Mengenal Jenis Asuransi Mobil dan Cara Mengurusnya
Mengenal Jenis Asuransi Mobil dan Cara Mengurusnya

Mengenal Jenis Asuransi Mobil dan Cara Mengurusnya

Anda harus memiliki asuransi mobil jika ingin kendaraan terawan dengan baik. Adanya asuransi akan membantu pemilik untuk merawat mobilnya ketika mengalami kerusakan. Anda perlu mencari tahu informasi mengenai jenis asuransi yang bisa digunakan.

Selain itu yang penting untuk diperhatikan asuransi mobil adalah saat memilih perusahaan. Tidak sembarang memilih tempat asuransi maka dari itu Anda harus mencari tempat yang memang sudah mendapatkan reputasi di masyarakat. Simak uraian selengkapnya pada ulasan di bawah ini.

Mengenal Jenis-jenis Asuransi Mobil

Ada banyak jenis asuransi yang bisa Anda gunakan. Anda bisa mengetahui tentang asuransi tersebut sebelum memilih menggunakan yang mana. Semua jenis asuransi memilik kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut jenis asuransi yang direkomendasikan untuk Anda:

1. Collison Coverage

Jenis asuransi yang pertama adalah Collison Coverage. Untuk jenis yang satu ini akan membantu merawat mobil hanya jika mengalami tabrakan. Misalnya ketika Anda tidak sengaja menabrak sesuatu maka pihak asuransi akan membantu biaya perawatannya.

Tidak hanya itu, pihak asuransi juga akan melakukan ganti rugi sesuai dengan harga kendaraan yang Anda beli. Jadi ketika mengalami kecelakaan yang dilakukan oleh diri sendiri maka bisa langsung pergi ke perusahaan asuransi agar segera diurus.

2. All Risk

All Risk adalah jenis asuransi mobil yang akan membiayai kendaraan Anda secara keseluruhan. Jenis asuransi ini yang paling banyak digunakan karena dapat menjamin kondisi dari mobil baru. Walaupun biaya pendaftarannya cukup mahal sekitar 4 juta rupiah tetapi layanannya lengkap.

Anda tidak perlu khawatir mengenai layanannya karena akan mendapatkan layanan yang lengkap dari pihak perusahaan. Bagaimanapun kondisi mobil Anda jika mengalami lecet ringan sampai kerusakan yang berat akan diurus oleh tempat asuransi tersebut.

BACA:  Kelebihan Gabung di Adira Autocillin untuk Member

3. Total Loss Only

Total Loss Only atau yang dikenal dengan asuransi TLO adalah sebuah jenis asuransi yang hanya akan menanggung jika kerusakan mobil mencapai 75%. Mobil Anda sudah tidak bisa digunakan lagi atau dicuri oleh seseorang bisa menggunakan jaminan dari TLO.

Misalnya jika Anda kehilangan kendaraan harus menyertakan bukti yang valid atas insiden tersebut. Apabila kendaraan tidak termasuk ke dalam kriteria yang telah ditentukan maka tidak bisa memakai asuransi mobil jenis TLO.

Cara Mengajukan Klaim untuk Asuransi

Setelah mengetahui apa saja jenis-jenis asuransi yang bisa Anda gunakan berikutnya mengenai bagaimana caranya mengklaim ke perusahaan tersebut.

1. Cara Klaim ke Asuransi Jenis TLO

Pertama adalah jika Anda merupakan pengguna asuransi mobil jenis TLO. Adapun cara mengklaimnya adalah dengan pertama mengisi laporan kehilangan terlebih dahulu di kantor polisi. Anda akan diminta penjelasan mengenai kejadian kehilangan mobil.

Tetapi sebelumnya, Anda harus mempersiapkan beberapa persyaratan untuk melapor ke pihak kepolisian yaitu membawa BPKB, SIM, STNK dan KTP serta surat dari tempat asuransi. Setelah itu bawa semua dokumen ke tempat asuransi agar bisa segera diurus.

2. Cara Klaim Asuransi All Risk

Pertama adalah langsung pergi ke tempat asuransi mobil yang Anda gunakan dengan mempersiapkan bukti insiden atau kehilangan kendaraan. Menulis kronologi kejadian lalu memberikannya kepada petugas asuransi.

Apabila sedang berada di luar kota maka cobalah untuk menghubungi pihak asuransi dan menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi. Mengisi formulir yang telah disediakan jangan lupa untuk membawa materai.

Setelah itu tunggu pihak bengkel untuk menghubungi agen asuransi mobil. Selain itu yang juga penting untuk diketahui adalah apabila kecelakaan atau kerusakan mobil disebabkan oleh pihak ketiga, Anda tetap bisa mengklaim ke agen asuransi.

BACA:  Asuransi Mobil Online Ini Kemudahannya

Tambahannya adalah membawa surat keterangan dari pihak ketiga. Kini Anda sudah tahu bagaimana cara mengajukan klaim ke agen asuransi jika mobil mengalami masalah.

Tetapi sebelumnya pastikan terlebih dahulu bahwa pihak asuransi merupakan agen yang bisa dipercaya. Perhatikan juga mengenai persyaratan untuk mengajukan klaim. Setelah persyaratan terpenuhi Anda dapat langsung pergi ke asuransi mobil.