Keberagaman di Indonesia tidak muncul dengan sendirinya. Keberagaman di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor. Sebutkan empat faktor yang memengaruhi keberagaman di Indonesia!​

2. Keberagaman di Indonesia tidak muncul dengan sendirinya. Keberagaman di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor. Sebutkan empat faktor yang memengaruhi keberagaman di Indonesia!​

2. Keberagaman di Indonesia tidak muncul dengan sendirinya. Keberagaman di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor. Sebutkan empat faktor yang memengaruhi keberagaman di Indonesia!​

 

Jawaban:

1. Letak geografi

Letak Indonesia yang strategis, yang terletak di antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia, disamping itu indonesia juga diapit oleh dua Benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia, letak yang strategis ini menjadikan Indonesia menjadi jalur perdagangan Internasional. Itu semua secara tidak langsung sangat mempengaruhi keberagaman kebudayaan di Indonesia.

 

2. Faktor sejarah

Dalam catatan sejarah mengatakan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunani. Mereka datang dan mendiami wilayah-wilayah dan mereka mengembangkan pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan. Dengan perbedaan tersebut melahirkan keberagaman kebudayaan Indonesia.

 

3. Indonesia merupakan negara kepulauan

Indonesia mempunyai ribuan pulau yang berada di Sabang sampai Merauke. Hal ini menyebabkan keberagaman karena setiap penduduk pulau tertentu mempunyai kebudayaan yang beragam. Seperti keberagaman Ras, Suku, dan Budaya.

 

4. Perbedaan keadaan alam

Kondisi keadaan alam yang ada di Indonesia beragam, masyarakat tersebut menyesuaikan kondisi alam yang terjadi disekitar mereka, contoh: masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan, pantai, dan lain sebagainya. Perbedaan ini mencakup berbagai aspek mulai dari ekonomi, mata pencaharian, budaya, dan lain sebagainya.

 

5. Kemajuan IPTEK

Kemajuan IPTEK menjadi faktor pembentuk keberagaman di Indonesia, seperti penggunaan media sosial, semua ada di internet, dari hal-hal kecil sampai besar. Kita dapat menemui berbagai macam orang yang berada di seluruh penjuru dunia. Hal ini mempengaruhi munculnya budaya baru.