Apa dampak gerak semu harian matahari yang paling utama dan rasakan oleh manusia​

Apa dampak gerak semu harian matahari yang paling utama dan rasakan oleh manusia​

Apa dampak gerak semu harian matahari yang paling utama dan rasakan oleh manusia​ ?

 

 

Jawaban:

Dampak Gerak Semu Harian Matahari

1. Penentuan waktu

Dampak yang paling utama dirasakan oleh manusia mengenai adanya gerak semu harian matahari adalah tentang waktu. Adanya jam di dunia ini bisa jadi berdasarkan gerakan semu harian matahari. Kita bisa membedakan waktu antara pagi, siang, sore dan malam karena adanya gerakan ini. Sebelum ada jam, orang- orang pada zaman dahulu hanya memanfaatkan posisi matahari serta bayangan benda yang dibentuk oleh cahaya matahari sebagai penanda waktu telah berubah. Sebagai contoh adalah penentuan waktu sholat ketika belum ada jam, maka digunakanlah posisi bayangan benda

Adanya perbedaan waktu.

 

Gerakan semua harian matahari juga menyebabkan adanya perbedaan waktu antara satu daerah dengan daerah yang lainnya. Tidak jauh- jauh, di Indonesia saja wilayahnya dibagi menjadi tiga daerah waktu, yaitu waktu Indonesia Barat, Waktu Indonesia Tengah dan Waktu Indonesia Timur.

 

2. Fenomena alam yang menakjubkan

Fenomena alam yang menakjubkan juga dapat terbentuk dari gerakan semu harian matahari, yaitu fenomena matahari terbit dan matahari terbenam yang selali menampakkan sensasi tersendiri berupa bayangan warna merah yang ada di langit. Kedua waktu ini selalu menjadi best moment di setiap harinya dan seringkali untuk diabadikan.

 

3. Terjadinya siang dan malam

Tanpa kita sadari ternyata waktu bekerja dan waktu istirahat kita terjadi karena pengaruh dari gerak semu harian matahari. Adanya siang dan malam adalah akibat dari rotasi Bumi dan juga akibat adanya gerakan semu harian matahari ini.