnya silahkan anda cari menu aplikasi/app dan silahkan anda cari aplikasi google play service dan silahkan anda uninstall. Setelah berhasil anda uninstall selanjutnya silahkan anda download kembali melalui google play, setelah selesai anda download maka cobalah anda buka jika tidak terjadi error berarti masalah sudah teratasi.

Baca juga : Tutorial Cara Menggunakan Anonytun Dan Setting Anonytun Terbaru 2018

3. Merestart Ponsel Yang Anda Miliki

Cara berikutnya yang bisa anda gunakan untuk mengatasi google play error tersebut yaitu dengan cara merestart ponsel yang anda miliki. Hal ini penting bagi anda untuk dilakukan, karena dengan merestart ponsel yang anda miliki akan menghilangkan beberapa aplikasi yang membuat ponsel anda lemot dan sampai-sampai membuat google play menjadi error.

4. Mereset Ulang System Android Anda

Jika semua cara sudah anda lakukan dan tidak juga membuahkan hasil terpaksa anda harus menggunakan cara terakhir ini untuk dapat mengembalikan aplikasi google play service tersebut. Jika anda ingin melakukan pereset ini anda akan kehilangan beberapa aplikasi yang sebelumnya anda download, dan setelah selesai reset ponsel anda akan terasa seperti baru kembali.

Jika anda yakin untuk mereset ponsel anda, anda bisa mengikuti caranya berikut ini, masuk ke menu pengaturan/settings dan selanjutnya silahkan anda cari menu back up dan reset, setelah itu akan ada menu setel ulang pabrikan/factory reset silahkan anda klik oke jika anda sudah yakin. Tunggulah hingga beberapa menit hingga proses reset selesai, dan jika proses selesai ponsel anda akan hidup kembali dan menampilkan menu-menu bawaan seperti semula.

Perhatian: Jika ponsel anda tidak menampilkam menu-menu seperti saya, sebaiknya anda cari sendiri pada ponsel milik anda. Karena pada beberapa ponsel letak menu reset berbeda-beda.

Baca juga : Tutorial Cara Menghemat Kuota Internet Android Agar Tidak Boros

Penutup

Nah itulah 4 cara mengatasi google play service error pada hp android, anda bisa menerapkan cara-cara di atas agar dapat mengatasi masalah yang sedang anda alami. Jika anda membutuhkan bantuan saya, silahkan anda berkomentar pada kolom komentar, saya akan membantu anda dengan senang hati.

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Mudah Mengatasi Google Play Service Error Dan Cara Memasangnya"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak "Beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel