Dengan mengadakan perdagangan internasional devisa negara Indonesia akan meningkat. Selain mengadakan perdagangan internasional, kegiatan apa saja yang dapat meningkatkan devisa negara Indonesia

Dengan mengadakan perdagangan internasional devisa negara Indonesia akan meningkat. Selain mengadakan perdagangan internasional, kegiatan apa saja yang dapat meningkatkan devisa negara Indonesia?

Dengan mengadakan perdagangan internasional devisa negara Indonesia akan meningkat. Selain mengadakan perdagangan internasional, kegiatan apa saja yang dapat meningkatkan devisa negara Indonesia?

Kerjakan menurut pendapatmu. Bacakan hasil pendapatmu di depan kelas dan guru menilai pendapatmu.​

 

Jawaban:

kegiatan yang dapat menambah devisa negara antara lain :

1. meningkatkan kegiatan ekspor : kegiatan ekspor merupakan salah satu andalan negara untuk mendapatkan devisa. semakin banyak ekspor barang atau jasa, maka semakin besar pula peningkatan devisa negara.

2. perdagangan jasa : Negara yang bergerak dan mengandalkan perdagangan jasa merupakan negara yang tidak kaya dengan sumber daya alam. Contohnya, Singapura yang mengandalkan jasa perdagangan sebagai sumber utama devisa. Beberapa contoh jasanya seperti pengiriman barang, perbankan, bandar udara, pelabuhan kapal laut dan kapal-kapal layar ke luar negeri, dan lain sebagainya.

3. kegiatan pariwisata : devisa juga dapat diperoleh dari kunjungan turis mancanegara, turis asing akan menukarkan mata uang negara asal dengan mata uang negara yang mereka kunjungi. Sehingga valuta asing yang ditukarkan dengan mata uang negara tersebut merupakan devisa. Semakin banyak turis yang berkunjung ke suatu negara maka semakin banyak pula devisa akan mengalir ke negara tersebut.

4. Pinjaman luar negeri : Pinjaman luar negeri menjadi sumber devisa khususnya bagi negara-negara yang sedang berkembang. Pinjaman tersebut biasanya digunakan untuk membiayai kegiatan impor barang atau jasa.

5. Hibah atau hadiah dari luar negeri : Hibah atau hadiah merupakan sumber devisa yang sifatnya tidak mengikat. Jika hibah yang diterima berupa mata uang asing, maka akan menambah cadangan devisa suatu negara.

6. Bunga atau pendapatan dari investasi : Warga negara yang mempunyai investasi, tabungan, atau perusahaan di luar negeri tentu akan mendapatkan devisa jika investasi atau perusahaannya itu memberi keuntungan.

BACA:  surat yang dipakai oleh seseorang yang ingin punya hajatan di sebut