Siapa saja pahlawan pasca proklamasi kemerdekaan indonesia

Siapa saja pahlawan pasca proklamasi kemerdekaan indonesia?

Siapa saja pahlawan pasca proklamasi kemerdekaan indonesia?

 

 

JAWABAN :

 

Peringatan tahunan ini bertujuan untuk mengenang perjuangan para pahlawan dan pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu, Hari Pahlawan diharapkan dapat membangun ingatan kolektif dan kesadaran berbangsa dan bernegara.

 

Lantas siapa saja Pahlawan Nasional yang rela gugur demi kemerdekaan?

 

Berikut nama-nama pahlawan nasional yang gugur saat melawan kolonialisme untuk memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia.

 

1. Bung Tomo (1920-1981)

Membahas Sutomo atau lebih dikenal sebagai Bung Tomo, tidak lepas dari pertumpahan berdarah di Surabaya 10 November 1945 yang sekarang diperingati menjadi Hari Pahlawan Nasional.

 

Perjuangan arek-arek Suroboyo untuk memperjuangkan kemerdekaan ini tak lepas dari sosok Bung Tomo. Pahlawan Pejuang Kemerdekaan ini yang memegang komando dalam melawan kembali tentara Nederlands

 

 

2. Sutan Syahrir (1909-1966)

Kepala Kepolisian Negara Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo (empat dari kiri) bersama Perdana Menteri Indonesia Sutan Syahrir memeriksa barisan siswa Sekolah Tinggi Polisi di Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah, 17 Juni 1946. (Dokumentasi IPPHOS)

Foto: Dokumentasi IPPHOS

Sutan Syahrir (tiga dari kiri) adalah salah satu pahlawan nasional Indonesia

Mantan perdana menteri Indonesia ini juga tidak luput dari torehan perjuangan Republik Indonesia. Sutan Syahrir merupakan pahlawan nasional Indonesia yang dikenal sebagai orang yang mengorganisasi kemerdekaan Indonesia.

 

Pada masa pendudukan Jepang, Sutan Syahrir turut membangun jaringan untuk mempersiapkan diri merebut kemerdekaan tanpa bekerja sama dengan Jepang.

 

 

3. Tan Malaka (1897-1949)

Tan Malaka

Foto: Dari Pendjara ke Pendjara. Djakarta: Widjaya. via Wikimedia Commons

Tan Malaka adalah salah satu pahlawan nasional Indonesia

Pada 23 Maret 1963, Presiden Sukarno menetapkan Tan Malaka sebagai Pahlawan Nasional melalui Keputusan Presiden No 53 Tahun 1963.

BACA:  Letak indonesia yang begitu strategis membuat beragam budaya dari luar masuk dengan mudah ke indonesia dapat berpotensi apakah hal tersebut?​

 

Merujuk Historia, meski nama Tan Malaka dihapus dalam buku sejarah sekolah pada masa Orde Baru, hingga kini gelar Pahlawan Nasional masih melekat di namanya dalam keikutsertaan dalam memperjuangkan kemerdekaan.

 

 

4. Mohammad Hatta (1902-1980)

Undated file picture of Mohammad Hatta, who was Indonesia

s first vice president, later also serving as the country’s Prime Minister. On August 17, 1945, he and Sukarno proclaimed the Independence of Indonesia from the Dutch. (Photo by AFP)” title=”Mohammad Hatta” />Foto: AFP

Mohammad Hatta adalah salah satu pahlawan nasional Indonesia

Pahlawan Nasional yang akrab dengan panggilan Bung Hatta ini sangat berperan besar dalam kemerdekaan Indonesia.

 

Semangat serta patriotisme Bung Hatta tumbuh sejak muda, memuncak sejak aktif dalam kegiatan organisasi pergerakan nasional hingga mendampingi Soekarno dalam melawan penjajah.

 

 

5. Soekarno (1901-1970)

SUKARNO

S ARRIVAL. Indonesian President Soekarno arrived at Asia Africa Street on April 18, 1955. (Source: Asian-African Conference Museum)” title=”konferensi asia afrika 1955″ />Foto: dok. https://aacc2015.id/

Presiden Soekarno adalah salah satu pahlawan nasional Indonesia

Ir. Soekarno adalah presiden pertama Indonesia yang berperan aktif sebagai proklamator kemerdekaan dan pencetus dasar negara Pancasila. Meski sempat menjadi tahanan politik di Bandung, Soekarno dinilai gigih dalam memperjuangkan kemerdekaan.

 

 

6. Soedirman (1916-1950)

Jenderal Soedirman merupakan tentara termuda yang bergabung dengan para pahlawan kemerdekaan. Selain itu Jenderal Soedirman juga menjadi Panglima Tentara dan Jenderal pertama di Republik Indonesia.

 

 

7. Agus Salim (1884-1954)

Pada awal berdirinya republik, Agus Salim memegang andil yang tidak kalah penting dibandingkan tokoh-tokoh pergerakan lainya. Agus Salim merupakan salah satu pimpinan organisasi Islam terbesar saat itu yakni Serikat Islam (SI).

BACA:  bentang alam dasar laut beragam seperti di daratan. bentang alam berupa gunung laut yang puncaknya tidak muncul ke permukaan laut disebut ….

 

 

8. Mohammad Natsir (1908-1993)

Mohammad Natsir (berkacamata dan memakai peci) Ketua Umum Masyumi, sedang menanti giliran untuk menukar surat suara, 29 September 1955. (Sumber: ANRI)

Foto: Sumber: ANRI

Mohammad Natsir (berkacamata dan memakai peci) adalah satu pahlawan nasional Indonesia

Mohammad Natsir adalah seorang aktivis dan pemikir Islam yang sempat aktif sebagai Ketua Majelis Syuro Muslimin Indonesia atau Masyumi.

 

Natsir berperan aktif dalam dunia pergerakan Nasional sejak mengenyam pendidikan di Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO), setara dengan Sekolah Menengah Pertama pada zaman pemerintah kolonial Belanda.

 

 

9. Mohammad Yamin (1903-1962)

Selain dikenal sebagai sosok yang merumuskan Sumpah Pemuda dalam Kongres Pemuda II, Yamin juga dikenal sebagai aktivis dalam perjuangan kemerdekaan.

 

Keterlibatan Yamin dalam Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) membuat Yamin berperan dalam merumuskan dasar negara untuk kemerdekaan Indonesia. Pengaruhnya yang besar dalam sejarah membuatnya dihormati sebagai salah satu pahlawan nasional Indonesia.